spocjournal.com

Empat Esensi Pokok - Si Jiao (四 教) dalam Ajaran Agama Khonghucu - Ru Jiao (儒 教)

Oleh : Bratayana Ongkowijaya, SE, XDS

Manusia mestinya harus banyak merenung, bukan untuk melamun dan melantur tak jelas ujung pangkalnya, tapi bertanya guna menemukan jawab dari kebimbangan diri kita sendiri. Berbahagialah orang yang mampu untuk itu, baik oleh karena kebimbangan, ataupun oleh penemuan serta pencerahan hasil usaha sendiri.

Sebagai umat agama Khonghucu, mestinya kita tidak boleh bimbang dan ragu karena Tuhan sudah berkenan mengutus Nabi Kongzi sebagai Genta Rohani- Nya untuk umat manusia. Dan kita sebagai umat agama Khonghucu hendaknya mengikuti petunjuk itu agar tahu dan mampu, serta terus berusaha lebih baik lagi dalam menjalani hidup dan  kehidupan ini.
Nabi Kongzi sebagai Tian Zhi Mu Duo (天 之 木 鐸), Genta Rohani -Nya, memberikan bimbingan atau tuntunan bagi umat manusia dalam membina diri (修 身 -  Xiu Shen). Berbuat selaras dengan Watak Sejati (性  -  Xing) Menempuh Jalan Suci (道 - Dao), Menggemilangkan kebajikan (明 明 德 -

Ming   Ming De) dan mengamalkannya dalalm kehidupan, Memperbaharui diri dan Mengasihi Sesama  (親 / 新 民  - Qin / Xin  Min).  Serta baru berhenti (dengan tujuan)   Mencapai Puncak Kebajikan / Kesempurnaan   ( 至 善   -Zhi Shan).

Inilah tujuan beragama, hidup beribadah kepada-Nya, memenuhi kodrat mengisi hidup didalam-Nya. Bukan karena dorongan ‘rasa takut’ dan dibarengi
sikap  ‘harap’,  tapi  lebih  merupakan  Panggilan  Iman  ( 誠 意 -  Cheng  Yi), untuk  Hormat  Akan  Tuhan  Laksanakan  Firman  Nya  ( 恭  天  成  命  - Gong Tian Cheng Ming) serta merasakan ‘Bahagia’ (樂 道  -   Le   Dao) di dalamnya (bahagia dalam Jalan Suci).

Membahas hal ini, tentu satu sisi adalah sesuatu yang berkenaan dengan cara Tuhan menyelanggarakan segenap penjadian, Causa Prima - Finalis Causa
(終 始  -   Zhong Shi); Dan sisi yang lain adalah usaha manusia untuk selalu harmonis dengan kehendakNya, yang harus disertai dengan ketulusan, yang pada gilirannya memang berawal dari / diawali dengan keyakinan, berlanjut dengan mewujudkan dari apa yang agama bimbingkan.
Memang manusia mengemban Firman Tuhan (天 命 - Tian  Ming) yang sekaligus adalah kodratnya. Jadi ia punya sesuatu yang menjadi karunia Tuhan atas dirinya agar dapat menunaikan tugasnya. Sungguh patut kita camkan apa yang tersirat dalam Kitab Suci Agama Khonghucu, sbb:


KITAB ZHONG YONG (中 庸) BAB XX


自 誠 明 , 謂 之 性 ;
Zi Cheng Ming , Wei Zhi Xing ;
自 明 誠 , 謂 之 教
Zi Ming Cheng Wei Zhi Jiao

Orang yang oleh Iman lalu sadar, dinamakan hasil perbuatan Watak Sejatinya; Dan orang yang Sadar lalu beroleh Iman, dinamai hasil mengikuti Agama.


KITAB LUN YU (論 語) VII : 25


子 以 四 教 : 文 , 行 , 忠 , 信
Zi Yi Si Jiao : Wen , Xing , Zhong , Xin

Ada Empat Hal Didalam Ajaran Nabi:
Pengetahuan Kitab , Prilaku , Kesatyaan dan Dapat Dipercaya


Di dalam ayat ini umat agama Khonghucu dapat menyimpulkan suatu bimbingan iman akan hidup beragama dari apa yang sesungguhnya (Garis Besar) tuntunan iman dalam Jalan Suci nabi Kongzi. Hal ini dapat diuraikan sebagai berikut:


