spocjournal.com

Ilustrasi Pembahasan 7-9

Oleh : Bratayana Ongkowijaya, SE, XDS

7.  MENELITI  ‘HAKEKAT

Banyak  peristiwa  di  alam  semesta  ini   yang  pada  dasarnya   ‘tidak paham’,     tapi    sering     ‘dikukuhi’.     Semisal;    ada     yang     mengatakan, sesungguhnya  jarak  matahari dengan  bumi  yang  terdekat pada  waktu  pagi hari,   sebab  tampak   paling   ‘besar’.  Tapi  yang   lain   menyebutkan,   jarak terdekat  antara  bumi  dengan  matahari  saat  siang hari, karena  terasa  paling ‘panas’.  Namun  ada  pula  yang  beranggapan  jarak  paling dekat antara  jagat - surya  tersebut   ketika   senja   hari   dengan   alasan   kelihatan   paling  ‘tegas’ berwarna  merah  keemasan.  Dari  ketiganya, mana  yang  benar?  Bagaimana pula  jika   dibanding   dengan   pertanyaan   berikut ;   Mengapa   di   (puncak) gunung terasa lebih  dingin ?  Padahal  logikanya  makin  tinggi  akan  lebih mendekati matahari, dan bukankah semestinya lebih panas?

Sering  kita  lebih  memperburuk  ‘keadaan’  dengan  prilaku  yang  sadar atau tidak, menyalahkan ‘pihak’ lain, seperti; Udara di luar dingin, tutuplah jendelanya.   Bukankah   semestinya;   Saya   kedinginan,  tutuplah   jendelanya. Atau pernyataan ;  ‘Lawan  terlalu  kuat’,  sehingga  saya  tidak  bisa  menang. Padahal jelas-jelas ‘Karena  ketidak-mampuan’,  sehingga  saya  kalah.

Mana  lebih  baik?  Anak  anda  sebenarnya  tidak  bodoh,  hanya  saja teman-temannya  lebih  pandai.  Atau  Anak   anda   sebenarnya  tidak  pandai, hanya saja teman-temannya lebih bodoh.  Begitu pula  mana yang lebih hebat? ‘pasti  menang’  atau  ‘tidak  pernah  kalah’?

物 格 而 後 知 至 ,  知 至 而 後 意 誠
Wu  Ge Er  Hou  Zhi  Zhi ,  Zhi Zhi Er Hou  Yi  Cheng
意 誠 而 後 心 正 ,  心 正 而 後 身 修
Yi  Cheng Er  Hou  Xin Zheng ,  Xin  Zheng Er  Hou  Shen Xiu
身 修 而 後 家 齊 ,  家 齊 而 後 國 治 ,  國 治 而 後 天 下 平
Shen Xiu Er Hou Jia Qi ,  Jia Qi Er Hou Guo Zhi ,  Guo Zhi Er Hou Tian Xia Ping

Dengan meneliti hakekat tiap perkara,  dapat  cukuplah pengetahuannya Dengan  cukup pengetahuannya, akan dapatlah  mengimankan tekadnya Dengan  tekad yang beriman,  akan dapatlah  meluruskan hatinya Dengan  hati yang lurus, akan dapatlah  membina dirinya
Dengan diri yang terbina, akan dapatlah membereskan  rumah-tangganya
Dengan  rumah-tangga  yang beres,  akan dapatlah mengatur negerinya
Dan  dengan  negeri yang teratur,  akan dapat dicapai damai  di dunia
(大 學 -  Da Xue Utama :  5)

Fenomena  kehidupan  sering  kurang  mendapat  perhatian  kita,  padahal disitu    ‘kerikil    kecil    dan    tajam’    sering    menghambat    kita,    bahkan    bisa ‘melukai’  kita.  Maka,  tutur-kata dan prilaku kita terhadap sekeliling, saudara, teman, sejawat  dan  komunitas cukup menentukan keharmonisan &  ketepatan cara  hidup  kita  sendiri.  Ayat - suci  di  atas menandaskan,  betapa  penting mau  ‘meneliti  hakekat  tiap hal’,  artinya  cukup  peduli  terhadap  lingkungan sekitar  tadi  agar  mendapat  pemahaman lebih  tepat,  dengan  begitu  kita  akan mampu mengimankan tekad terhadap cara yang lebih lurus & benar.
Perlukah   nasihat   semacam   ini?   Ya !   Sebab   dengan   tekad   hidup beriman, hati-nurani kita akan lurus, tidak bengkok / mudah terpengaruh kiri- kanan, lalu apa gunanya  hati-nurani yang lurus  tadi? Jelas !  hanya  bila hati- nurani lurus,  diri  akan  terbina  (di dalam  Kebajikan  dan  Jalan  Suci).  Dan itulah  yang  menjadikan  rumah-tangga  beres,  beres  pula  rakyat  dan pemimpinnya  dalam  mengatur  negeri  tercinta  serta  tercapailah  sebuah  cita - cita luhur yang paling esensi / penting bagi tiap bangsa, insan ciptaan Tuhan, yaitu  ‘Damai  Seluruh  Dunia’ !  secara  agamis  bisa  diartikan Dunia  sekarang (Hou  Tian) maupun Dunia nanti (Xian Tian) !

