spocjournal.com

Ilustrasi Pembahasan 16-18


Oleh : Bratayana Ongkowijaya, SE, XDS

16.  PENGENDARA  ‘SROOL

Ada cerita tentang pengendara yang begitu arogan, dimana saking bangganya   akan   ‘kendaraannya’   yang   menurutnya  merupakan   ‘kendaraan’ terhebat -   tidak  terlawankan lebih-lebih  tidak  dapat  dibandingkan  dengan lainnya; menganggap  ‘kendaraan’  lain  hanyalah  ‘besi  rongsok’  yang  sama sekali  tidak  berguna,  keberadaannya  tidak menambah  atau  tidak  memp unyai nilai apa  pun.  ‘Kendaraanya’  sajalah  yang mempunyai  nilai.

Demikian arogannya sampai-sampai dalam mengendarai tidak memperdulikan  rambu-rambu  lalu-lintas  serta  marka-jalan yang  ada. Sebaliknya  ingin  menunjukkan  kebolehan  ‘kendaraannya’,  dia  ingin menunjukkan   pada   semua   orang,   bahwa   ‘kendaraannya’   merupakan   satu- satunya  yang  layak  untuk  dipergunakan,  dia  berpikir  yang  penting  orang tahu  akan  kehebatan  ‘kendaraannya’  apapun  caranya;  dengan  tancap  gas, ngebut,   menyalip   baik   dari   kiri   atau   kanan   bahkan   menyerempetpun - senggol   sana   senggol   sini   tidak   masalah ;   bukankah  justru  menunjukkan ‘kekuatannya’? demikian dia berpikir.

Dia    bahkan   sama   sekali   tidak    memikirkan   ataupun mempertimbangkan bahwa sesungguhnya ‘kendaraan’ tersebut diciptakan bukanlah   untuk   maksud   seperti   yang   dia  pikirkan;   paling   tidak   bukan diadakan  hanya  untuknya  atau untuk  menisbikan / menafikkan / melecehkan yang   lain.   Dia   tidak   pernah   memikirkan   kalau   ulahnya  membawa   citra negatif  bahkan  bisa  menghancurkan  ‘kendaraan’  yang  dia  bangga -banggakan, karena    yang    nampak    dari    luar    bukankah    pengendaranya    melainkan ‘kendaraannya’  Atau  mungkin  memang mempunyai misi  demikian? Mari kita simak:

子 曰 : 不 患 人 之 不 己 知 ,  患 不  知 人 也
Zi Yue : Bu  Huan Ren Zhi  Bu Ji  Zhi ,  Huan  Bu  Zhi Ren Ye
Nabi bersabda:
Jangan kuatir orang  tidak mengenal dirimu,
kuatirlah  kalau  tidak dapat  mengenal orang  lain
(論 語 -  Lun Yu I  : 16)


不 患 無 位 ,  患 所 以 立 ;
Bu  Huan  Wu Wei ,  Huan Suo Yi  Li ;
不 患 莫 己 知 ,  求 為 可 知 也
Bu  Huan Mo  Ji  Zhi ,  Qiu Wei  Ke Zhi  Ye
Nabi bersabda:
Jangan kuatir tiada  kedudukan,
berkuatirlah kalau tidak mempunyai kecakapan untuk suatu kedudukan;
Janganlah  kuatir tiada orang  yang mengetahui dirimu,
tetapi berusahalah agar mempunyai kecakapan yang patut diketahui
(論 語 -  Lun Yu IV : 14)


Dari    kedua    ayat  - suci     ini,    kita    disadarkan    tentang   pentingnya ‘mawas-diri’  dan  ‘tahu-diri’  agar  dengan demikian  segala  tingkah-laku  kita tidak  sampai  justru  membuat  citra-diri  menurun,  bukan  saja  sebab  orang sekitar langsung  akan  menilai  ke-‘sro’ol’-an,  tapi  karena  nyata-nyata  kita ‘membanggakan’  tingkah-laku  yang ‘sro’ol’  tersebut!


