spocjournal.com

Iman dengan Unsur Jalan Suci (DAO) dalam Agama Khonghucu

 

Oleh: Angelin

Pendahuluan
Makhluk hidup diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa, Maha Pencipta segalanya. Terkadang manusia menganggap hidup didunia hanya sementara saja. Ada manusia yang hidup sesuai jalan kebenaran, tetapi ada juga manusia yang menentukan jalan hidupnya sendiri dengan tidak mengindahkan jalan kebenaran. Agama diciptakan untuk mengajarkan kebenaran atau menciptakan ajaran kedamaian dengan umatnya yang harus melakukan firman.

Tian Telah menciptakan manusia di dunia ini dengan dibekali Xing (Watak Sejati). Watak sejati adalah Roh Kebajikan asli yang diberikan Tian Kepada manusia yang berupa Ren, Yi, Li dan Zhi. Nilai-nilai asli itulah yang menjadikan manusia sempurna dibandingkan dengan makhluk lainnya baik tumbuhan atau hewan. Roh Kebajikan itu adalah Gen asli Tian untuk manusia. Dengan Roh Kebajikan itulah manusia sekaligus mengemban tugas Tian untuk mengawal dan menjaga Xing agar tetap seperti semula.

Namun demikianlah dalam kenyataan hidup manusia tidaklah bisa menjaganya dengan baik sehingga kadangkala manusia menyimpang dari perbuatannya sehingga Xing menjadi kotor, dan manusia lepas dari kontrol kehidupannya. Untuk mengembalikan Xing agar tidak kotor lagi maka manusia memerlukan bimbingan ajaran agama.1

Pembahasan

Definisi Iman
Menurut Xs. Tjhie Tjay Ing, iman merupakan kepercayaan atau keyakinan yang berhubungan dengan nilai-nilai keagamaan yang dipeluk oleh setiap insan. Iman atau CHENG yang mengandung makna “sempurnanya kata, batin dan perbuatan”, maka iman merupakan sikap atau suasana batin yang menunjukkan sempurnanya kepercayaan, keyakinan kepada Tian, Tuhan Yang Maha Esa, kepada Mu Dou atau Genta RokhaniNya serta Kebenaran Ajaran Agama yang dibimbingkan.2

Kepercayaan dan keyakinan akan kebenaran ajaran agama yang dipeluknya, seseorang yang beriman akan membina diri dengan sungguh-sungguh, sebulat tekad, dengan tulus dan jujur akan melaksanakan ajaran agamanya (hidup menempuh jalan suci atau Dao). Iman bukan hanya menyempurnakan diri sendiri tetapi melainkan juga menyempurnakan segenap wujud juga. Cinta kasih itulah penyempurnaan diri dan bijaksana itulah menyempurnakan segenap wujud.3

Jadi, kita memeluk suatu agama yang sudah kita imani bukan hanya karena faktor keturunan dikarenakan orang tua atau leluhur kita memang pada awal mulanya memeluk suatu agama tertentu, tetapi bagaimana kita yang menentukan, akankah kita berada di jalan yang sama dengan orang tua kita untuk memeluk sebuah agama yang akan kita imani. Kita mengimani suatu ajaran agama untuk mengamalkannya pada diri kita dan lingkungan sekitar. Sehingga hidup kita berada di jalan kebenaran yang tidak melenceng pada perbuatan yang dilarang oleh agama kita.

Unsur Iman Dalam Dao (Jalan Suci)
Tindakan dan perbuatan baik itu sudah terkandung dalam pengertian “Wei De Dong Tian” itu sendiri yang memiliki makna “Hanya dengan kebajikan saja Tian berkenan”. Memang Tian itu menyukai satu yakni kebajikan. Tian menjadikan manusia hidup didunia ini untuk berbuat bajik. Perbuatan bajik merupakan amanah dari Tian secara langsung.4
Menghubungkan salah satu unsur iman, maka saya memilih Dao yakni jalan suci, dibawah ini merupakan ayat yang mendukung.