1. PENGETAHUAN KITAB (文 - WEN)

Bimbingan Nabi bagi umat manusia dalam menempuh Jalan Suci memang hanya bisa digali dengan menghayati ajaran yang ada dalam Kitab Sucinya. Oleh karena itu Pengetahuan Kitab Suci suatu agama jelas mutlak perlu untuk acuan hidup beragama. Dalam ajaran agama Khonghucu (儒 教 - Ru Jiao) penekanan ada pada bimbingan / pembinaan bagi umat manusia yang ‘mau’ untuk mendapatkan / memperolehnya. Dengan demikian umat Khonghucu akan
Mengerti tentang Firman (知 命 - Zhi Ming) yang dimaksud dalam agama Khonghucu..
Jelas disini semangat untuk menjadi ‘Tahu & Mampu’ ( 能 - Neng) bagaimana memenuhi Kodrat Kemanusiaannya, melaksanakan FirmanNya Menggemilangkan Kebajikan dengan pengamalan dalam hidup bersama dengan sesama insan, agar manusia mampu menjadi seorang Jun-zi (君 子) yang selalu lebih baik dan menjadi lebih baik untuk mencapai Puncak Kebajikan dengan Satya kepada Tuhan (忠 於 天 - Zhong Yu Tian) dan Tepaselira kepada sesama (恕 於 人 - Shu Yu Ren) adalah tujuan agama. Mengimani, menjadi suatu proses dari Belajar - Tahu - Mampu, dilandasi dengan keyakinan /kesungguhan / ketulusan.


2. PRILAKU (行 - XING)

Isi dari agama adalah kaidah suci yang menjadi pegangan hidup manusia dalam Menerima serta Memelihara Firman Tuhan (受 命 - Shou Ming)!. Disinilah amal perbuatan manusia dalam menggenapi hidupnya menjadi tolok ukur bagi penilaian Nya.

Agama Khonghucu mengajarkan agar perbuatan manusia selalu Harmonis (和- He) dengan FirmanNya, sesuai dengan Watak Sejatinya, selaras Kodrat

Kemanusiaannya, selalu dalam Kebajikan yang boleh sampai kepada Tuhan (惟 德 動 天 - Wei De Dong Tian; Hanya oleh Kebajikan, Tian berkenan ; 咸 有 壹 德 - Xian You Yi De; Hanya ada satu, yakitu Kebajikan) Serta berkenan pada sesama, mewujudkan tatanan hidup yang selaras dalam rakhmatNya.

Demikian cara Mengamalkan Firman yang telah diterima dalam penghayatannya. Inilah sebuah pertanggung-jawaban cara menikmati hidup, hingga genap misi suci kehidupan manusia yang purna, arti dari sebuah pengamalan mencapai Puncak Kebaikan / Kesempurnaan.


3. KESATYAAN (忠 - ZHONG)

Hidup memang penuh goda dan cobaan, rintangan dan kegagalan adalah warnasari kehidupan yang nyata. Bagaimana membuat manusia tetap tidak bergeming, tabah dan tawakal; Satya dalam beriman, menjadi seruan ajaran agama Khonghucu bagi umat manusia. Manusia hendaknya Satya kepada Kodrat Kemanusiaannya, yang menjadi Watak Sejatinya, yang difirmankan Tuhan dan menjadi kehendakNya, serta sekaligus merupakan rakhmatNya atas penjadian manusia, yang menjadi misi suci hidup manusia, mampu mawas dan selalu waspada dari kekhilafan, Tekad Membaharui Diri & Mengasihi Sesama, memperbaiki segala kesalahan. Dan dengan apa ia berasal serta kembali dari dan kepadaNya sebagai causa prima sekaligus finalis causa. Penuh rasa keyakinan / kesungguhan / ketulusan, Tegak dalam Fitrahnya sebagai insan ciptaanNya
(立 命 - Li Ming).


4. PERCAYA SERTA DAPAT DIPERCAYA (信 - XIN)

Percaya adalah sebuah Ketulusan yang penuh dengan Keyakinan, bahwa semua ini berawal dariNya dan berakhir kepadaNya. Demikian Tuhan merupakan Causa Prima dan Finalis Causa dari segenap dan segala. DidalamNya misi hidup manusia harus dan memang demikian.
Disamping itu manusia harus Dapat Dipercaya sebagai makhluk pengemban FirmanNya, yang memang oleh karenanya manusia mampu Sebagai Insan Kamil untuk Menggemilangkan Ma’rifat Suci dari sang Maha Khalik (成 命 - Cheng Ming). Kesemuanya ini menjadi karunia yang melimpahkan

berbagai berkah sekaligus adalah tujuan hidup manusia untuk dipertanggung- jawabkan kepadaNya.
Demikianlah apa yang dibawakan oleh Nabi Kongzi untuk umat manusia adalah sesuatu yang harus kita jalani guna menggenapi dan memperoleh makna dan arti, hingga hidup ini akan dapat dinikmati secara benar dan lurus. Inilah yang sebenarnya sering dicari manusia, namun salah dalam cara maupun bentuk, hingga hidup untuk sebagian orang menjadi seperti tak karuan, gersang, bahkan tak tahu untuk dan bagaimana hidup ini semestinya dijalani.
Akar yang kokoh akan membuat kita tumbuh, cabang dan ranting rimbun berkembang, bunga dan buah akan dihasilkan dengan tidak mengecewakan. Percaya dan yakin sepenuh iman adalah akar ; kesungguhan dalam pengamalan adalah cabang dan ranting yang mencakup segenap aspek kehidupan, dan ketulusan di dalam iman inilah yang akan memberi manusia bunga indah
kehidupan. (Lihat 中 庸 - Zhong Yong XXII)