知 之 為 知 之 ,  不 知 為 不 知 ,  是 知 也
Zhi Zhi Wei Zhi  Zhi ,  Bu  Zhi Wei  Bu  Zhi ,  Shi Zhi Ye
Bila  mengerti, berlakulah  sebagai orang  yang mengerti
Bila  tidak mengerti, berlakulah sebagai orang  yang tidak mengerti
Itulah  yang  dinamai  ‘mengerti’ (berpengetahuan)
(論 語 -  Lun Yu II  : 17)

Nah! itu sebabnya diingatkan oleh ayat kedua, agar bersikaplah ‘jujur terhadap   diri   sendiri’   dan   bersikap   sesuai   ‘apa   adanya’.   Inilah   awal
‘pengertian’  akan  hidup  benar!

衆 惡 之 ,  必 察 焉 ,  衆 好 之 ,  必 察 焉
Zhong E Zhi ,  Bi Cha Yan ,  Zhong  Hao Zhi ,  Bi Cha Yan
Yang  dibenci umum, harus diperiksa.  Yang  disukai umum, harus  diperiksa  pula
(論 語 -  Lun Yu XV  : 28)

Jelasnya,  hendaklah  kita  selalu  mencoba  untuk  memahami  segala  hal itu   berlandaskan   kebenaran   yang   hakiki,   sebab   belum   tentu   memahami segala hal  itu  pasti  ‘benar’  demikian  pula  sebaliknya.  Karena  memang hanya kebenaranlah yang benar-benar ‘Benar’!


8.  SEMANGAT  ‘DUPA

Orang  mungkin   sangat  familiar  dengan  semangat  ‘lilin’   yang  rela hancur  untuk  menerangi  kegelapan.  Tetapi  patut  direnungkan  serta  diresapi pula  makna  dari  semangat  ‘dupa’.
Lilin, betul rela ‘meleleh’ menerangi kegelapan. Namun demikian setidaknya  ada  dua  hal  yang  patut  dibandingkan ;  pertama,  orang  pasti  tahu sumber  cahaya  yang  menerangi  kegelapan  tersebut  dan  kedua, begitu  si ‘lilin’ habis, kegelapan kembali langsung terjadi. Lain dengan ‘dupa’, ketika menebar  harum  semerbak  tak  jarang  orang  tak  tahu  akan  sumbernya  ada dimana, dan walau sudah habis terbakar menjadi abu, bisakah kita pungkiri keharumannya masih tersisa serta tetap meninggalkan kesan?
Demikianlah kita sebagai umat manusia yang beriman, mampukah menyikapi  semangat  ‘dupa’  ini  dalam  realitas  amal  perbuatan  sehari-hari, sehingga   dalam   setiap   langkah   melakukan   kebaikan   tidak selalu   harus diketahui bahwa ‘aku’ lah sang pelaku untuk (apapun motifnya) beroleh penghargaan.   Juga,   mampukah   dalam   tingkah   laku   kita   meninggalkan ‘keharuman’  yang  masih  mengesankan  walaupun badan  ini  telah  berkalang tanah?

