spocjournal.com

Ilustrasi Pembahasan 19-21


Oleh : Bratayana Ongkowijaya, SE, XDS

19. SAUDAGAR YANG ‘TAMAK LAGI KIKIR’

Tersebut  seorang  saudagar  muda,  tamak  lagi  kikir  beristeri  cantik, hidup   dalam  komunitas  masyarakat  yang   secara  umum  hidup   di  bawah garis-kemiskinan.  Di  mata dia  ‘yang  bernilai’  hanyalah  ‘duit’,  sementara  hal lain tak punya arti apa-apa. Hidupnya hanya dipenuhi segala sesuiatu yang berurusan dengan bagaimana caranya  untuk mengumpulkan kekayaan. Semua cara  ditempuh,  bahkan  menghalalkan  setiap  tindakan  -  the  end  justify  the means, tanpa  pandang bulu ;  saudara, kerabat, tetangga,  teman apalagi  orang lain, semua diexploitir.

Dia   sama  sekali  tidak  mengenal   apa   yang  disebut   ‘kemanusiaan’, berderma   sosial,   menolong   sesama,   jauh   dari   ‘kamus   hidupnya’.   Untuk melipat-gandakan  harta-bendanya  dia  tidak  segan-segan  melakukan  praktik‘rentenir’   yang   mencekik   leher   bagi   yang   membutuhkannya.   Lebih   dari separuh kekayaannya berada di tangan para peminjam dengan harapan akan mendapatkan  hasil  yang  berlipat.  Saking  ‘getolnya’  menumpuk  harta,  lupa menjaga  kesehatan  lahir-batin;  siang-malam  kerja  keras,  lupa makan,  lupa istirahat, juga lupa beribadah.

Hal  ini  menjadikan  lambat-laun  raganya  makin  lemah  dan  jiwanya makin  kering.  Dan  akhirnya,  seperti  yang  dapat  kita  duga,  saudagar  yang tamak  lagi  kikir  itu  menjadi penghuni  liang kubur  alias  meninggal  dunia yang  fana  ini.  Kemudian  apa  yang  terjadi?  Seperti  yang  sudah  diceritakan, lebih   dari  separuh   kekayaannya   berada  ditangan  para   peminjam,   yang tentunya - dengan  kematian  saudagar  tersebut - menjadi  lunas.  Dan  isterinya yang   muda   lagi   cantik,   menjadi   janda   kembang - kaya,   yang   tak  lama kemudian   menikah   lagi.   Alhasil,   sisa   kekayaan   saudagar   di   atas,   yang menikmati adalah si  janda dengan suami barunya.

生 財 有 大 道
Sheng Cai You  Da Dao
Mengurus hartapun ada  Jalan Sucinya
(大 學 -  Da Xue X : 19)

見 利 思 義
Jian Li Si  Yi
Bilamana melihat keuntungan,  ingat akan kebenaran
(論 語 -  Lun Yu XIV : 12)

放 於 利 而 行 ,  多 怨
Fang Yu  Li Er Xing ,  Duo  Yuan
Seorang  yang hanya mengejar keuntungan saja, niscaya  banyak yang  menyesalkan
(論 語 -  Lun Yu IV : 12)


Contoh  ‘drama  kehidupan’  di  atas  menyentuh  hal  yang  ‘penting’  tapi ‘mudah  dilupakan’,  yaitu,  bahwa  kehidupan  ini  bukan  menjadi  punya  ‘arti’ sekedar oleh ‘duit’, melainkan nilai-nilai kemanusiaan dalam hati-nuraninya sendiri.

Ayat -  suci  di  atas  menegaskan,  prihal  ‘harta’  wajib  dilandasi Jalan Suci. Dan, jangan meletakkan ‘keuntungan materi’ di atas segala-galanya (kebenaran), karena pasti akan menuju pada akhir yang penuh penyesalan.