子 曰 : 不 患 人 之 不 己 之 ,  患 其  不 能 也
Zi Yue : Bu  Huan Ren Zhi  Bu Ji  Zhi ,  Huan Qi  Bu Neng Ye
Nabi bersabda:
Jangan menyesal orang  lain  tidak mengenal dirimu, tetapi  menyesallah kalau dirimu  tidak mempunyai kecakapan
(論 語 -  Lun Yu XIV : 30)


Dengan    sabda    Nabi    di    atas,    kita    senantiasa    diingatkan,   bahwa seringkali   kita   ‘pandai’   menilai  tingkah-laku   orang,   namun   ‘gagal’   dan ‘kurang-cakap’  dalam mengontrol  tingkah-laku  kita  sendiri.  Akibatnya,  yah itu  tadi …  ‘sro’ol’!


17.  PELATIH  ‘SEPAK  BOLA

Tersebutlah  seorang  ‘pelatih’  tim  sepak-bola  yang  sangat  ambisius, dia  sangat  mementingkan  ‘kemenangan’  diatas segala-galanya  bahkan  sama- sekali  tidak memperhatikan aturan  main  yang  ada.  Diangan -angannya  hanya ada kata ‘menang’, yang lain tidak perlu dipirkan. Cara dia melatih tim-nya, sungguh  tidak  umum;  para  pemain  hanya  dilatih bagaimana  ‘memasukkan bola’  ke  jaring  lawan,  adapun  mengenai  caranya  semua  di’halal’kan,  mau ‘main  kayu’,  ‘main sabun’  atau  ‘main’  yang  lainnya.  Baginya ‘kemenangan’ adalah  satu-satunya   jalan  untuk   menunjukkan  identitas maupun  eksistensi diri. Dengan demikian orang diharap akan mengakui dan menghargai kehebatannya.
Dia tidak menyadari, bahwa prinsipnya hanya ‘benar’ separuh, karena dengan     cara     demikian     memang     bisa    menunjukkan     jati-diri     atau keberadaannya,   tapi  sesungguhnya   justru   ‘sisi   negatif’   yang   ditonjolkan, sementara agar supaya dihargai orang lain …  bagaimana  mungkin?

Lain   halnya   kalau   dia   melatih   tim-nya   dengan   cara   menjunjung tinggi  sportifitas,  bagaimana  bermain  dengan benar  dan  baik,  kalah  atau menang   bukan   tujuan;  bukankah   kalau   bermain   secara   benar   dan   baik, kesempatan untuk menang di depan mata ? bukankah dengan bermain secara benar  dan  baik,  indah  untuk  ditonton ? bukankah dengan  demikian integritas, jati diri dan keberadaannya akan dihargai oleh orang lain?
Karena  sesungguhnya   bermain  sepak  bola  bukanlah  sekedar  untuk menang-kalah,    lebih    dari    itu    sepak    bola   hendaklah    menjadi    sebuah permainan  yang  ‘layak atau  tidak’  untuk  ditonton,  dinikmati  dan  diteladani! Lebih  tegas,  dapat  atau  tidaknya  untuk  di’hargai’.  Sukses,  lalu  dipuji,  itu biasa; belum berhasil, tetapi dihargai, itu luar biasa!

君 子 食 無 求 飽 , Jun  Zi Shi Wu Qiu Bao , 居  無 求 安
Ju  Wu Qiu An
Seorang  Kuncu, makan  tidak mengutamakan  kenyangnya; Bertempat tinggal tidak mengutamakan nyamannya
(論 語 -  Lun Yu I  : 14)


Demikianlah  dalam  ayat - suci  di  atas  dinasihatkan,  agar  di  dalam kehidupan ini kita sekalian tidak ‘menghalalkan’ segala cara, demi mencapai sukses.  Justru  sukses  ataupun sebaliknya,  namun  tetap  menjaga  kelayakan dalam  berupaya, inilah yang  lebih  penting.  Disini  memang  kadangkala  kita bisa   ‘lupa’   akan   hal   menjaga   ke’layak’an   tadi,  bahkan  boleh  dibilang, bahwa     menomor-duakan    ke’layak’annya     dan     kalau     perlu     ‘merebut’ kesuksesan  dengan cara yang sama   sekali  tidak   dapat  dihargai  sia papun, apalagi kalau hanya mengandalkan  ‘orang lain’!

