spocjournal.com

Laku Bakti - Xiao (孝); ‘Memuliakan Hubungan‘ Adalah Pokok Kebajikan - De (德)


Oleh : Bratayana Ongkowijaya, SE, XDS

Laku  Bakti  dalam  Agama  Khonghucu     ( 儒    教    -    Ru    Jiao) sesungguhnya mempunyai makna imani sebagai ‘Memuliakan Hubungan‘. Hal ini dapat disimpulkan dari alasan-alasan berikut:
Dari arti bangun huruf   Xiao (孝) ‘Bakti’ ini, terdiri dari dua bangun Aksara, yakni :  (老 -  Lao), yang berarti : tua ; dan  (子 -  Zi), yang berarti : anak sehingga seakan-akan menggambarkan; ‘Anak Mendukung / Menjunjung Orang-tua’ atau berpengertian : ‘Yang Dijunjung Oleh Anak Dengan Sepenuh Hati’ Secara bebas ‘Anak’ dapat diartikan sebagai ‘Hamba’ ( dalam mengabdi ), sehingga secara umum Xiao (孝) - ‘LAKU BAKTI’ dapat diartikan sebagai

‘Memuliakan / Pemuliaan Hubungan’ antara yang lebih ‘rendah’ kepada  yang lebih  ‘tinggi’.  (Dari  pengertian  imani  dengan  mengkaji  ayat-ayat  Kitab  Suci Agama Khonghucu, memang sesungguhnya ‘Laku Bakti’ menuntut tindak pengamalan  ‘Pemuliaan Hubungan’).

Memang sesungguhnyalah ‘Bakti’ dalam Ajaran Agama Khonghucu merupakan  sendi  utama,  sehingga  banyak  orang  memberi  kesimpulan  akan Agama yang satu ini, bahwa ajarannya ‘hanya menekankan akan Bakti’. Pendapat ini bila diteliti / dikaji dengan seksama, memang tidak menyimpang jauh, hanya sayang kemudian orang menyempitkan / mendangkalkan makna imani dari prinsip ini, sehingga ‘Bakti’ kemudian mengalami kemerosotan / pendangkalan Citranya. Bahkan ada yang memberi pernyataan kalau ‘Bakti’ dalam Agama Khonghucu adalah ‘senjata’ orang-tua untuk menekan putra-putrinya! Sungguh suatu kekeliruan besar dan kesalahan yang kaprah!

Oleh sebab-sebab seperti itulah, maka diperlukan pemahaman yang jernih akan perihal ‘Bakti’ ini dalam duduk permasalahannya yang lurus dan benar. Meletakkan ‘Bakti’ tetap dalam sendi utama Ajaran Agama Khonghucu tanpa menyimpang dari dasar & pokok Ajaran Agama Khonghucu sendiri.

Marilah kita renungkan dan pahami;

- Bangun huruf AGAMA →   Jiao (教) terdiri dari Tiga Bangun huruf   yaitu; (老 & 子 & 文); Dari uraian di atas dapat disimpulkan huruf (教) adalah: Gabungan dari Xiao (孝) dan Wen (文). Sedangkan Huruf Wen (文) sendiri mempunyai arti : Teori, Ajaran, Sastra, Budaya.

Maka Huruf Agama  (教  -  Jiao)  dapat disimpulkan / diartikan secara bebas adalah : Ajaran tentang bagaimana Menjunjung  / Memuliakan hubungan aspek kehidupan manusia sebagai kodrat yang difirmankanNya

Hal ini secara tegas tersirat dalam  Kitab Bakti  (孝 經 - Xiao Jing) Bab I : 4 dan berikutnya lihat Bab IX : 1

子 曰 : 夫 孝 德 之 本 也 ,  教 之  所 由 生 也
Zi Yue  : Fu  Xiao De  Zhi Ben Ye ,  Jiao Zhi Suo You  Sheng Ye

Nabi bersabda :
Sesungguhnya Laku Bakti itu ialah Pokok Kebajikan.
Dari situ Agama berkembang ......

子 曰 : 天 地 之 性 惟 人 為 貴 ,  人 之 行 莫 大 於 孝
Zi Yue: Tian Di Zhi Xing Wei Ren Wei Gui , Ren Zhi Xing Mo Da Yu Xiao
孝 莫 大 於 嚴 父 ,  嚴 父 莫 大 於 配 天
Xiao Mo  Da Yu  Yan  Fu ,  Yan  Fu  Mo  Da Yu  Pei Tian

Nabi bersabda:
Diantara watak-watak yang terdapat antara langit dan bumi, sesungguhnya manusialah termulia.
Diantara prilaku manusia tiada yang lebih besar daripada Laku Bakti.
Di dalam Laku Bakti tiada yang lebih besar daripada menaruh hormat dan memuliakan orangtua, dan hormat memuliakan orangtua itu
tiada yang lebih besar daripada selaras dan harmonis kepada Tuhan.