富 輿 貴 ,  是 人 之 所 欲 也
Fu  Yu  Gui ,  Shi Ren Zhi Suo Yu  Ye
不 以 其 道 得 之 ,  不 處 也
Bu Yi  Qi  Dao De  Zhi ,  Bu Chu Ye
貧 輿 賤 ,  是 人 之 所 恶 也 ;  不 以 其 道 得 之 ,  不 去 也
Pin Yu  Jian, Shi Ren Zhi Suo  Wu Ye; Bu Yi  Qi  Dao De Zhi,  Bu Qi  Ye

Kaya dan  berkedudukan mulia ialah  keinginan tiap orang,
tetapi bila  tidak dapat  dicapai dengan  Jalan Suci, janganlah ditempati.
Miskin  dan  berkedudukan rendah  ialah kebencian tiap orang,
tetapi bila  tidak dapat disingkiri dengan Jalan Suci,  janganlah ditinggalkan.
(論 語 -  Lun Yu IV : 5)

不 義 而 富 且 貴 ,  於 我 如 浮 雲
Bu Yi  Er  Fu  Qie  Gui ,  Yu  Wo Ru  Fu  Yun
Harta dan  kemuliaan  yang  tidak berlandas kebajikan, bagi Ku  laksana awan  yang berlalu  saja.
(論 語 -  Lun Yu VII  : 16)

Dao - Jalan  Suci,  sebagai  jalan  hidup  ‘benar’  itulah  yang  sebenarnya menjaga   kehidupan   insani   selalu   di   dalam  hal   yang   terlindung   dan dilindungi Nya.  Maka diingatkan  ayat  berikut  tadi,  bahwa  apa  yang  sa ngat dinginkan  tiap orang  (kaya,  berkedudukan  tinggi)  harus  dicapai  hanya  di dalam proses hidup yang tidak  sekejabpun meninggalkan Dao itu.
Sebaliknya,    hal    yang    memang    tiada    seorangpun    mengharapkan (miskin,  berkedudukan  rendah)  jika  belum dapat  ‘ditinggalkan’  dengan  cara yang layak  tepat dengan  Dao,  jangan  kita  ‘sembrono’.


20. BEREBUT ‘JASA’

Di  tempat  parkir,  di  pojok  ‘basement’  sebuah  mall,  nampak  satu diantara    sekian    banyak    mobil    yang    ada   sedang    ‘nongkrong’    santai menunggu pemiliknya yang lagi ‘shopping’. Di dalamnya, sopir yang ikut menunggu terkantuk-kantuk sambil mendengarkan siaran radio kesukaannya.

Tiba-tiba  ‘setir’  menyeletuk  memecah  keheningan;  ‘eh …  dari  kita semua,   sebagai   bagian   dari   mobil   ini,   siapa  sih   yan g   paling   ‘penting’ posisinya?’, tanyanya iseng.  Dengan  penuh kebanggaan ‘bensin’  segera menyahut ;  tentu aku  yang  paling  ‘penting’,  tanpa  bahan  bakar  bukan kah mobil  ini  tidak  berarti?  tidak  dapat  berfungsi sebagaimana mestinya! Mendengar  ucapan  ‘bensin’  yang  penuh  ‘kesombongan’  itu,  maka  ‘roda’ pun  tidak tahan untuk menimpalinya, bagaimana mobil  ini  bisa  ‘jalan’  tanpa aku? Dengan penuh  semangat, ‘rem’  juga  ambil  suara;  apa  yang terjadi bila tanpa aku? akan sangat berbahaya bukan?

Demikian,   setiap   bagian   dari   mobil   tersebut   tidak   mau   kalah, masing-masing menunjukkan ‘betapa  pentingnya aku’;  tak  ketinggalan,  ‘mur- baut’  berujar ;  eh … kenapa  kalian  ribut-ribut  tak  karuan,  kecil-kecil begini, tanpa  ‘aku’ kalian  semua  tidak  berarti.  Karena  ‘aku’ lah  yang  merangkai kalian  semua  menjadi  apa  yang  disebut sebuah  ‘mobil’, tidak  ada  ‘aku’ tidak   ada   ‘mobil’   tandasnya.   Semua   yang  mendengar   terdiam,  ‘terpukul- telak’  oleh  kata-kata ‘mur-baut’  tadi.  Tetapi  benarkah semuanya  menerima ‘kebenaran’  tersebut ? ternyata tidak semuanya!

Satu-satunya ‘bagian’ yang bisa dikatakan ‘terpisah’ dari ‘kesatuan rangkaian’  seperti  yang  dikatakan  oleh  ‘mur-baut’ adalah  ‘aku’,  maka  ‘aku’ lah   yang   sebenar-benarnya   harus   diakui   sebagai   pemegang   posisi   yang penting sesuai dengan  nama  sebutan  untukku,  jawab  ‘kunci’  dengan  kalm.