敢 問 死 ;  曰 : 未 知 生 ,  焉 知 死 ?
Gan  Wen Si ;  Yue : Wei Zhi Sheng ,  Yan Zhi Si ?
Seorang  murid bertanya  kepada Nabi ; hal  setelah  orang  meninggal, Dijawab:  Sebelum  mengenal hidup,
betapa ingin mengenal hal  setelah  meninggal?
(論 語 -  Lun Yu XI  : 12)

Begitupula,  banyak  sekali  yang  menggantungkan  segala-sesuatu  itu melulu pada hal-hal  yang masih  ‘jauh’,  yang mengandalkan  sesuatu  di  mana yang  akan   datang,   tanpa  berupaya   ‘memahami’   dan   ‘melaksanakan’   apa yang hari  ini  sebetulnya  lebih  dapat  diandalkan  agar  menjadi  yang  terbaik untuk  dilakukan. Sebab  hari  ini  adalah sesuatu yang  riil,  sedangkan  harapan di  masa  mendatang  sesungguhnya  ditentukan  dari  bagaimana  kita memperlakukan  diri kita  saat  ini!  (bukankah   untuk   menuju   ‘jauh’   harus dimulai  dari  yang  ‘dekat’,  mendaki  ke  tempat  ‘tinggi’  harus diawali  dari yang ‘rendah’ ?)

女 為 君 子 儒 ,  無 為 小 人 儒
Ru Wei Jun Zi Ru ,  Wu Wei Xiao Ren Ru
Jadilah seorang umat  Ji yang bersifat kuncu, janganlah menjadi umat  Ji yang rendah budi (論 語 -  Lun Yu VI  : 13)

Maka  yang  terpenting  adalah  dalam  saat  hidup  di  masa  ‘kini’  inilah kita  memiliki  kewajiban  melaksanakan  segala-hal secara  baik  dan berkebajikan,  layaknya  seorang berbudi-luhur  atau  Jun Zi.  Dengan  hidup  di mana   kini   dengan  cara   yang   sebaik-baiknya,   pastilah   kesuksesan   masa ‘depan’  kitapun  akan  lebih  besar kemungkinan tercapainya!


18.  KALUNG  ‘BERLIAN

Pelantikan   Wisudawan - Wisudawati   usai   sudah.   Namun   suasana syukur  dan  kegembiraan  belum  hilang  seluruhnya,  karena  malam  minggu depan  akan  diadakan  pesta yang  sangat  meriah,  selain  untuk  merayakan ‘kelulusan’  sekaligus  juga  merupakan  pesta  ‘perpisahan’.  Dari  sekian Wisudawan - Wisudawati   yang   merayakan,   ada  ‘wisudawati’   yang   justru merasa  gundah,  semakin  dekat  hari  ‘H’  makin gelisah dia. Apa pasal?
‘Wisudawati’  yang  satu  ini,  gelisah  karena  dia  ingin  tanpil  ‘cantik’ sementara   keadaan   tidak   menunjang.   Dimana   dia   membayangkan   tanpil ‘cantik’  lengkap  dengan  aksesorisnya …  dan  dia  tidak punya  barang satupun! Apa akal?

Pikir punya pikir, dia memutuskan untuk meminjam aksesoris yang dibutuhkan  untuk  ‘mempercantik’  dirinya  itu,  pada ‘tantenya   yang  kaya’. Dari  ‘tantenya  yang kaya’  dia pinjam  ‘kalung berlian’.