Betapa luas & dalam pengertian imani akan prilaku bakti itu, sudah terungkapkan makna hakekatnya melalui ayat diatas. Dalam pengamalan & penerapan bakti dikehidupan sehari-hari menurut ajaran Agama Khonghucu sungguh mencakup segala dimensi kehidupan manusiawi manusia ! Untuk itu dapatlah kita petik ayat berikut guna mengantar ke dalam gambaran pengamalan dan penerapan laku bakti;

KITAB  XIAO JING  (孝 經) I : 4

身 體 髮 膚 ,  受 之 父 母 , Shen Ti Fa Fu , Shou Zhi Fu Mu , 不 敢 毀 偒 孝 之 始 也
Bu Gan Hui Tang , Xiao Zhi Shi Ye
立 身 行 道 ,  揚 名 於 後 世 ,
Li Shen Xing Dao, Yang Ming Yu Hou Shi,
以 顯 父 母 孝 之 終 也
Yi Xian Fu Mu Xiao Zhi Zhong Ye
夫 孝 始 於 事 親 ,
Fu  Xiao Shi Yu  Shi Qin ,
中 於 事 君 ,  終 於 立 身
Zhong Yu  Shi Jun ,  Zhong Yu  Li Shen

.....  tubuh, anggota badan, rambut dan kulit, diterima dari orangtua (ayah dan ibu)
perbuatan tidak berani membiarkannya rusak, itulah permulaan Laku Bakti.
Menegakkan diri hidup melaksanakan Jalan Suci, meninggalkan Nama Baik di jaman kemudian,
sehingga memuliakan orangtua, itulah akhir dari Laku Bakti. Sesunguhnya Laku Bakti itu dimulai dengan mengabdi kepada orangtua, Selanjutnya mengabdi kepada pimpinan
dan akhirnya menegakkan diri

Dari ayat diatas dapatlah ditarik kesimpulan pengertian iman yaitu sesungguhnya  antara  manusia  &  Tuhan  itu  ada  orang-tuanya  (ayah  &  ibu). Dengan demikian Satya dan Taqwa kepada-Nya tidak bisa tidak dirangkaikan oleh Bakti kepada orang-tua.   ( 敬    天    尊   祖 - Jing   Tian   Zun   Zu), hormat akan Tuhan, memuliakan / menjunjung Leluhur

Lebih lanjut simak dan bandingkan dengan ;
Wu Lun (五 倫) dan San Da  De (三 達 德):


KITAB  XIAO JING  (孝 經) XII

子 曰 : 教 民 親 愛 莫 善 於 孝
Zhi Yue  : Jiao Min Qin Ai  Mo  Shan  Yu  Xiao

Nabi bersabda:
Mendidik rakyat untuk saling mengasihi tiada jalan lebih baik dari Laku Bakti.


KITAB  LI  JI  (禮 記) XXI ( II ) : 11


曾 子 曰 : Zeng Zi Yue  :
身 也 者 父 母 遺 體 也 , Shen  Ye Zhe  Fu  Mu  Yi  Ti Ye ,
行 父 母 之 遺 體 敢 不 敬 乎 ?
Xing Fu  Mu  Zhi Yi  Ti  Gan Bu Jing Hu ?
居 處 不 莊 非 孝 也 ,  事 君 不 忠 非 孝 也 ,
Ju  Chu Bu Zhuang Fei Xiao Ye ,  Shi Jun  Bu Zhong Fei Xiao Ye ,
蒞 官 不 敬 非 孝 也 ,  朋 友 不 信 非 孝 也 ,
Li  Guan Bu Jing ,  Fei Xiao Ye ,  Peng You  Bu  Xin  Fei Xiao Ye ,
戰 陣 無 勇 非 孝 也 , Zhan Zhen Wu Yong Fei Xiao Ye.
五 者 不 遂 烖 及 於 親 敢 不 敬 乎 ?
Wu Zhe Bu Sui Zai Ji Yu Qin Gan Bu Jing Hu ?