君 子 矜 而 不 争 ,  羣 而 不 黨
Jun  Zi Jin Er Bu Zheng ,  Qun  Er  Bu  Dang

Kuncu mau  berlomba, tetapi tidak mau  berebut. Mau  berkumpul,  tetapi tidak mau  berkomplot (論 語 -  Lun Yu XV  : 22)


Demikianlah,   sebenarnya   jika   dikatakan   siapakah   yang   ‘sejatinya’ berhak  menyatakan  ‘aku  yang  terpenting’, jawaban  yang  riil  adalah ;  tidak satu  bagianpun,  termasuk ‘kunci  starter  mobil’  yang  bisa  berdiri  sendiri  dan punya  arti   bagi   ‘nilai’   sebuah   mobil.   Disinilah   ayat - suci   di  atas mengingatkan,  bahwa  seorang  Jun Zi  yang  luhur budi dan  penuh  susila  itu tidak ingin ‘berebut’ jasa, ‘berebut’ penting, namun siap berlomba mengembangkan diri dalam kebajikan.

Jun Zi  adalah  manusia  yang  menetapi  kemanusiaannya,  dengan  wajar dan  tanpa pamrih; dia  bersedia punya  arti dalam kebersamaan, tapi  menolak untuk  terjebak  dalam sikap  ‘komplotan’ untuk  kemashuran  hampa …

人 不 知 而 不 慍 ,  不 亦 君 子 乎 ? Ren  Bu Zhi Er  Bu Yun ,  Bu Yi  Jun  Zi  Hu ?
Sekalipun orang tidak mau tahu, tidak menyesal; Bukankah ini sikap seorang Kuncu ?
(論 語 -  Lun Yu I  : 1)

君 子 思 不 出 其 位
Jun  Zi Si  Bu Chu Qi  Wei
Seorang  Kuncu didalam pikirannya; tidak melantur keluar dari  kedudukannya
(論 語 -  Lun Yu XIV : 26)

君 子 病 無 能 也 ,  不 病 人 隻 不 己 知 也
Jun  Zi Bing Wu Neng Ye ,  Bu  Bing Ren Zhi Bu Ji  Zhi Ye
Seorang  Kuncu  susah  kalau tidak mempunyai kecakapan, tetapi tidak susah  bila orang  lain tidak mau  mengenalnya. (論 語 -  Lun Yu XV  : 19)

Jun Zi  sebagai  orang  biasa  yang  telah  mampu  menyempurnakan kemanusiaannya,  dia  memang  ‘sempurna’  sebagai manusia,  bukan menginginkan  ‘lebih  hebat’  daripada ‘manusia’.  Maka  ayat - suci  berikut menegaskan, ia (Jun Zi) tidak sedikitpun menyesal, jika dirinya tak  diketahui orang lain.  Lebih tegas, ia (Jun Zi) tidak  pernah  ‘keluar’  dari apa  adanya.

鄉 願 ,  德 之 賊 也
Xiang Yuan ,  De Zhi  Ze Ye
Seorang  yang hanya pandai menarik perhatian  untuk mendapat pujian, sesungguhnya ialah pencuri kebajikan.
(論 語 -  Lun Yu XVII  : 13)


21. ADU ‘KEMAMPUAN’

Saat    istirahat    siang,    orang-orang    yang    bekerja    pada    gedung perkantoran berhamburan ke  rumah-makan untuk  mengisi  perut  sambil berbincang  santai  dengan  teman sekantor,  atau  memanfaatkan  waktu bernegosiasi bisnis, bahkan ada yang menyempatkan diri untuk berkencan. Diantara  mereka  yang  sibuk  dengan  urusan  masing-masing  itu, ada  pula yang ‘iseng’  berdebat  mengunggulkan  kemampuan  ditengah santap siangnya.

Persoalan mengenai ‘debat’ ini diawali dengan pemandangan di meja sebelah ;  dimana  tampak  seseorang  yang  sedang kesulitan  membaca  menu (mungkin  kaca-matanya  tertinggal  di  kantor).  ‘Wah …  kasihan,  masih  muda kok  sudah  rabun …’,  komentar  ‘A’  dengan  congkak.  ‘kalau  saya,  usia  boleh lebih  tua,  tapi  saya  masih  bisa membedakan kacang tanah  dengan  kedelai dari  jarak  ‘sekian  meter’,  imbuhnya.  Tidak  mau  ketinggalan,  ‘B’  menyeletuk; ‘itu  sih  belum seberapa …  saya  dapat membedakan  seekor  semut  hitam  atau semut  merah  yang sedang berjalan  dari jarak  ‘sekian  meter’, timpalnya.