Pesta ‘kelulusan’ serta ‘perpisahan’ kali ini, memang sangat meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tetapi kemeriahan pesta itu ternyata membawa  sesal  dan  duka  yang mendalam  bagi  ‘wisudawati’  yang  ingin tampil ‘cantik’  tadi.  Apa gerangan?

‘Kalung  berlian’  yang  didapat  dari  pinjam  tersebut,  saat  pesta  hilang entah  jatuh  dimana.  Ini  jelas  menuntut  tanggung-jawabnya  untuk mengembalikan seperti apa yang dipinjamnya. Padahal dia orang yang ‘tak mampu’.  Apa  daya? Timbang  punya  timbang  akhirnya  dia  mengumpulkan segenap  daya  serta  menanggung  malu  yang  tak terkirakan, memberanikan diri  untuk  berterus-terang pada  ‘tante  yang  kaya’  tersebut,  menceritakan  apa yang  dialaminya  itu. Diiringi  sesengguk  yang  tak  tertahan dia pasrah  karena tidak bisa mengganti apa yang sudah dihilangkannya itu.  Apa yang terjadi?

Dengan   wajah   penuh   kasih-sayang  namun   berwibawa,   ‘tante   yang kaya’  itu  memberi  wejangan …  makanya, jangan  terlalu  memaksakan kehendak;  kalau  kejadian begini …  lalu  bagaimana?  akan  menjadi  beban yang   tak  tertanggungkan   bukan?   omong-omong,   sebenarnya   tante   tidak mungkin  meminjamkan  ‘kalung  berlian’  itu kepadamu,  tetapi  karena   kau mendesak  dan  tante  tidak  ingin  mengecewakan  kamu,  maka  tante meminjamkan  ‘kalung berlian’  yang lain,  yakni  ‘kalung  berlian  imitasi’  alias palsu!

人 有 不 為 也 ,  而 後 可 以 有 為
Ren You  Bu  Wei Ye ,  Er Hou  Ke Yi  You  Wei
Orang  harus mengetahui yang tidak boleh dilakukan, baharulah  kemudian tahu apa  yang harus dilakukan (孟 子 -  Meng  Zi IV  B : 8)

Intisari   kisah   di   atas   memang   tak   selalu   terjadi,   namun   banyak ‘terjadi’  meski  bentuk  peristiwanya  berlainan, namun  intinya  sama.  Maka nasihat  rohani  dalam  ayat  pertama  di  atas kiranya  boleh  menjadi  ‘pegangan’ dalam mengenal mana ‘yang tidak boleh’ agar tahu apa ‘yang seharusnya’ dikerjakan. Memang  dua  perkataan  -  ‘yang  tidak boleh’  serta  ‘yang  boleh’  - ternyata memberikan pengaruh besar bagi kita.

無 為 其 所 不 為 , Wu  Wei Qi  Suo  Bu  Wei ,
無 欲 其 所 不 欲 ,  如 此 而 已
Wu Yu  Qi  Suo  Bu  Yu ,  Ru Ci Er Yi
Jangan lakukan apa  yang tidak patut dilakukan
dan  jangan inginkan apa  yang  tidak layak diinginkan, ini sudah  cukup
(孟 子 -  Meng  Zi VII  A : 17)

Memahami  ‘dua  perkataan’  ayat  pertama  di  atas,  akan  meningkatkan nilai   kewaspadaan  rohani   kita   pada  ‘dua  nasihat’   dalam   ayat   ke   dua -‘yang  tidak  patut dilakukan’  serta  ‘yang  tidak  layak  diinginkan’.  Makna nasihat ini sangat jelas, alamiah dan sederhana, namun memiliki ‘tingkat kedalaman’   yang   tiada   batasannya   dalam  kehidupan  kita.   Sebab   dengan tidak melakukan segala sesuatu ‘yang tidak patut dilakukan’, kemudian tidak menginginkan  segala sesuatu  ‘yang  tidak  layak  diinginkan’, sebenarnya  pri - kehidupan  kita  senantiasa  berada  di  dalam  kondisi  yang terpelihara  dalam ‘nilai tertinggi’  yang hanya  dimiliki  ‘umat manusia’

