spocjournal.com

Cara Berpikir Otak Tengah Hubungannya Dengan Kitab Zhong Yong Dan Nilai Benefitnya

Pendahuluan

Otak manusia ternyata terbagi menjadi tiga bagian yakni  otak kiri, otak kanan dan otak tengah. Masing masing bagian memiliki fungsi berbeda tetapi saling bekerjasama untuk melakukan segala sesuatunya. Fungsi dan peran otak kanan adalah bertanggungjawab atas intuisi yang muncul dikepala kita. Sementara kebanyakan orang didominasi oleh otak kiri, penuh perhitungan, iri hati atau penuh kebencian biasanya muncul dari otak kiri. Jika otak kanan menjadi dominan, kita akan penuh rasa kasih dan mengandalkan perasaan ( Hartono : 16 ) . Sementara itu seorang dengan keseimbangan otak kanan dan kiri akan menjadi orang yang baik hati dan mengasihi orang lain ( Ren ).

Otak tengah menggabungkan logis otak kiri  dan kemampuan intuisi otak kanan menjadi intuisi yang sangat tepat. Otak tengah menjadi kapten dari otak kanan dan otak kiri .Hanya orang yang dominan otak tengahnya yang dapat mengontrol otak kanan dan otak kiri sekaligus. Otak tengah adalah bagian otak yang berfungsi membuat keseimbangan. Mereka yang mampu menyeimbangkan otak kiri dan kanan atau mereka yang ter-aktivasi otak tengahnya akan menjadikan seorang itu kreatif dan memiliki karakter positif, memiliki insting yang kuat ( meningkatkan daya intuisi)  , berprekdisi kedepan .

Kebudayaan manusia saat ini kurang memberi tempat kepada intuisi . Jika suatu keputusan dibuat berdasarkan intuisi, biasanya kita meragukan keabsaannya . Intuisi ini seringkali hanya dimanfaatkan di dunia supranatural.

Binatang banyak beroperasi menggunakan intuisi hal ini disebabkan otak tengah binatang masih aktif, otak secara cepat menganalisis menggunakan otak kiri, lalu menggabungkan dengan intuisi otak kanan. Oleh karenanya tidak heran jika binatang tiba tiba mengetahui kapan harus melakukan sesuatu. Seekor kijang bisa tiba tiba lari dengan kecepatan tinggi karena didorong oleh intuisi. Dia tidak melihat Harimau datang atau mencium baunya. Kadang intuisinya menyelamatkan nyawanya. Pada situasi  yang lain, intuisi harimau dapat membuatnya membawa makan malam bagi anak anaknya.

Kucing liar, anjing liar, dan binatang liar lain akan gelisah sebelum bencana alam datang. Tanpa sebab yang jelas mereka akan lari. Pada saat tsunami besar di Aceh atau di Jepang beberapa waktu lalu , dilaporkan binatang binatang liar ‘ menghilang “ dari daratan rendah dekat pantai . Mereka sudah mengungsi ke tempat yang lebih tinggi beberapa hari sebelum kejadian.

Sayang sekali banyak saudara kita malah bersuka cita ke laut karena air surut dengan cepat dan ikan ikan tertinggal di pantai . Ada beberapa orang yang berasal dari pulau kecil di ujung Aceh yang mendapat cerita turun temurun tentang kejadian tsunami. Ia mengetahui bahwa ada bahaya mengancam dan harus lari ke gunung . Para leluhurnya memberitahu bahwa jika air laut surut dengan cepat, mereka harus lari ke bukit. Pada saat itu, ia baru sampai di Banda Aceh dan tiba tiba air laut susut. Ia berteriak mengingatkan saudara dan teman temannya agar segera lari ke bukit. Namun ia malah ditertawakan oleh masyarakat sekitar. Tercatat tidak ada korban jiwa di pulau tempat ia berasal. Hal ini bukanlah intuisi , karena sudah ada masukan informasi sebelumnya. Namun, binatang liar, bertindak berdasarkan intuisi . Jika cuaca mendung, tetapi binatang masih santai santai di luar, berarti kita pun masih bisa bersantai. Namun , jika mereka mulai mencari perlindungan dari hujan, berarti akan ada hujan yang besar. Pada saat hujan turun , jika kita melihat burung, ayam, kucing, dan anjing keluar dari tempat berteduh , berarti hujan pasti akan berhenti. Intuisi binatang ini oleh Confucius ( Nabi Khongcu diistilahkan dengan “ tahu gelagat “. Ketika Nabi Khonghucu dalam suatu perjalanan menjumpai burung dari jarak jauh, beliau menggerakan tubuhnya , burung itu dengan cepat bergerak dan terbang . Itulah menunjukan bahwa burung ( binatang ) itu memiliki intuisi yang begitu tajam ( tahu gelagat ).