Untuk  membuktikan  mana  yang  lebih  ‘hebat’,  kawannya  yang  satu lagi,  si  ‘C’  mengusulkan  untuk  mengadakan ‘pertandingan’.  Minggu  depan akan   dibuka   sebuah  toko   baru,   kalian   bisa   menguji   kemampuan   kalian dengan menunjukkan  siapa  yang  lebih  mampu  melihat  dengan  jelas  papan nama  toko tersebut  dari  ‘jarak tertentu’.  Dan  usulan  ini  disepakati. Agar  memenangkan  ‘pertandingan’  tersebut,  ‘A’  melakukan  perbuatan ‘licik’  dengan  menanyakan  terlebih  dahulu  ‘tulisan’  yang  tertera  pada  papan nama,   yang   akan   dipasang pada   pembukaan   nanti   kepada   pemilik   toko. Begitu  pula  dengan  ‘B’,  dimana  secara ‘curang’  menanyakan  ‘warna’  tulisan papan nama tersebut kepada tukang yang membuatnya.

Ketika  tiba  hari  ‘pertandingan’,  dengan  lantang  ‘A’  berseru ;  papan nama  itu  bertuliskan  toko  ‘berkah’.  Sedang  ‘B’ tak  mau  kalah,  dari  jarak yang lebih jauh  dengan bersemangat teriaknya; warna tulisan di papan nama itu  ‘kuning  mas’. Apa  reaksi  penonton ?  Seketika  itu  riuh-rendah cemo’ohan penonton. Mengapa? Ternyata papan  nama itu  belum terpasang …!

子 貢 問 君 子
Zi  Gong Wen Jun  Zi
子 曰 : 先 行 其 言 ,
Zi Yue : Xian Xing Qi  Yan ,
而 後 從 之
Er Hou  Cong Zhi
Cu Khong bertanya hal  seorang Kuncu ; Nabi bersabda :
Ia  melakukan pekerjaan lebih dahulu dan  selanjutnya kata-katanya disesuaikan
(論 語 -  Lun Yu II  : 13)


言 之 必 可 行 也 ;  君 子 於 其 言 ,  無 所 茍 而 已 矣
Yan Zhi Bi  Ke Xing Ye ;  Jun  Zi Yu  Qi  Yan ,  Wu Suo  Gou  Er Yi  Yi
Kata-kata itu  harus  sesuai dengan perbuatannya
Itulah  sebabnya seorang  Kuncu  tidak gampang-gampang  mengucapkan kata-kata
(論 語 -  Lun Yu XIII : 3)

Cerita di atas cukup menarik! Keisengan  adu  ‘kehebatan  diri’  macam itu bisa terjadi dimanapun, pada orang usia berapapun. Hal ini menunjukkan, orang  umumnya  suka  dirinya  dipuji. Jika  belum ada  yang  memuji, dia akan ‘memuji’  dirinya  sendiri.  Simak nasihat dibawah ini;

為 之 難 ,  言 之 得 無 訒 乎 ?
Wei Zhi Nan ,  Yan Zhi De  Wu Ren  Hu ?
Melaksanakan sesuatu  itu sukar,
maka dapatkah orang  tidak hati-hati dalam  bicara?
(論 語 -  Lun Yu XII  : 3)

古 者 言 之 不 出 ,  恥 躬 之 不 逮 也
Gu  Zhe Yan Zhi  Bu Chu ,  Chi  Gong Zhi Bu  Dai Ye
Adapun  sebabnya orang  merasa  sukar mengucapkan  kata-kata ialah, karena  merasa malu kalau  ia tidak dapat melaksanakannya
(論 語 -  Lun Yu IV : 22)

Tapi  ada  juga  orang  yang  cukup  bijaksana ;   Jun Zi!  ia  tak  mau terjebak ‘Kebiasaan  umum’  seperti  itu. Apa  sebab? Jun Zi  yang bijaksana itu mengutamakan  ‘tindakan’  yang  benar,  tanpa  tertarik  lagi  untuk  mengumbar
‘kata-kata’  apalagi  memuji  keunggulan  diri-sendiri.  Dengan  begitu  ia  akan tetap dihargai siapapun, sebab apa yang dikatakan sesuai dengan ‘sepak- terjangnya’. Ia bukan tipe orang yang ‘sepak-terjang’ berbeda dengan ‘kata- katanya’ …