孟 子 道 性 善
Meng Zi Dao Xing Shan
Bingcu mengatakan  Watak Sejati manusia itu  baik
(孟 子 -  Meng  Zi III  A  : 1)

人 之 生 也 直 ,  罔 之 生 也 幸 而 免
Ren Zhi Sheng Ye  Zhi ,  Wang Zhi Sheng Ye Xing Er Mian
HIdup  manusia difitrahkan  lurus.
Kalau  tidak lurus tetapi terpelihara  juga kehidupannya, itu hanya  kebetulan
(論 語 -  Lun Yu VI  : 19)

仁 也 者 ,  人 也 ;  合 而 言 之 ,  道 也
Ren Ye Zhe ,  Ren Ye ;  He Er Yan Zhi ,  Dao  Ye
Cinta-kasih itulah Kemanusiaan
Dan  kalau  kata itu  telah menyatu dengan perbuatan, itulah Jalan Suci
(孟 子 -  Meng  Zi VII  B  : 16)

Spirit dari perumpamaan tadi ialah merupakan simbol dari sifat luhur kemanusiaan       kita sendiri. Dalam    agama    Khonghucu    lasimnya     disebut ‘Kebajikan  Watak  Sejati  Insani’.  Kelurusan  kodrat  dan  fitrah  Watak  Sejati inilah   jika   disimbolkan   sebagai   ‘harum-semerbak’   dupa   yang   dibakar, memang tidak mudah diketahui, bahkan tidak memiliki ‘ego’ untuk ingin diketahui.     Karena     memang     mengembangkan     ‘keharuman’     kebajikan, katakanlah  amal-perbuatan  yang  baik,  menolong  sesama  dan  lain-lain kebaikan,   memang   merupakan   fitrah   insani,   kodrat   dan   kewajaran   tiap manusia  dalam  hidupnya.  Sebab  Watak  Sejati  tak  lain  dari  Firman  Tian sendiri!

永 言 配 命 ,  自 求 多 福
Yong  Yan Pei Ming ,  Zi Qiu Duo  Fu
Tekun hidup  sesuai Firman,  memberkati diri banyak berkah
(孟 子 -  Meng  Zi IV  A : 4)

Adapun   kehidupan   yang  sejati   itu   ‘datang’   dari   firmanNya.   Juga, bukan  atas  ‘permintaan’  ego  manusia.  Dengan  ikhlas  beriman  dan  hidup dalam  Jalan  Suci  (Dao) - hidup  sesuai  Firman  Tian  (Tian  Ming),  hidup  ini akan dirasakan penuh berkat bahagia!
盡 其 道 而 死 者 ,  正 命 也
Jin Qi  Dao Er Si  Zhe , Zheng Ming Ye
Orang  yang  sungguh-sungguh sepenuh hati menempuh Jalan Suci lalu mati, Ia  lurus di  dalam Firman
(孟 子 -  Meng  Zi VII  A : 2)

君 子 疾 没 世 而 名 不 稱 焉
Jun  Zi Ji  Mo  Shi Er Ming Bu Cheng Yan
Seorang  Kuncu  tidak hanya kuatir setelah mati namanya tidak disebut-sebut lagi
(論 語 -  Lun Yu XV  : 20)

Demikian  ‘keharuman’  perbuatan  dalam  Jalan  Suci,  biarpun  sampai badan  berkalang  tanah  tetap  terjaga  kelurusan  diri  kita  di  dalam  Firman. Inilah   sumber   kebahagiaan   yang   sejati.   Oleh   karenanya  insan   beriman, Jun Zi,  itu  bukan  hanya  sekedar  ingin  disebut-sebut  setelah  ia  mati,  namun justru sepanjang hidupnya semantiasa berusaha mengisi dengan ‘keharuman’ kebajikan,  tanpa  pamprih  dan keinginan  agar  diketahui,  tetapi  karena  sadar inilah fitrah kita!


9.  SETETES  ‘AIR

Aku  setetes  air,  berasal  dari  mana,  itu  yang  aku  tak  tahu  persis. Yang   kuingat,  aku   berasal  dari   perut   bumi, seperti  kisah   berikut;  Satu ketika,  oleh  satu  dan  lain  sebab  aku  terdorong  kuat-kuat ke  muka  bumi, tanpa  sadar tahu-tahu  aku  menyembur  ke  permukaan.  Tidak  tahu  apa  yang terjadi - terlepas  dari  itu,  ‘sesuatu’  telah  terjadi diluar  kemauanku;  paling tidak   dari   perut   bumi   yang  gelap-gulita   kini   aku   berada   di alam   yang terang-benderang …  lalu  bagaimana?
Dengan   perasaan   tak   tentu   aku   hanya   pasrah   mengikuti   kejadian demi   kejadian,   aku   merasa mengalir  bebas,   bergolak,   terombang-ambing, berkelok-kelok  sesuai  alur  yang  kulalui,  yang  pasti aku  merasakan  menuju tempat yang lebih rendah. Tak jarang terbentur, terhalang, terhempas bahkan terjun  bebas.  Kadang  arus  melemah,  atau  terhenti  disuatu  tempat,  terasa tenang  sepoi-sepoi,  tapi  saat lain  tiba-tiba  arus  mendorong  aku,  membuat bergerak lagi melewati pembatas yang ada, meluap, meneruskan perjalanan. Akhirnya   sampailah   di   tempat   yang  disebut   laut,   aku   terayun   ombak kesana-kemari tanpa tujuan pasti.
Hangatnya mentari yang menerpa, kian lama kian menyengat, aku mengalami  perubahan  pada  diriku,  menjadi  ringan, mulai  mengawang makin tinggi (menguap).  Aku  ‘terbang’  terbawa  angin,  berkumpul bersama  kawan lain  (membentuk   awan).   Makin   lama   makin   banyak,   bergelayut   makin berat …
Ujung-ujungnya ‘jatuh’ ke bumi (hujan). Mulai menggenangi tanah, berdesak,   menyelusuri   celah-celah   tanah,  bebatuan,   makin   dalam,   makin gelap …  kembali  semula …  entah  sampai  kapan …