Keseimbangan ( Tengah Sempurna )

 Ajaran Khonghucu ( Confucius ) menekankan pada konsep kesimbangan hidup dalam menghadapi segala persoalan. Keseimbangan ini diilhami oleh Kitab Zhong  Yong ( Tiong Yong ) bahwa seorang yang hidup Tiong ( tengah ) akan terjadi kesejahteraan Agung  “ Bila dapat terselenggara Zhong He ( Tengah dan Harmonis), maka kesejahteraan akan meliputi langit dan bumi, segenap makhluk dan benda akan terpelihara” ( Zhong Yong Utama : 5 ) .

Hihup tengah sempurna itu tidak lebih dan tidak kurang atau sering disebut sebagai “ benar benar tepat “.Ukuran benar tepat itu bisa kita lihat dari pertanyaan Zi Gong tentang Zi Zhang dan Zi Xia kepada Confucius. Confucius menjawab, Shi ( Zi Zhang ) melampaui dan Shang ( Zi Xia ) kurang . Zhi Gong bertanya , “ dengan demikian kiranya Shi lebih baik,” Confucius , “ yang melampaui maupun yang kurang , keduanya belum mencukupi sayarat “ ( lun Yu XI : 16 ).. Seperti juga bahwa ketika kita memasak apapun, masakan yang terlalu asin ( kelebihan garam ) maupun yang kurang garam tidak enak dimakan. Untuk itu dibutuhkan masakan yang bumbu bumbu dan rasa asinnya tepat sehingga makanan lebih enak kita rasakan . Begitu pula kita lihat bahwa seorang yang penampilannya melebihi watak kepolosannya dikatakan gramor, sedang seorang yang watak kepolosannya melampaui penampilannya dikatakan udik. Seorang yang antara watak kepolosan dan penampilannya seimbang itulah yang dinamakan elegant ( Tepat Tengah Sempurna ). Gambaran diatas hendak menggambarkan bagaimana sesungguhnya seorang wanita cantik yang ideal menurut konsep ZHong Yong.

Konsep diatas apabila kita gunakan untuk menyeimbangkan dalam  penggunakan otak kiri dan otak kanan dengan istilah otak tengah, maka inilah yang disebut dengan konsep Zhong Yong . Otak kiri dan otak kanan yang Zhong Yong itulah terjadilah kesimbangan yang paling ideal yang mampu menjadikan manusia hidup dalam keseimbangan Agung  dimana orang tersebut secara spiritual akan lebih Cinta Kasih ( Ren ), positif Thingking , kreatif, suka menolong yang berarti pula telah menjadi ciri seorang Junzi sebab seorang Junzi hidup dalam Zhong Yong ( Tengah Sempurna) ( Zhong Yong BAB I : 1 ) .

Begitu pentingnya keseimbangan antara otak kiri dan kanan agar manusia mampu memprediksi kejadian yang akan datang, menjadikan manusia lebih bajik dan susila serta berbuat yang lebih baik . .