Cingcu berkata:
Tubuh dan diri ini ialah warisan ayah bunda; memperlakukan warisan ini , beranikah tidak penuh hormat (memuliakan)? Rumah tangga tidak diatur baik-baik, itu tidak berbakti;
Mengabdi pimpinan tidak setia, itu tidak berbakti;
Menjalankan Kewajiban dalam jabatan tidak sungguh-sungguh itu tidak berbakti; Dalam persahabatan tidak dapat dipercaya itu tidak berbakti;
Bertugas di medan peperangan tidak ada keberanian, itu tidak berbakti. Tidak melakukan lima perkara itu, berarti akan mencemarkan nama orangtua. Maka beranikah tidak bersungguh-sungguh?

Bahkan cinta (memelihara) lingkungan adalah prilaku Bakti ; Simak ayat berikut,


KITAB  LI  JI  (禮 記) XXI ( II ) : 13


曾 子 曰 : Zeng Zi Yue  :
樹 木 以 時 伐 焉 ,  禽 獸 以 時 殺 焉
Shu  Mu  Yi  Shi  Fa Yan , Qin Shou  Yi  Shi Sha Yan
夫 子 曰 : Fu  Zi Yue  :
斷 一 樹 ,  殺 一 獸 ,  不 以 其 時 ,  非 孝 也
Duan Yi  Shu ,  Sha Yi  Shou ,  Bu Yi  Qi  Shi ,  Fei Xiao Ye

Cingcu berkata:
Pohon-pohonan dipotong hanya bila tepat waktunya. Burung hewan dipotong hanya bila tepat pada waktunya. Nabi bersabda:
Sekali menebang pohon, sekali memotong hewan, tidak tepat pada waktunya, itu tidak berbakti.


Kalau kita kaji akan laku Bakti, sering orang menyempitkan dan merendahkan  citra  laku  Bakti,  dengan  anggapan  bahwa  laku  Bakti  hanya ditujukan pada orangtua. Dengan ayat diatas, diharapkan dapat memberi suatu gambaran akan pengamalan dan penerapan laku Bakti yang hakiki. Namun lepas dari itu , memang laku Bakti yang ditujukan pada orangtua merupakan awal dari pengamalan Bakti dalam kehidupan, lebih jelasnya lihat;


KITAB  XIAO JING  (孝 經) IX


不 愛 其 親 ,  而 愛 他 人 者 ,  謂 之 悖 德 .
Bu  Ai  Qi  Qin ,  Er  Ai  Ta Ren Zhe ,  Wei Zhi Bei De.
不 敬 其 親 ,  而 敬 他 人 者 ,  謂 之 悖 禮 .
Bu Jing Qi  Qin ,  Er Jing Ta Ren Zhe ,  Wei Zhi Bei  Li.

...maka bila orang tidak mencintai orangtuanya tetapi dapat mencintai orang lain, itulah kebajikan yang terbalik.
Tidak hormat kepada orangtua sendiri tetapi dapat hormat kepada orang lain, inilah kesusilaan terbalik....

Betapa  agung  dan  mulianya  laku  bakti  itu,  simak  ayat  berikut  dan bandingkan dengan lima kebajikan (五 常 -  Wu Chang).


KITAB  LI  JI  (禮 記) XXI ( II ) : 11


所 為 孝 也 已 ,  眾 之 本 教 曰 孝 .
Suo  Wei Xiao Ye  Yi , Zhong Zhi  Ben  Jiao Yue Xiao .
其 行 曰 養 ,  養 可 能 也 ,  敬 為 難 ,  敬 可 能 也 ,
Qi Xing Yue Yang ,  Yang Ke Neng Ye ,  Jing Wei Nan ,  Jing Ke Neng Ye ,
安 為 難 ,  安 可 能 也 ,  卒 為 難 ,  父 母 既 沒 ,  慎 行 其 身 .
An Wei Nan , An Ke Neng Ye , Zu Wei Nan , Fu Mu Ji Mei , Shen Xing Qi Shen.
不 遺 父 母 惡 名 ,  可 謂 能 終 矣 ,
Bu Yi  Fu  Mu  E Ming ,  Ke  Wei Neng Zhong Yi ,
仁 者 ,  仁 此 者 也 ,   禮 者 ,  履 此 者 也 ,  義 者 ,  宜 此 者 也 , Ren Zhe ,  Ren Ci Zhe Ye ,  Li Zhe ,  Lu Ci Zhe Ye ,  Yi Zhe ,  Yi Ci Zhe Ye , 信  者 ,  信 此 者 也 ,  強 者 ,  強 此 者 也 ,
Xin Zhe ,  Xin Ci Zhe Ye ,  Jiang Zhe ,  Jiang Ci Zhe Ye ,
樂 自 順 此 生 ,  刑 自 反 此 作 .
Le  Zi Shun  Ci Sheng ,  Xing Zi  Fan Ci Zuo .

