spocjournal.com

Berkah Datang Kepada Orang Yang Jujur

Oleh: Dr. Drs. Ws. Ongky Setio Kuncono, SH, MM

Aruna, Senggigi, 24-10-2017, Beberapa hari lalu ketika Khotbah di Gunung Sindur, saya telah bercerita bagaimana seorang Junzi yakni anak anak Allah pandangan Khonghucu. Seorang Junzi tentu menjalankan agama dengan benar melalui Kebajikan, Wei De Dong Tian.

Seorang yang berkebajikan itu pasti banyak berkahnya. Seperti yang kita ketahui bahwa Khonghucu mengajarkan kita untuk menjadi seorang yang jujur. Anjuran jujur itu menjadi kunci dalam segala pergaulan baik terhadap teman maupun terhadap pelanggan bisnis. Orang yang mampu menerapkan kejujuran pasti akan sukses hidupnya.

Seorang yang jujur seperti salah satu Ketua Matakin provinsi. Katakanlah Mr.X , beliau membeli apartemen di jakarta sebesar Rp.950 juta.Tidak disangka bahwa Mr.X menggambil undian dan mendapatkan hadiah emas sebesar lebih dari harga apartemen yang dibelinya. Sungguh itulah berkah yang diberikan kepada Tian kepada umatnya yang jujur.

Kejujuran hati kita menjadi modal bagi kita dalam segala pergaulan. Kita akan diterima dimana saja kita berada. Banyak sahabat yang suka kepada kita. Saat ini melalui kejujuran yang sudah saya terapkan akhirnya saya dapat berlibur bersama keluarga. Kejujuran dalam persahabatan dan bisnis saya membuat rejeki datang sehingga dalam waktu yang sangat singkat saya mendapatkan keuntungan yang luar biasa. Kejujuran apa yang saya lakukan ?

Ketika saya jalan-jalan di Plaza Grand Indonesia, ada seorang mengeluarkan barang-barangnya dalam tas rangsel. Tidak diduga sebuah dompet besar dan tebal tertinggal di meja didepan saya duduk. Orang tersebut meninggalkan tempat entah kemana arahnya. Nampak uang dollar US beserta kartu kredit di dompetnya tertinggal begitu saja. Tentu saja dalam kondisi semacam itu secara umum orang akan menggambil kesempatan tersebut. Apabila saya mau maka adalah kesempatan yang paling memungkinkan untuk mengambil dompet tersebut. Saya teringat sabda Nabi Kongzi," jangan berikan hal yang tidak baik kepada orang lain" . Apabila saya mendapatkan rejeki sementara orang lain tidak berkenan maka hal tersebut tidak akan membawa berkah buat saya. Nabi juga mengingatkan bahwa " harta benda yang didapatkan dengan tidak halal bagai awan berlalu". Mengambil harta punya orang lain yang bukan haknya tidak akan menjadi kita bahagia.

Dalam kondisi semacam itulah saya berinisiatif untuk memberikan kepada Satpam. Kebetulan gak lama ada seorang datang mencari dompet, seorang berkebangsaan Korea. Saya sampaikan kalau dompet tersebut ada di kantor Plaza tersebut.

Akibat perbuatan jujur saya, maka setelah pulang dari Jakarta saya mendapatkan berkah rejeki yang jauh lebih besar. Uang berlimpah dari suatu bisnis dalam waktu yang sangat singkat. Sekarang saya semakin yakin bahwa seorang yang jujur akan mendapatkan berkah yang berlimpah. Itulah keyakinan yang merupakan ajaran Khonghucu bahwa seorang yang berkebajikan pasti panjang umur, sehat dan sukses .

Seperti juga Waras seorang kurban lumpur Lapindo Porong. Ia mendapatkan ganti rugi pertama sebesar 56 juta, namun tidak diduga Waras mendapatkan transfer sebesar 480 juta. Dia merasa uang tersebut bukan haknya maka dikembalikan. Katanya dia takut dosa. Baginya dengan uang sebesar itu tidak membuat dia bisa nikmat tidur. Akhibat kejujurannya dia bisa masuk TV bahkan mendapatkan uang ucapan terimakasih sebesar 40 juta. Baginya 40 juta lebih berkah dan bahagia.

Kejujuran merupakan bagian dari saripati ajaran Khonghucu, meski tidak masuk dalam Xing (Roh Kebajikan yakni Ren, Li, Zhi dan Yi), beberapa tokoh Khonghucu berpendapat bahwa kunci kejujuran banyak dibahas dan tersirat dalam Kitab Lun Yu.

Xin sebagai Kejujuran sangat penting artinya bagi kehidupan karena menyangkut juga harga diri manusia. Manusia yang tidak memiliki kejujuran dianggap sebagai hal yang memalukan. Oleh karena itu Mengzi menegaskan bahwa pemerintahan yang kuat itu dilandasi oleh 3 hal yakni (1) militernya kuat, (2) sandang pangan mencujupi, (3) kepercayaan rakyat ( pemerintah yang jujur). Semuanya tidak berarti bila kepercayaan rakyat alias pemerintah yang jujur tidak diperhatikan.