子 在 川 上 曰 :
Zi Zai Chuan Shang Yue :
逝 者 如 斯 夫 ! 不 舍 晝 夜
Shi Zhe Ru Si  Fu !  Bu She Zhou  Ye

Tatkala Nabi berdiri di  tepi sebuah  sungai,  bersabda : Semuanya  mengalir pergi seperti ini ! siang  malam tiada henti-hentinya. (論 語 -  Lun  Yu IX : 17)

Nabi   Kongzi   sesungguhnya   menyampaikan   ‘sesuatu’   misteri kehidupan,  yang  masing-masing  dari  kita  sedang menjalaninya.  Hendaklah dalam   dinamika   serta   romantika   kehidupan,   kita   ‘pasrah’   namun   tidak ‘menyerah’,  melainkan   selalu   berpedoman   Watak   Sejati   sebagai   ‘lelatu’ Kebajikan   Tian   dalam   kodrat   yang   manusiawi,  sebagaimana   air   selalu menuju yang rendah.

仲 尼 亟 稱 於 水 ,  曰 : Zhong Ni  Ji  Cheng Yu  Shui ,  Yue : 水 哉 ! 水  哉 ! 何 取 於 水 也 ?
Shui Zai ! Shui  Zai !  He Qu  Yu  Shui  Ye ?
孟 子 曰 : 源 泉 混 混 ,  不 舍 畫 夜 ,
Meng Zi Yue : Yuan Quan  Hun  Hun ,  Bu She  Hua Ye ,
盈 科 而 後 進 ,   放 乎 四 海 Ying  Ke  Er  Hou  Jin ,  Fang Hu  Si  Hai 有 本  者 知 是 ,  是 之 取 爾
You  Ben  Zhe Zhi Shi ,  Shi Zhi Qu  Er

Nabi sering  memuji air dengan bersabda :  O, air ! O , air !
Hikmah apakah yang dapat  diambil dari air ?
Bingcu berkata :
Air itu  dari  sumber keluar bergolak-golak siang malam  tiada  hentinya
Setelah  memenuhi tempat yang  lekuk, terus maju mengalir ke empat penjuru lautan Hanya air yang mempunyai sumber demikian. Inilah hikmah  yang dapat dipetik (孟 子 -  Meng  Zi IV  B : 18)

Dalam  penghidupan  manusia,  punya  ‘sumber’  dapat  diartikan  secara agamis  sebagai  ‘Jalan  Suci’  Tian  Khalik  Yang  Esa.  Guna  memahami  Jala n Suci   inilah   kita   punya   (keyakinan)   agama,   tapi   bukan   sekedar   begitu ; punya   agama   harus   dilaksanakan   dengan   rasa   syukur   &   mantab   akan
‘sumber   rohani’   itu,   dan   tiap   insan   berkewajiban   melaksanakan   yang diyakini  itu  (being  religious).  Yang  dimaksud  ‘being  religious’  ialah  tak hanya ‘merasa’ punya agama, tapi ‘punya’ kewajiban sepanjang hidup melaksanakan Jalan Suci, mengembangkan kebajikan. Sebab bimbingan menempuh Jalan Suci berkebajikan itulah  yang dibawakan agama.