Tengah Sempurna BAB XXIV IMAN (CHENG - SING) DAN DAO – TOO:
1. Cheng-Sing itu harus disempurnakan sendiri dan dao-too itu harus dijalani sendiri pula.
2. Chen - Sing itulah pangkal dan ujung segenap wujud. Tanpa Cheng - Sing, suatupun tiada. maka, seorang Junzi - Kuncu memuliakan Cheng - Sing.
3. Cheng - Sing itu bukan dimaksudkan selesai dengan menyempurnakan diri sendiri, melainkan menyempurnakan segenap wujud juga. Cinta kasih itu menyempurnakan diri dan bijaksana itu menyempurnakan segenap wujud. inilah kebajikan Xing - Sing dan inilah keesaan luar dalam dari pada dao - too. Maka setiap saat jangan dilalaikan.

Penjabaran ayat pada Kitab Tengah Sempurna Bab XXIV ayat 1-3 adalah iman itu harus disempurnakan sendiri dan jalan suci (dao) itu harus disempurnakan sendiri pula. Jadi kita sebagai siswa nabi harus mampu menyempurnakan dan menjalani jalan suci seorang diri. Karena jalan suci itu ada didalam diri kita. Caranya adalah dalam Tengah Sempurna Bab Utama Ayat 1 dikatakan:

“Firman Tian itulah watak sejati, hidup mengikuti watak sejati itulah dinamai menempuh jalan suci. Bimbingan untuk menempuh jalan suci itulah dinamai agama”.
Dua hal yang saya garis bawahi ialah “hidup mengikuti watak sejati itu dinamai menempuh jalan suci”, pada paparan ini adalah bagaimana kita mampu memperoleh iman. Dengan mengembangkan watak sejati. Lalu cara menempuh jalan suci itu harus dilalui sendiri pula. Maka penjelasannya ada pada bait berikutnya. “Bimbingan untuk menempuh jalan suci itulah di namai agama”. Maka setiap manusia di diwajibkan untuk memeluk agama masing-masing.

Sebelumnya dikatakan bahwa untuk memperoleh iman kita perlu mengembangkan watak sejati, watak sejati manusia berisi: cinta kasih, kebenaran, susila bijaksana dan akhirnya mampu untuk dapat dipercaya. Cinta kasih itulah hati manusia, jika kita mampu mengunakan cinta kasih dalam kehidupan, misalnya: mengajar anak-anak yang berkebutuhan khusus (penderita autisme) atau kaum miskin dengan memberikan pendidikan formal atau memberikan makanan. Demikianlah cinta kasih manusia. Kebijaksanaan, dengan belajar dari kehidupan yang kita jalani, maka kebijaksanaan adalah penjembatan antara cinta kasih dan kebenaran saat kita berinteraksi dengan kehidupan sosial. Dimana kita tidak hanya mampu memisahkan mana salah dan mana benar. Tapi mampu berbuat zhong (tengah). Maka inilah hal yang luar bisa dari iman itu sendiri. Menjadikan manusia mampu hidup di dalam cinta kasih dan kebijaksanaan. Mampu hidup selaras dengan jalan suci yang Tuhan firmankan.

Penutup

Kesimpulan
Maka dikatakan kita tidak boleh lalai dalam mengembangkan watak sejati kita. Tetapi harus selalu berusaha untuk selalu menerapkan dan menjalankan firman Tuhan di kehidupan ini. Serta selalu belajar dan belajar untuk mampu mengembangkan dan melaksanakannya dalam kehidupan. Agar jika mendapatkan yang tidak sesuai kita selalu tetap berada di jalan tengah untuk menghadapinya.

Daftar Pustaka

  • Dr. Drs. Ws. Kuncono, Ongky Setio, SH., M. M. “Wei De Dong Tian ; Jalan Menuju Tuhan: Sebuah Kumpulan Kotbah Minggu”. SPOC (Study Park Of Confucius), Sidoarjo, Cetakan I, 2017.
  • MATAKIN. 2016. “Kitab Si Shu (Kitab Yang Empat)”. PT. Sumber Agung Sejati, Jakarta.
  • Xs. Tjhie Tjay Ing. “Panduan Pengajaran Dasar Agama Khonghucu”. MATAKIN, Jakarta.

Catatan:

  1. Wei De Dong Tian ; Jalan Menuju Tuhan: Sebuah Kumpulan Kotbah Minggu, h 46.
  2. Panduan Pengajaran Dasar Agama Khonghucu, h177.
  3. Panduan Pengajaran Dasar Agama Khonghucu, h178.
  4. Wei De Dong Tian ; Jalan Menuju Tuhan: Sebuah Kumpulan Kotbah Minggu, h 21.