Sumber dari : Tesis Xuan Dao Shi Bratayana Ongkowijaya, SE, XDS

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

DAK 25 Jam Jatim, Jateng, DIY 25 - 27 Desember

14-11-2017 Hits:245 Berita Foto

DAK 25 Jam Jatim, Jateng, DIY 25 - 27 Desember

DAK (Diklat Agama Khonghucu) bukan sekedar pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan rohaniwan saja

Read more

Pemuda Khonghucu Dari Berbagai Daerah Ikrar Di Hari Sumpah Pemuda.

28-10-2017 Hits:894 Berita Foto

Pemuda Khonghucu Dari Berbagai Daerah Ikrar Di Hari Sumpah Pemuda.

Bogor, 28 Oktober 2017, Ketua Panitia acara Js.Kuh Sambih dalam undangannya mengatakan bahwa kami pemuda Khonghucu pun harus mampu bergerak...

Read more

Gili Trawangan

25-10-2017 Hits:115 Berita Foto

Gili Trawangan

Pagi ini kami harus bangun pagi untuk menyeberang pulau kecil yakni Gili Trawangan.

Read more

Delapan Pesan Dari Jakarta Dalam Kongres Khonghucu Dunia

21-10-2017 Hits:240 Berita Foto

Delapan Pesan Dari Jakarta Dalam Kongres Khonghucu Dunia

"Membangun Harmoni dan Jalan Tengah untuk Mewujudkan Kesejahteraan dan Perdamaian Dunia" dihasilkan butir-butir pemikiran sbb :

Read more

Srikandi Gunung Sindur Berjoget

16-10-2017 Hits:135 Berita Foto

Srikandi Gunung Sindur Berjoget

Kebaktian di Makin Gunung Sindur minggu 15 Oktober 2017 dipenuhi umat di berbagai daerah di sekitarnya.

Read more

Mengajar Dan Kunjungan

25-09-2017 Hits:404 Berita Foto

Mengajar Dan Kunjungan

Pada tanggal 23 September 2017 saya mengajar S2 program M.Ag di UIN Syarif Hidayahtullah Jl.Cempaka Putih Tangerang Selatan Banten.

Read more

Dokumen Gili Iyang Dan Gili Labak Tour

11-09-2017 Hits:298 Berita Foto

Dokumen Gili Iyang Dan Gili Labak Tour

Perjalanan Tour Jalan Sehat Trawas menuju ke dua Pulau Gili Iyang dan Gili Labak.

Read more

Pertemuan Di Polda jatim

08-09-2017 Hits:234 Berita Foto

Pertemuan Di Polda jatim

Surabaya, 8 September 2017. Silaturahim Kapolda Jatim bersama Forum Kerukunan Umat Beragama dalam Rangka Harkamtibmas.

Read more

Tenaga Pendidik Khonghucu Di Pangkal Pinang

08-09-2017 Hits:176 Berita Foto

Tenaga Pendidik Khonghucu Di Pangkal Pinang

Kegiatan Peningkatan Kualitas Kompetensi Tenaga Pendidik Agama Khonghucu Tahun 2017 yang diadakan di Hotel Puncak Lestari Pangkal Pinang mulai tgl....

Read more

Js. Maria Berpulang

07-09-2017 Hits:719 Berita Foto

Js. Maria Berpulang

Berita berpulangnya Js.Maria Engeline sangat mengejutkan bagi kita semua

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 421-430

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Kegiatan Apa Yang Paling Anda Senangi Ketika Di Tempat Ibadah?

Berdoa / Sembahyang - 100%
Menyanyi / Bermain Musik - 0%
Mendengarkan Kotbah - 0%
Berdiskusi - 0%
Bertemu Teman-Teman - 0%

Total votes: 8
The voting for this poll has ended on: March 9, 2014

Who's Online

We have 90 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com