天 生 蒸 民 ,  有 物 有 則 ;
Tian Sheng Zheng Min ,  You  Wu  You  Ze ;
民 之 秉 夷 ,  好 是 懿 德
Min Zhi Bing Yi ,  Hao Shi Yi  De

Tian menciptakan insan - manusia ;  menyertainya dengan bentuk dan  sifat Dan  sifat umum pada  insan - manusia  ialah  suka kepada Kebajikan mulia  itu (孟 子  -  Meng  Zi VI  A : 6)

Demikianlah     renungan     rohani     akan     air     sebagai     ‘simbol’     dari ‘kehidupan’  itu  sendiri,  semoga  membawa  kesadaran  beriman  bagi  kita  agar selalu     ingat,    mensyukuri     dan    merasa     berkewajiban     moril     melakukan ‘implementasi’  (mengejawantahkan)  ‘sumber  Jalan  Suci’  yang  dibimbingkan agama, menegakkan hidup yang ber-Kebajikan Mulia ; apapun tantangannya!

Sumber dari : Tesis Xuan Dao Shi Bratayana Ongkowijaya, SE, XDS

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Dokumen Gili Iyang Dan Gili Labak Tour

11-09-2017 Hits:186 Berita Foto

Dokumen Gili Iyang Dan Gili Labak Tour

Perjalanan Tour Jalan Sehat Trawas menuju ke dua Pulau Gili Iyang dan Gili Labak.

Read more

Pertemuan Di Polda jatim

08-09-2017 Hits:179 Berita Foto

Pertemuan Di Polda jatim

Surabaya, 8 September 2017. Silaturahim Kapolda Jatim bersama Forum Kerukunan Umat Beragama dalam Rangka Harkamtibmas.

Read more

Tenaga Pendidik Khonghucu Di Pangkal Pinang

08-09-2017 Hits:112 Berita Foto

Tenaga Pendidik Khonghucu Di Pangkal Pinang

Kegiatan Peningkatan Kualitas Kompetensi Tenaga Pendidik Agama Khonghucu Tahun 2017 yang diadakan di Hotel Puncak Lestari Pangkal Pinang mulai tgl....

Read more

Js. Maria Berpulang

07-09-2017 Hits:651 Berita Foto

Js. Maria Berpulang

Berita berpulangnya Js.Maria Engeline sangat mengejutkan bagi kita semua

Read more

Sembahyang Leluhur: Tradisi Atau Agama?

05-09-2017 Hits:601 Berita Foto

Sembahyang Leluhur: Tradisi Atau Agama?

Talkshow interaktif dengan Nara Sumber Js. Liem Liliany Lontoh; Hotel Aston ruang Asoka Lt. 2; Manado, 01 September 2017.

Read more

Anti Narkoba

28-08-2017 Hits:111 Berita Foto

Anti Narkoba

Surabaya, 28 Agustus 2017 pertemuan BNN (Badan Narkotika Nasional) di Hotel Santika Surabaya yang dihadiri oleh beberapa sukarelawan.

Read more

Pulau Nan Indah

22-08-2017 Hits:191 Berita Foto

Pulau Nan Indah

Kami mengajak para pencinta alam Indonesia untuk berkeliling ke tiga pulau di Wilayah Sumenep-Madura.

Read more

Tokoh Matakin Berpulang

08-08-2017 Hits:1145 Berita Foto

Tokoh Matakin Berpulang

Wu Hu Ai Zai, telah kembali ke Haribaan Huang Tian, Xs Hanom Pramana Buanadjaja (Phwa Tjhiang Han/Pan Chang Han 潘昌汉)...

Read more

Nganjuk Penuh Kedamaian

27-07-2017 Hits:307 Berita Foto

Nganjuk Penuh Kedamaian

Kunjungan FKUB provinsi Jatim hari kedua di FKUB Kabupaten Nganjuk. Kunjungan di Nganjuk diterima di kantor Kesbangpol. Hadir dalam pertemuan...

Read more

FKUB Jatim Turba

26-07-2017 Hits:178 Berita Foto

FKUB Jatim Turba

Rapat koordinasi dan silaturahim FKUB Kabupaten Mojokerto yang dihadiri oleh jajaran pengurus FKUB Kabupaten Mojokerto, Bupati dan para Camat, Bakesbangpol,...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 421-430

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Kegiatan Apa Yang Paling Anda Senangi Ketika Di Tempat Ibadah?

Berdoa / Sembahyang - 100%
Menyanyi / Bermain Musik - 0%
Mendengarkan Kotbah - 0%
Berdiskusi - 0%
Bertemu Teman-Teman - 0%

Total votes: 8
The voting for this poll has ended on: March 9, 2014

Who's Online

We have 37 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com