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Ketua Matakin Babel Turba Lagi

14-01-2018 Hits:187 Berita Foto

Ketua Matakin Babel Turba Lagi

Pengurus Matakin Prov Bangka Belitung, Dq. Tjhia Tet Hian, Dq. Suryanto Chandra, Js. Ngiat Hiung, Js. Jony Periady, dan beberapa...

Read more

Mengapa Ujian Rohaniwan Di Gunung Sindur ?

11-01-2018 Hits:214 Berita Foto

Mengapa Ujian Rohaniwan Di Gunung Sindur ?

Dalam khotbah Dr Ws.Ongky bercerita ketika nabi Konzi di negeri Chou mengatakan tiga hal yakni 1.dipadatkan 2. dimakmurkan 3. diberi...

Read more

Pembukaan Tahun Persatuan di Keuskupan Agung Jakarta

08-01-2018 Hits:395 Berita Foto

Pembukaan Tahun Persatuan di Keuskupan Agung Jakarta

Gereja Keuskupan Agung Jakarta, menyelenggarakan pembukaan tahun Persatuan secara serentak diseluruh penggembalaan gereja - gereja se-Keuskupan Agung Jakarta pada hari...

Read more

Ujian Terbuka Calon Rohaniwan

07-01-2018 Hits:300 Berita Foto

Ujian Terbuka Calon Rohaniwan

Ujian terbuka ini sudah pernah dilakukan di Pangkal Pinang Bangka Belitung dan menghasilkan rohaniwan sebanyak 6 rohaniwan dari 14 calon...

Read more

Rohaniwan Taat Asas

07-01-2018 Hits:128 Berita Foto

Rohaniwan Taat Asas

DAK Diklat Agama Khonghucu adalah salah satu program Matakin Pusat di bawah pengawasan Kabid Agama adalah progran pendidikan dan pelatihan...

Read more

DAK 25 Jam Jatim, Jateng, DIY 25 - 27 Desember

14-11-2017 Hits:704 Berita Foto

DAK 25 Jam Jatim, Jateng, DIY 25 - 27 Desember

DAK (Diklat Agama Khonghucu) bukan sekedar pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan rohaniwan saja

Read more

Pemuda Khonghucu Dari Berbagai Daerah Ikrar Di Hari Sumpah Pemuda.

28-10-2017 Hits:1018 Berita Foto

Pemuda Khonghucu Dari Berbagai Daerah Ikrar Di Hari Sumpah Pemuda.

Bogor, 28 Oktober 2017, Ketua Panitia acara Js.Kuh Sambih dalam undangannya mengatakan bahwa kami pemuda Khonghucu pun harus mampu bergerak...

Read more

Gili Trawangan

25-10-2017 Hits:176 Berita Foto

Gili Trawangan

Pagi ini kami harus bangun pagi untuk menyeberang pulau kecil yakni Gili Trawangan.

Read more

Delapan Pesan Dari Jakarta Dalam Kongres Khonghucu Dunia

21-10-2017 Hits:300 Berita Foto

Delapan Pesan Dari Jakarta Dalam Kongres Khonghucu Dunia

"Membangun Harmoni dan Jalan Tengah untuk Mewujudkan Kesejahteraan dan Perdamaian Dunia" dihasilkan butir-butir pemikiran sbb :

Read more

Srikandi Gunung Sindur Berjoget

16-10-2017 Hits:188 Berita Foto

Srikandi Gunung Sindur Berjoget

Kebaktian di Makin Gunung Sindur minggu 15 Oktober 2017 dipenuhi umat di berbagai daerah di sekitarnya.

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 451-460

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Kegiatan Apa Yang Paling Anda Senangi Ketika Di Tempat Ibadah?

Berdoa / Sembahyang - 100%
Menyanyi / Bermain Musik - 0%
Mendengarkan Kotbah - 0%
Berdiskusi - 0%
Bertemu Teman-Teman - 0%

Total votes: 8
The voting for this poll has ended on: March 9, 2014

Who's Online

We have 67 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com