Olah raga, Pendalaman Kitab dan Sanjak sebagai penyeimbang

Seorang yang mampu meyeimbangkan antara otak kanan dan kiri dengan diimbangi oleh nilai nilai agama akan menjadikan seorang yang Ren dan sekaligus menjadi seorang Junzi. Mereka berperilalu baik ( puncak kebaikan ) tentu saja menjadi seorang yang mampu mengembangkan intuisinya dalam memprediksi kedepan dengan tepat dan benar. Penyeimbangan otak kiri dan otak kanan sudah jauh lama dipahami dalam ajaran Confucius perlunya pelatihan yang seimbang bagi seorang Junzi dengan mempelajari sanjak, pengetahuan Kitab ( termasuk ilmu pengetahuan) dan olah gerak fisik ( bermain kuda). Pelatihan fisik sangat penting agar badan menjadi sehat, sebab badan yang sehat akan menjadikan pikiran sehat pula. Pelatihan pisik dan ditambah dengan pengetahuan mental spiritual serta adanya sanjak dan music menjadikan manusia cepat mengembangkan dan menumbuhkan Xing ( Ren, Li, Yi, Yong ,Zhi dan Xin ) . Ini sangat masuk akal sebab ketika manusia jenuh dalam pekerjaan, mereka perlu penyeimbang music dan sanjak sebagai hiburan sekaligus mengasah perasaannya. Begitu pula sebaliknya ketika pikiran digunakan dan manusia memanjakan dirinya dengan hiburan ,maka disaat itulah manusia perlu adanya olah raga agar badan dalam kondisi fit . Dalam pengertian lain, Confucius telah meletakkan dasar dasar hidup yang seimbang antara bekerja, istirahat dan berolahraga serta bagaimana manusia menyempurnakan diri melalui ajaran agama. Apabila keseimbangan keseimbangan diatas dijalankan, tentu akan memposisikan manusia pada pola pikir otak tengah yang cenderung berbuat bajik.  

Aplikasi Kebijaksanaan dalam Zhong Yong dan berpikir Otak Tengah

             Konsep Zhong Yong  yang cenderung berpikir otak tengah akan mempengaruhi sikap dan tingkahlaku para pemimpin dalam pengambilan keputusan dan kebijaksanaan. Seorang yang memahami Zhong Yong akan lebih elastic dalam mengelola organisasi baik organisasi profit maupun organisasi non profit. Sementara bagi seorang pemimpin Negara yang memahami Zhong Yong lebih bersifat Nei-sheng Wai-wang . Pemimpin yang bercirikan demikian ini adalah suatu pemimpin yang bercirikan pada anggota masyarakat yang baik ( OCB = organisasional citicenship behavior ). Pemimpin Zhong Yong melihat permasalahan bukan sekedar hitam dan putih, bukan sekedar benar dan salah dan bukan pula ada kepemihakan.  Mereka melihat  dirinya dan lingkungan hidupnya harus terjadi keharmonisan agung. Sehingga dengan demikian tidak ada baginya suatu mungsuh dan sahabat , tidak ada pula parner dan pesaing yang ada adalah suatu hubungan yang saling memberikan keuntungan dan kebaikan. Konsep Zhong dapat  menyelesaikan masalah dan konflik bahkan bisa menjaga kedamaian dunia sebagai penengah. Konflik timur tengah dan peperangan berkepanjangan yang rumit  bisa dipecahkan melalui konsep Zhong. Konsep Zhong bukan sekedar “tengah” , tetapi kedua belah pihak yang konflik merasa saling bisa menerima. Zhong disini berarti ‘tepat” mengenai sasaran. Bagimana dengan kondisi real dilapangan konsep Zhong ini bermanfaat ? seorang manajer sebuah perusahaan akan menghadapi kendala tagihan kepada pelanggannya ketika tagihannya dianggap terlalu mahal . Dalam hal ini timbul konflik yang berpanjangan, maka seorang yang paham akan ini akan mengambil jalan keluar dengan memotong ( discount ) sebesar mungkin 5 atau 10 %. Kebijaksanaan semacam ini merupakan pertimbangan dalam berpikir Zhong.   

Kesimpulan

Masih perlu mengkaji lebih dalam lagi ajaran Zhong Yong untuk mengatasi permasalah kehidupan dewasa ini agar nilai nilai Zhong Yong bermanfaat dalam mengatasi permasalahan kehidupan manusia.

