spocjournal.com

Hadiah Ultah Ku Adalah Ujian Dalam Keluarga

Oleh: Dr. Drs. Ws. Ongky Setio Kuncono, SH, MM

Setelah tiga malam, empat hari bersenang senang dengan keluarga di Lombok, rupanya Tian telah menguji dengan cobaan baru sebagai hadiah yang harus disyukuri. Ujian Tian merupakan hal yang wajar dan harus kita hadapi dengan ketabahan. Kita yakin bahwa Tian ingin agar dengan ujiannya kita semakin kuat. Tidak diduga sehabis pulang dari Lombok istri saya harus masuk ke rumah sakit Premier di Nginden untuk menjalani pemeriksaan dan operasi usus buntu.

Kebahagiaan berganti dengan penderitaan yang merupakan perubahan secara cepat dan tidak kita sangkakan sebelumnya. Kali ini istri harus operasi dan tentu saja kami menjadi sibuk dengan urusan ini. Disaat saat yang sangat menegangkan ini, tiba-tiba saya dipanggil dokter untuk mengenakan pakaian operasi beserta perlengkapan baik topi maupun masker (penutum mulut). Saya dipertontonkan oleh dokter yang mengoperasi bahwa usus buntu sudah diambil, namun demikian ada semacam cairan keruh yang justru menyebar di usus lainnya sepanjang bagian bawah hingga atas. Kata dokter harus ada tindakan untuk pembersihan disekitar usus itu.Tentu saja dokter ijin kepada saya untuk memberikan persetujuan pembedahan lain selain usus buntu. Keputusan yang sangat cepat dibutuhkan. Maka melalui pertimbangan cepat pula saya serahkan kepada dokter yang menangani.

Saya tidak tahu apa yang akan terjadi ? Saya teringat oleh Ibu Neneng dari Tasikmalaya. Di pagi ceria ketika sarapan di salah satu hotel di Jakarta setelah menghadiri pernikahan Ayu anak Dr.Ws.Chandra Setiawan. Ibu Neneng sempat bercerita bahwa ketika serangan jantung menyerangnya, dia tidak ingat apa-apa. Tiba-tiba dia pasrah di ruang operasi. Dia hanya mengucapkan Wei De Dong Tian. Itulah kata kata yang diucapkan sepanjang tindakan medisnya. Dengan keyakinan itulah akhirnya ibu Neneng bisa sembuh kembali dan bisa aktif mengikuti kegiatan Khonghucu. Inilah kebesaran Tian katanya. Nyawa saya dipanjangka oleh Tian ucapannya dengan mantap.

Teringat cerita Ibu Neneng itulah saya bisikkan kepada istri saya agar selalu mengucapkan Wei De Dong Tian menjelang operasi dimulai. Saya juga berdoa dengan bahasa singkat yang mengarah pada Wei De Dong Tian. Kita yakin melalui kebajikan Tian akan memberikan kekuatan dan kesembuhan istri saya. Itulah kata-kata yang selalu saya ucapkan seperti yang juga pernah dialami oleh ibu Neneng.

Semoga istri saya cepat sembuh. Disaat saat yang sangat padat dimana jadwal khotbah dan kegiatan lainnya sedang ramai-ramainya, saat itulah istri saya sakit. Disaat saat dimana menjelang hari ulang tahun saya justru Tian menguji saya dalam ujian yang sangat berat.Tapi saya sadar bahwa ujian Tian pasti bisa diatasi dengan baik. Dengan modal Kebajikan, saya yakin semuanya akan baik- baik saja.

Siang itu setelah saya melihat pengambilan usus buntu dan dokter memperlihatkan ketidaknormalam lainnya pada bagian usus, ketika itu nafas saya menjadi sesak. Saya betul betul mual dan rasanya langkah kaki berat melangkah. Rupayanya mental saya diuji oleh Tian. Kontan saja maag saya kambuh dan saya harus bisa menghadapi cobaan ini. Melalui pernafasan panjang dan ucapan Wei De Dong Tian secara berlahan lahan kondisi emosional saya menjadi normal. Perut saya yang mual menjadi stabil seiring dengan stabilnya pernafasan saya. Itulah ujian Tian yang saya hadapi akhirnya bisa saya lewati dengan baik.

Mudah mudahan besok pagi dimana tugas saya untuk mengisi kabaktian Harlah Nabi di Boen Bio tetap bisa berjalan dengan baik. Saya tetap akan mengisi Boen Bio sebagai bagian dari tanggungjawab saya kepada umat Khonghucu. Tugas saya adalah bagaimana saya bisa tetap memperhatikan istri yang sedang sakit tanpa meninggalkan tugas suci yang sudah di jadwalkan jauh jauh.

Yang lebih penting lagi adalah saya syukuri setiap kejadian yang menimpa kapanpun datangnya. Keyakinan bulat saya adalah kita tetap menjadi umat yang bisa memberikan kontribusi positif kepada semua orang. Hanya dengan demikian meski hadiah ultahku adalah penderitaan, ku tetap bisa mensyukuri.Tian tidak marah kepada kita, melainkan Tian telah memberikan hal yang terbaik dalam hidup ini.

Terima kasih sebesar besarnya kepada Xs.Masari Saputra, salah satu sastrawan Khonghucu yang telah memberikan sanjak sanjaknya yang indah dalam bentuk huruf ONGKY SETIO KINCONO. Saya sangat bersyukur kepada Xs satu ini yang meskipun usianya sudah lumayan tua, beliau masih tetap berkarya. Apa yang telah diberikan kepada saya berupa puisi puisi bernafaskan Khonghucu sangat menginspirasi dan lebih penting Tian telah menukar penderitaan saya dengan puisi yang penuh dengan spirit baru.