Adapun laku Bakti itulah pokok dari segala pengajaran Agama.
Laku Bakti dilaksanakan dengan memberi perawatan,
di dalam kemampuan memberi perawatan yang sukar adalah;
adakah disertai rasa hormat? Dapat berlaku hormat, yang sukar :
adalah dapatkah memberi rasa tenteram sentosa?
Dapat memberi rasa tenteram sentosa ;
dapatkah melaksanakannya sampai wafat?
Setelah ayah bunda tiada, dapat hati-hati menjaga prilaku dirinya, tidak mengakibatkan nama buruk orangtua.
Demikianlah dapat dikatakan menunaikan kewajibannya. Cintakasih itulah Cintakasih didalam melaksanakan ini, kesusilaan itu ialah sopan santun di dalam melaksanakan ini. Kebenaran itu ialah kesadaran kewajiban melaksanakan ini.
Dapat dipercaya itu ialah dapat dipercaya di dalam melakukan ini
Perkasa itu ialah perkasa di dalam melaksanakan ini. Dan kebahagiaan itu ialah bila diri dapat melaksanakan ini dan hidup selaras dengan ini.
Dan hukuman itu dikenakan kepada diri yang bertentangan dengan ini


Namun laku Bakti bukan berbakti membuta menurut saja, akan tetapi sebaliknya, juga dituntut sikap untuk memperingatkan bila terjadi penyelewengan
/ penyimpangan atas laku Bajik (ingkar dari Jalan Suci)

KITAB  XIAO JING  (孝 經) XV


曾 子 曰 : 若 夫 慈 愛 ,  恭 敬 ,  安  親 ,  揚 名 ,  則 聞 命 矣
Zeng Zi Yue : Ruo Fu Ci Ai, Gong Jing, An Qin, Yang Ming Ze Wen Ming Yi
敢 問 子 從 父 之 令 ,  可 謂 孝 乎
Gan  Wen Zi Cong Zi  Ling ,  Ke  Wei Xiao Hu
子 曰 : 是 何 言 與 ,  是 何 言 與 ?
Zi Yue  : Shi  He Yan Yu ,  Shi  He Yan Yu  ?
昔 者 天 子 有 爭 臣 七 人 ,  雖 無 道 ,  不 失 其 天 下 ;
Xi Zhe Tian Zi You Zheng Chen Qi Ren ,  Sui Wu Dao ,  Bu Shi Qi Tian Xia ;
諸 候 有 爭 臣 五 人 ,  雖 無 道 ,  不 失 其 國 ;
Zhu  Hou  You  Zheng Chen Wu Ren ,  Sui Wu Dao ,  Bu Shi Qi  Guo ;
大 夫 有 爭 臣 三 人 ,  雖 無 道 ,  不 失 其 家 .
Da  Fu  You  Zheng Chen San Ren ,  Sui  Wu Dao ,  Bu Shi Qi  Jia .
士 有 爭 友 ,  則 身 不 離 於 令 名 ,
Shi You  Zheng You ,  Ze Shen Bu  Li  Yu  Ling Ming ,
夫 有 爭 子 ,  則 身 不 陷 於 不 義 ,  故 當 不 義 ,
Fu  You  Zheng Zi ,  Ze Shen  Bu  Xian Yu  Bu  Yi ,  Gu  Dang Bu Yi ,
則 子 不 可 以 不 爭 於 父 ,  臣 不 可 以 不 爭 於 君 ,
Ze Zi  Bu  Ke Yi  Bu Zheng Yu  Fu ,  Chen Bu  Ke Yi  Bu Zheng Yu  Jun ,
故 當 不 義 則 爭 之 ,  從 父 之 令 又 焉 得 為 孝 乎 ?
Gu Dang Bu Yi Ze Zheng Zhi, Cong Fu Zhi Ling You Yan De Wei Xiao Hu  ?

Cingcu bertanya:
murid telah mendengar jelas hal Kasih-mengasihi, hormat-menghormati,
memberi ketentraman kepada orangtua dan meninggalkan Nama Baik;
Kini memberanikan bertanya pula apakah seorang anak yang menurut saja kepada permintaan orangtuanya
dapat dinamai laku Bakti?