Meski bangsa Indonesia kaya akan sumber daya alam yang berlimpah tidak akan bisa membuat rakyatnya makmur apabila pemimpin- pemimpinnya tidak jujur. Kejujuran akan membuat negara dan rakyat kuat. Tak salah bila peringatan HUT TNI ke 72 dikatakan bila TNI dan rakyat bersatu, negara akan kuat. Negara akan kuat bila dilandasi kejujuran.

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Berita Kebaktian Chee It / Chuyi di Kongmiao TMII

17-07-2018 Hits:57 Berita Foto

Berita Kebaktian Chee It / Chuyi di Kongmiao TMII

Kebaktian Chee It / Chuyi di Kongmiao Jumat 13 Juli 2018 kali ini diisi dengan khotbah bertema menarik, yaitu "Rahasia...

Read more

Mengikuti Wisata Rohani Berziarah Ke Makam Nabi Kongzi Di Kota Qufu, 17-25 Juni 2018

06-07-2018 Hits:193 Berita Foto

Mengikuti Wisata Rohani Berziarah Ke Makam Nabi Kongzi Di Kota Qufu, 17-25 Juni 2018

Untuk yang ketiga kalinya penulis berkesempatan untuk berziarah dan mengunjungi makam nabi Kongzi di kota Qufu, pada perjalanan kali ini...

Read more

Kegiatan Jambore Penyuluh Agama Islam-Lintas Agama & Halal Bihalal 1439H

05-07-2018 Hits:180 Berita Foto

Kegiatan Jambore Penyuluh Agama Islam-Lintas Agama & Halal Bihalal 1439H

Kegiatan Jambore Penyuluh Agama Islam-Lintas Agama & Halal Bihalal 1439H di Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur bersama Menteri Agama.

Read more

Ketua MATAKIN DKI Jakarta Memimpin Doa Pada Acara Halal Bihalal 1439 H Dan HUT Ke 19 WKPUB DKI Jakar…

02-07-2018 Hits:178 Berita Foto

Ketua MATAKIN DKI Jakarta Memimpin Doa Pada Acara Halal Bihalal 1439 H Dan HUT Ke 19 WKPUB DKI Jakarta

Sabtu, 30 Juni 2018, Wadah Komunikasi & Pelayanan Umat Beragama (WKPUB) mengadakan acara Halal Bihalal 1439 H dan Hari Ulang...

Read more

Kebaktian Kelenteng "Kong Miao" Taman Mini Indonesia Indah

29-06-2018 Hits:121 Berita Foto

Kebaktian Kelenteng "Kong Miao" Taman Mini Indonesia Indah

Kelenteng Kong Miao Taman Mini Indonesia Indah yang terletak di kawasan Taman Mini Indonesia Indah setiap Chuyi (Chee It) dan...

Read more

Matakin Provinsi DKI Memperingati 3 Tahun Berpulangnya Xs. Tjandra Rahardja Muljadi Dan Ibu Oey Lauw…

25-06-2018 Hits:165 Berita Foto

Matakin Provinsi DKI Memperingati 3 Tahun Berpulangnya Xs. Tjandra Rahardja Muljadi Dan Ibu Oey Lauw Nio, Di Makin Jakarta Pusat

Hari Minggu tanggal 24 Juni 2018, bertempat di Litang Makin Jakarta Pusat Jalan Mangga Besar XIII Jakarta Pusat, Matakin Prov....

Read more

Bromo Saat Sekarang

20-06-2018 Hits:102 Berita Foto

Bromo Saat Sekarang

Liburan lebaran menjadikan gunung Bromo semakin ramai pengunjung. Sekitar 1000 kendaraan naik ke penanjakan, tentu saja membuat jalan macet.

Read more

INTI Menyatukan Suku Dan Agama Lewat Sahur Bersama Di Kalijodo

20-06-2018 Hits:87 Berita Foto

INTI Menyatukan Suku Dan Agama Lewat Sahur Bersama Di  Kalijodo

Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) melaksanakan Sahur Bersama Dra.Shinta Nuriyah Wahid M. Hum di RPTRA Kalijodo,

Read more

Silaturahmi Pengurus Matakin Di Hari Idul Fitri 1439 H Selama Tiga Hari

19-06-2018 Hits:59 Berita Foto

Silaturahmi Pengurus Matakin Di Hari Idul Fitri 1439 H Selama Tiga Hari

Bagi umat Islam, hari raya Idul Fitri adalah merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah puasa. Idul Fitri memiliki arti yang berkaitan...

Read more

Matakin Prov. DKI melaksanakan sembahyang Duan Yang di Kelenteng Kongmiao TMII

19-06-2018 Hits:157 Berita Foto

Matakin Prov. DKI melaksanakan sembahyang Duan Yang di Kelenteng Kongmiao TMII

Tanggal 5 bulan 5 Yinli (Kongzili) tahun ini jatuh pada tanggal 18 Juni 2018. Umat Khonghucu dari wilayah prov. DKI...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 471-480

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Menurut Anda apa yang paling penting dilakukan saat Imlek ?

Bersembahyang leluhur - 0%
Menerima Angpao - 0%
Membeli baju baru - 0%
Sembahyang di Kelenteng - 0%
Berkunjung ke sanak-saudara - 0%

Total votes: 0
The voting for this poll has ended on: March 30, 2018

Who's Online

We have 44 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com