Meski hadiah ultahku penderitaan, tapi Tian melalui tangan Xs.Masari Saputra telah menukarnya dengan kebahagian yang sangat dalam. Itulah kebesaran Tian yangbharus kita syukuri dalam keadaan apapun. (RS.Premier Nginden 20.30 WIB )

 

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Berita Kebaktian Chee It / Chuyi di Kongmiao TMII

17-07-2018 Hits:57 Berita Foto

Berita Kebaktian Chee It / Chuyi di Kongmiao TMII

Kebaktian Chee It / Chuyi di Kongmiao Jumat 13 Juli 2018 kali ini diisi dengan khotbah bertema menarik, yaitu "Rahasia...

Read more

Mengikuti Wisata Rohani Berziarah Ke Makam Nabi Kongzi Di Kota Qufu, 17-25 Juni 2018

06-07-2018 Hits:193 Berita Foto

Mengikuti Wisata Rohani Berziarah Ke Makam Nabi Kongzi Di Kota Qufu, 17-25 Juni 2018

Untuk yang ketiga kalinya penulis berkesempatan untuk berziarah dan mengunjungi makam nabi Kongzi di kota Qufu, pada perjalanan kali ini...

Read more

Kegiatan Jambore Penyuluh Agama Islam-Lintas Agama & Halal Bihalal 1439H

05-07-2018 Hits:180 Berita Foto

Kegiatan Jambore Penyuluh Agama Islam-Lintas Agama & Halal Bihalal 1439H

Kegiatan Jambore Penyuluh Agama Islam-Lintas Agama & Halal Bihalal 1439H di Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur bersama Menteri Agama.

Read more

Ketua MATAKIN DKI Jakarta Memimpin Doa Pada Acara Halal Bihalal 1439 H Dan HUT Ke 19 WKPUB DKI Jakar…

02-07-2018 Hits:178 Berita Foto

Ketua MATAKIN DKI Jakarta Memimpin Doa Pada Acara Halal Bihalal 1439 H Dan HUT Ke 19 WKPUB DKI Jakarta

Sabtu, 30 Juni 2018, Wadah Komunikasi & Pelayanan Umat Beragama (WKPUB) mengadakan acara Halal Bihalal 1439 H dan Hari Ulang...

Read more

Kebaktian Kelenteng "Kong Miao" Taman Mini Indonesia Indah

29-06-2018 Hits:121 Berita Foto

Kebaktian Kelenteng "Kong Miao" Taman Mini Indonesia Indah

Kelenteng Kong Miao Taman Mini Indonesia Indah yang terletak di kawasan Taman Mini Indonesia Indah setiap Chuyi (Chee It) dan...

Read more

Matakin Provinsi DKI Memperingati 3 Tahun Berpulangnya Xs. Tjandra Rahardja Muljadi Dan Ibu Oey Lauw…

25-06-2018 Hits:165 Berita Foto

Matakin Provinsi DKI Memperingati 3 Tahun Berpulangnya Xs. Tjandra Rahardja Muljadi Dan Ibu Oey Lauw Nio, Di Makin Jakarta Pusat

Hari Minggu tanggal 24 Juni 2018, bertempat di Litang Makin Jakarta Pusat Jalan Mangga Besar XIII Jakarta Pusat, Matakin Prov....

Read more

Bromo Saat Sekarang

20-06-2018 Hits:102 Berita Foto

Bromo Saat Sekarang

Liburan lebaran menjadikan gunung Bromo semakin ramai pengunjung. Sekitar 1000 kendaraan naik ke penanjakan, tentu saja membuat jalan macet.

Read more

INTI Menyatukan Suku Dan Agama Lewat Sahur Bersama Di Kalijodo

20-06-2018 Hits:87 Berita Foto

INTI Menyatukan Suku Dan Agama Lewat Sahur Bersama Di  Kalijodo

Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) melaksanakan Sahur Bersama Dra.Shinta Nuriyah Wahid M. Hum di RPTRA Kalijodo,

Read more

Silaturahmi Pengurus Matakin Di Hari Idul Fitri 1439 H Selama Tiga Hari

19-06-2018 Hits:59 Berita Foto

Silaturahmi Pengurus Matakin Di Hari Idul Fitri 1439 H Selama Tiga Hari

Bagi umat Islam, hari raya Idul Fitri adalah merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah puasa. Idul Fitri memiliki arti yang berkaitan...

Read more

Matakin Prov. DKI melaksanakan sembahyang Duan Yang di Kelenteng Kongmiao TMII

19-06-2018 Hits:157 Berita Foto

Matakin Prov. DKI melaksanakan sembahyang Duan Yang di Kelenteng Kongmiao TMII

Tanggal 5 bulan 5 Yinli (Kongzili) tahun ini jatuh pada tanggal 18 Juni 2018. Umat Khonghucu dari wilayah prov. DKI...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 471-480

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Menurut Anda apa yang paling penting dilakukan saat Imlek ?

Bersembahyang leluhur - 0%
Menerima Angpao - 0%
Membeli baju baru - 0%
Sembahyang di Kelenteng - 0%
Berkunjung ke sanak-saudara - 0%

Total votes: 0
The voting for this poll has ended on: March 30, 2018

Who's Online

We have 40 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com