Nabi bersabda: Apa katamu? Apa katamu?
Pada jaman dahulu
terjadi seorang Raja yang mempunyai tujuh orang menteri yang berani memberi peringatan;
meski ia sampai ingkar dari Jalan Suci, tidak sampai kehilangan tahtanya.
Ada seorang pangeran yang mempunyai lima orang menteri yang berani memberi peringatan;
meski ia ingkar dari Jalan Suci tidak sampai kehilangan negerinya.
Ada seorang pembesar
yang mempunyai tiga pembantu yang berani memberi peringatan; meski ia ingkar dari jalan benar ; tidak sampai kehilangan kedudukannya. Seorang bawahan
bila mempunyai kawan yang berani memberi peringatan, niscaya tidak kehilangan Nama Baiknya;
Dan seorang ayah
yang mempunyai anak yang berani memberi peringatan, niscaya tidak sampai terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak benar; Seorang anak
tidak boleh tidak memberi peringatan kepada ayahnya dan seorang pembantu
tidak boleh tidak memberi peringatan kepada pemimpinnya. Maka didalam hal-hal yang tidak benar harus diberi peringatan, bagaimana seorang anak yang hanya menurut perintah ayahnya dapat dinilai berlaku berbakti?


Dalam memberi peringatan hendaknya lihat; Kitab Lun  Yu  (論 語) IV : 18

子 曰 : Zi Yue  :
事 父 母 幾 諫 ,  見 志 不 從 ,
Shi  Fu  Mu  Ji Jian ,  Jian Zhi Bu Cong ,
又 敬 不 違 ,  勞 而 不 怨 .
You  Jing Bu  Wei ,  Lao Er Bu  Yuan.

Nabi bersabda : Didalam melayani ayah bunda,
boleh memperingatkan (tetapi hendaknya lemah lembut).
Bila tidak diturut bersikaplah lebih hormat dan janganlah melanggar.
Meskipun harus bercapai lelah, janganlah menggerutu.


Jika Bakti ini telah dijalani dengan tepat, maka bukan saja sudah membuat kebajikan  untuk  dirinya  sendiri,  tetapi  juga  berarti  menepati  keselarasan  /
harmonis, sehingga bisa manunggal dengan Tian Di Ren  (天 地 人).

KITAB  XIAO JING  (孝 經) VII

曾 子 曰 : 甚 哉 ,  孝 之 大 也
Zeng Zi Yue  : Shen Zai ,  Xiao Zhi Da Ye
子 曰 : 夫 孝 ,  天 之 經 也 ,  地 之  義 也 ,  民 之 行 也
Zi Yue  : Fu  Xiao ,  Tian Zhi Jing Ye ,  Di  Zhi Yi  Ye ,  Min  Zhi Xing Ye
天 地 之 經 ,  而 民 是 則 之 , Tian  Di  Zhi Jing ,  Er Min Shi Ze Zhi ,
則 天 之 明 ,  因 地 之 利 ,  以 順 天 下 ,
Zhe Tian Zhi Ming ,  Yin Di  Zhi  Li ,  Yi  Shun  Tian Xia ,
是 以 其 教 不 肅 而 成 ,  其 政 不 嚴 而 治 .
Shi Yi  Qi  Jiao Bu Su  Er  Zheng ,  Qi  Chen Bu Yan Er Zhi .

Cingcu berkata: Sungguh besarlah makna laku Bakti!
Nabi bersabda:
Sesungguhnya Laku Bakti itu ialah Hukum Suci Tuhan, Kebenaran dari Bumi, dan yang (wajib) menjadi prilaku rakyat.
Hukum Suci Tuhan dan Kebenaran Bumi itulah yang menjadi suri tauladan rakyat.
Bila hal ini ( bakti ) diturut dunia,
Maka dalam pendidikan tidak diperlukan kekerasan akan berhasil; Dalam pemerintahan
tidak diperlukan kebengisan hukuman semuanya terselenggara.


KITAB  XIAO JING  (孝 經) XVI

子 曰 : 昔 者 明 王 事 父 孝 ,  故  事 天 明 ,
Zi Yue  : Xi  Zhe Ming  Wang Shi  Fu  Xiao ,  Gu  Shi Tian Ming ,
事 母 孝 ,  故 事 地 察 ,  長 幼 順 ,  故 上 下 治 ,
Shi Mu Xiao, Gu Shi Di  Cha, Chang You Shun ,  Gu  Shang Xia Zhi ,
天 地 明 察 ,  神 明 彰 矣 .
Tian Di  Ming Ji ,  Shen Ming Chang Yi .