Daftar Pustaka

1/Sangkanparan Hartono,2010,Dasyatnya Otak Tengah Jadilah Anak Anda Cerdas Saat Ini Juga, Visimedia,Jakarta , Cetakan kesebelas.

2/.Lim Khung Sen,2010.  Hidup Bahagia dalam Jalan Suci,Gerbang Kebajikan Ru, Jakarta,cetakan Pertama .
Tulisan ini dimuat dalam Genta Harmoni,Edisi Kesembilanbelas,2012,Solo

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Silaturahmi Pengurus Matakin Di Hari Idul Fitri 1439 H Selama Tiga Hari

19-06-2018 Hits:25 Berita Foto

Silaturahmi Pengurus Matakin Di Hari Idul Fitri 1439 H Selama Tiga Hari

Bagi umat Islam, hari raya Idul Fitri adalah merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah puasa. Idul Fitri memiliki arti yang berkaitan...

Read more

Matakin Prov. DKI melaksanakan sembahyang Duan Yang di Kelenteng Kongmiao TMII

19-06-2018 Hits:104 Berita Foto

Matakin Prov. DKI melaksanakan sembahyang Duan Yang di Kelenteng Kongmiao TMII

Tanggal 5 bulan 5 Yinli (Kongzili) tahun ini jatuh pada tanggal 18 Juni 2018. Umat Khonghucu dari wilayah prov. DKI...

Read more

Perlunya Jeda

21-05-2018 Hits:214 Berita Foto

Perlunya Jeda

Pagi hari ini, kami sengaja berjalan di persawahan Ubud. Tidak sengaja kami berkenalan dengan peternak bebek yang sangat ramah.

Read more

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

12-05-2018 Hits:293 Berita Foto

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

Tanggal 08 Mei 2018 Gereja Keuskupan Agung Jakarta memperingati Hari Ulang Tahun yang ke 211 (08 Mei 1807 – 08...

Read more

Kebaktian Akbar Depok

30-04-2018 Hits:353 Berita Foto

Kebaktian Akbar Depok

Kebaktian spektakuler di Depok Jabar yang dihadiri 1000 umat lebih dengan pembicara Ws. Ir Budi ST, MM dan Ws. HT....

Read more

Tokyo Ke Jakarta

13-04-2018 Hits:295 Berita Foto

Tokyo Ke Jakarta

Perjalanan pulang dari airport Haneda Tokyo. Tidak terasa 1 minggu perjalanan di negara Sakura. Kenangan indah untuk dilupakan.

Read more

Menuju Ke Tokyo

12-04-2018 Hits:167 Berita Foto

Menuju Ke Tokyo

Setelah sarapan pagi di hotel Marusansou, kami menuju ke Karuizawa Factory Outlet yang merupakan factory outlet terbesar. 

Read more

Gasho Village

11-04-2018 Hits:135 Berita Foto

Gasho Village

Setelah semalam mandi onsen, tidur bisa nyenyak sekali sehingga badan menjadi segar. Pagi ini harus bangun pagi untuk siap siap...

Read more

Dari Kobe Menuju Nara

10-04-2018 Hits:151 Berita Foto

Dari Kobe Menuju Nara

Perjalanan dari Kobe munuju Nara. Ada tempat berbelanja di Naramachi. Sebelumnya rombongan menyempatkan diri ke Todaiji Temple sebuah kuil dibangun...

Read more

Negara Sakura

09-04-2018 Hits:169 Berita Foto

Negara Sakura

Tiba di Kanzai-Osaka pagi tanggal 7 April 2018. Udara waktu itu 11 derajat celcius. Sesampainya di airport langsung menuju Osaka...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 471-480

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Menurut Anda apa yang paling penting dilakukan saat Imlek ?

Bersembahyang leluhur - 0%
Menerima Angpao - 0%
Membeli baju baru - 0%
Sembahyang di Kelenteng - 0%
Berkunjung ke sanak-saudara - 0%

Total votes: 0
The voting for this poll has ended on: March 30, 2018

Who's Online

We have 17 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com