誠 則 形 , 形 則 著 , 著 則 明
Cheng Ze Xing , Xing Ze Zhu , Zhu Ze Ming
明 則 動 , 動 則 變 , 變 則 化
Ming Ze Dong , Dong Ze Bian , Bian Ze Hua
Iman itu menjadikan bentuk, Bentuk menjadikan kenyataan, Kenyataan menjadikan gilang-gemilang, Gilang-gemilang menjadikan gerak, Gerak menjadikan perubahan,
Dan perubahan menjadikan peleburan

Demikianlah, Empat Esensi Ajaran Nabi Kongzi merupakan Pegangan bagi segenap umat agama Khonghucu, dalam menggali identitas imannya.


Sumber dari : Tesis Xuan Dao Shi Bratayana Ongkowijaya, SE, XDS


You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Dokumen Gili Iyang Dan Gili Labak Tour

11-09-2017 Hits:186 Berita Foto

Dokumen Gili Iyang Dan Gili Labak Tour

Perjalanan Tour Jalan Sehat Trawas menuju ke dua Pulau Gili Iyang dan Gili Labak.

Read more

Pertemuan Di Polda jatim

08-09-2017 Hits:179 Berita Foto

Pertemuan Di Polda jatim

Surabaya, 8 September 2017. Silaturahim Kapolda Jatim bersama Forum Kerukunan Umat Beragama dalam Rangka Harkamtibmas.

Read more

Tenaga Pendidik Khonghucu Di Pangkal Pinang

08-09-2017 Hits:112 Berita Foto

Tenaga Pendidik Khonghucu Di Pangkal Pinang

Kegiatan Peningkatan Kualitas Kompetensi Tenaga Pendidik Agama Khonghucu Tahun 2017 yang diadakan di Hotel Puncak Lestari Pangkal Pinang mulai tgl....

Read more

Js. Maria Berpulang

07-09-2017 Hits:651 Berita Foto

Js. Maria Berpulang

Berita berpulangnya Js.Maria Engeline sangat mengejutkan bagi kita semua

Read more

Sembahyang Leluhur: Tradisi Atau Agama?

05-09-2017 Hits:601 Berita Foto

Sembahyang Leluhur: Tradisi Atau Agama?

Talkshow interaktif dengan Nara Sumber Js. Liem Liliany Lontoh; Hotel Aston ruang Asoka Lt. 2; Manado, 01 September 2017.

Read more

Anti Narkoba

28-08-2017 Hits:111 Berita Foto

Anti Narkoba

Surabaya, 28 Agustus 2017 pertemuan BNN (Badan Narkotika Nasional) di Hotel Santika Surabaya yang dihadiri oleh beberapa sukarelawan.

Read more

Pulau Nan Indah

22-08-2017 Hits:191 Berita Foto

Pulau Nan Indah

Kami mengajak para pencinta alam Indonesia untuk berkeliling ke tiga pulau di Wilayah Sumenep-Madura.

Read more

Tokoh Matakin Berpulang

08-08-2017 Hits:1145 Berita Foto

Tokoh Matakin Berpulang

Wu Hu Ai Zai, telah kembali ke Haribaan Huang Tian, Xs Hanom Pramana Buanadjaja (Phwa Tjhiang Han/Pan Chang Han 潘昌汉)...

Read more

Nganjuk Penuh Kedamaian

27-07-2017 Hits:307 Berita Foto

Nganjuk Penuh Kedamaian

Kunjungan FKUB provinsi Jatim hari kedua di FKUB Kabupaten Nganjuk. Kunjungan di Nganjuk diterima di kantor Kesbangpol. Hadir dalam pertemuan...

Read more

FKUB Jatim Turba

26-07-2017 Hits:178 Berita Foto

FKUB Jatim Turba

Rapat koordinasi dan silaturahim FKUB Kabupaten Mojokerto yang dihadiri oleh jajaran pengurus FKUB Kabupaten Mojokerto, Bupati dan para Camat, Bakesbangpol,...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 421-430

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Kegiatan Apa Yang Paling Anda Senangi Ketika Di Tempat Ibadah?

Berdoa / Sembahyang - 100%
Menyanyi / Bermain Musik - 0%
Mendengarkan Kotbah - 0%
Berdiskusi - 0%
Bertemu Teman-Teman - 0%

Total votes: 8
The voting for this poll has ended on: March 9, 2014

Who's Online

We have 16 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com