Nabi bersabda:
Pada jaman dahulu Raja yang cerah batin mengabdi kepada ayahnya dengan Laku Bakti, demikianlah ia cerah batin mengabdi kepada Tuhan; Ia mengabdi kepada ibunya dengan Laku Bakti, demikianlah ia cermat mengabdi kepada Bumi; Antara yang tua dan muda dapat saling bersesuaian, maka teraturlah hubungan atasan dan bawahan. Dengan kecerahan batin mengabdi kepada Tuhan
dan dengan cermat mengabdi Bumi, maka berkah Tuhanpun datanglah!



Sumber dari : Tesis Xuan Dao Shi Bratayana Ongkowijaya, SE, XDS

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

DAK 25 Jam Jatim, Jateng, DIY 25 - 27 Desember

14-11-2017 Hits:245 Berita Foto

DAK 25 Jam Jatim, Jateng, DIY 25 - 27 Desember

DAK (Diklat Agama Khonghucu) bukan sekedar pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan rohaniwan saja

Read more

Pemuda Khonghucu Dari Berbagai Daerah Ikrar Di Hari Sumpah Pemuda.

28-10-2017 Hits:894 Berita Foto

Pemuda Khonghucu Dari Berbagai Daerah Ikrar Di Hari Sumpah Pemuda.

Bogor, 28 Oktober 2017, Ketua Panitia acara Js.Kuh Sambih dalam undangannya mengatakan bahwa kami pemuda Khonghucu pun harus mampu bergerak...

Read more

Gili Trawangan

25-10-2017 Hits:115 Berita Foto

Gili Trawangan

Pagi ini kami harus bangun pagi untuk menyeberang pulau kecil yakni Gili Trawangan.

Read more

Delapan Pesan Dari Jakarta Dalam Kongres Khonghucu Dunia

21-10-2017 Hits:240 Berita Foto

Delapan Pesan Dari Jakarta Dalam Kongres Khonghucu Dunia

"Membangun Harmoni dan Jalan Tengah untuk Mewujudkan Kesejahteraan dan Perdamaian Dunia" dihasilkan butir-butir pemikiran sbb :

Read more

Srikandi Gunung Sindur Berjoget

16-10-2017 Hits:135 Berita Foto

Srikandi Gunung Sindur Berjoget

Kebaktian di Makin Gunung Sindur minggu 15 Oktober 2017 dipenuhi umat di berbagai daerah di sekitarnya.

Read more

Mengajar Dan Kunjungan

25-09-2017 Hits:404 Berita Foto

Mengajar Dan Kunjungan

Pada tanggal 23 September 2017 saya mengajar S2 program M.Ag di UIN Syarif Hidayahtullah Jl.Cempaka Putih Tangerang Selatan Banten.

Read more

Dokumen Gili Iyang Dan Gili Labak Tour

11-09-2017 Hits:298 Berita Foto

Dokumen Gili Iyang Dan Gili Labak Tour

Perjalanan Tour Jalan Sehat Trawas menuju ke dua Pulau Gili Iyang dan Gili Labak.

Read more

Pertemuan Di Polda jatim

08-09-2017 Hits:234 Berita Foto

Pertemuan Di Polda jatim

Surabaya, 8 September 2017. Silaturahim Kapolda Jatim bersama Forum Kerukunan Umat Beragama dalam Rangka Harkamtibmas.

Read more

Tenaga Pendidik Khonghucu Di Pangkal Pinang

08-09-2017 Hits:176 Berita Foto

Tenaga Pendidik Khonghucu Di Pangkal Pinang

Kegiatan Peningkatan Kualitas Kompetensi Tenaga Pendidik Agama Khonghucu Tahun 2017 yang diadakan di Hotel Puncak Lestari Pangkal Pinang mulai tgl....

Read more

Js. Maria Berpulang

07-09-2017 Hits:719 Berita Foto

Js. Maria Berpulang

Berita berpulangnya Js.Maria Engeline sangat mengejutkan bagi kita semua

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 421-430

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Kegiatan Apa Yang Paling Anda Senangi Ketika Di Tempat Ibadah?

Berdoa / Sembahyang - 100%
Menyanyi / Bermain Musik - 0%
Mendengarkan Kotbah - 0%
Berdiskusi - 0%
Bertemu Teman-Teman - 0%

Total votes: 8
The voting for this poll has ended on: March 9, 2014

Who's Online

We have 93 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com