君 子 一 言 以 為 知 ,  一 言 以 為 不 知 ,  言 不 可 不 慎 也
Jun Zi Yi Yan Yi Wei Zhi ,  Yi Yan Yi Wei Bu Zhi , Yan Bu Ke Bu Shen Ye
Karena  sepatah kata, orang  bisa  dianggap pandai; Karena  sepatah kata, orang  bisa  dianggap bodoh.
Maka berhati-hatilah dalam berkata-kata
(論 語 -  Lun Yu XIX : 25)

Justru   dengan  hati-hati  dalam  berkata,  seorang  bijaksana   terhindar dari   kebiasaan   umum,   yang   akan   menjerumuskannya   dalam   ‘kebodohan’ yang ‘tidak  tersadari’ …

Sumber dari : Tesis Xuan Dao Shi Bratayana Ongkowijaya, SE, XDS

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

DAK 25 Jam Jatim, Jateng, DIY 25 - 27 Desember

14-11-2017 Hits:245 Berita Foto

DAK 25 Jam Jatim, Jateng, DIY 25 - 27 Desember

DAK (Diklat Agama Khonghucu) bukan sekedar pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan rohaniwan saja

Read more

Pemuda Khonghucu Dari Berbagai Daerah Ikrar Di Hari Sumpah Pemuda.

28-10-2017 Hits:894 Berita Foto

Pemuda Khonghucu Dari Berbagai Daerah Ikrar Di Hari Sumpah Pemuda.

Bogor, 28 Oktober 2017, Ketua Panitia acara Js.Kuh Sambih dalam undangannya mengatakan bahwa kami pemuda Khonghucu pun harus mampu bergerak...

Read more

Gili Trawangan

25-10-2017 Hits:115 Berita Foto

Gili Trawangan

Pagi ini kami harus bangun pagi untuk menyeberang pulau kecil yakni Gili Trawangan.

Read more

Delapan Pesan Dari Jakarta Dalam Kongres Khonghucu Dunia

21-10-2017 Hits:240 Berita Foto

Delapan Pesan Dari Jakarta Dalam Kongres Khonghucu Dunia

"Membangun Harmoni dan Jalan Tengah untuk Mewujudkan Kesejahteraan dan Perdamaian Dunia" dihasilkan butir-butir pemikiran sbb :

Read more

Srikandi Gunung Sindur Berjoget

16-10-2017 Hits:135 Berita Foto

Srikandi Gunung Sindur Berjoget

Kebaktian di Makin Gunung Sindur minggu 15 Oktober 2017 dipenuhi umat di berbagai daerah di sekitarnya.

Read more

Mengajar Dan Kunjungan

25-09-2017 Hits:404 Berita Foto

Mengajar Dan Kunjungan

Pada tanggal 23 September 2017 saya mengajar S2 program M.Ag di UIN Syarif Hidayahtullah Jl.Cempaka Putih Tangerang Selatan Banten.

Read more

Dokumen Gili Iyang Dan Gili Labak Tour

11-09-2017 Hits:298 Berita Foto

Dokumen Gili Iyang Dan Gili Labak Tour

Perjalanan Tour Jalan Sehat Trawas menuju ke dua Pulau Gili Iyang dan Gili Labak.

Read more

Pertemuan Di Polda jatim

08-09-2017 Hits:234 Berita Foto

Pertemuan Di Polda jatim

Surabaya, 8 September 2017. Silaturahim Kapolda Jatim bersama Forum Kerukunan Umat Beragama dalam Rangka Harkamtibmas.

Read more

Tenaga Pendidik Khonghucu Di Pangkal Pinang

08-09-2017 Hits:176 Berita Foto

Tenaga Pendidik Khonghucu Di Pangkal Pinang

Kegiatan Peningkatan Kualitas Kompetensi Tenaga Pendidik Agama Khonghucu Tahun 2017 yang diadakan di Hotel Puncak Lestari Pangkal Pinang mulai tgl....

Read more

Js. Maria Berpulang

07-09-2017 Hits:719 Berita Foto

Js. Maria Berpulang

Berita berpulangnya Js.Maria Engeline sangat mengejutkan bagi kita semua

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 421-430

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Kegiatan Apa Yang Paling Anda Senangi Ketika Di Tempat Ibadah?

Berdoa / Sembahyang - 100%
Menyanyi / Bermain Musik - 0%
Mendengarkan Kotbah - 0%
Berdiskusi - 0%
Bertemu Teman-Teman - 0%

Total votes: 8
The voting for this poll has ended on: March 9, 2014

Who's Online

We have 92 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com