spocjournal.com

Wei De Dong Tian Adalah Jalan Menuju Tian Sekaligus Jalan Keselamatan Bagi Umat Khonghucu

 

Oleh: Dr. Drs. Ws. Ongky Setio Kuncono, SH, MM

Keberanian mengambil kesimpulan bahwa Wei De Dong Tian adalah jalan menuju Tian sekaligus jalan keselamatan merupakan kesimpulan yang sangat penting. Sepanjang penulis mendalami agama Khonghucu nampaknya agama Khonghucu lebih mengutamakan bagaimana manusia hidup didunia ini mengisi kehidupannya dengan landasan tindakan benar melalui perbuatan baik.

Tindakan dan perbuatan baik itu sudah terkandung dalam pengertian Wei De Dong Tian itu sendiri. Wei De Dong Tian memiliki makna yang sangat dalam yakni Hanya dengan kebajikan saja Tian berkenan.Memang Tian itu menyukai dengan kebajikan. Tian menjadikan manusia hidup didunia ini untuk berbuat bajik. Perbuatan bajik itu adalah amanah dari Tian secara langsung.

Amanah Tian melalui Tian Ming dimana manusia memang diciptakan Tian sesuai dengan gen nya. Tian memberikan sifat-sifat asliNya kepada manusia. Tentu saja dalam rangka manusia menjaga dan merawat Xing (Roh Kebajikan ) pemberian Tian, manusia harus selalu membina diri dan belajar untuk hidup dalam Dao, berbuat baik, inilah sebenarnya ajaran Khonghucu

Ada beberapa alasan yang melandasi bahwa Tian menyukai Kebajikan.

Yang pertama (1) adalah bahwa tujuan dari kehidupan ini adalah mengisi kehidupan dengan kebajikan. Bagi mereka yang berbuat bajik tentunya mendapatkan Pahala dari Tuhan.Pahala akan diturunkan Tian bagi seorang yang berkebajikan

ORANG BAJIK MEMPEROLEH PAHALA
Tulus dapat DIPERCAYA, cerah dalam KEBENARAN, menjunjung tinggi KEBAIKAN, akan memperoleh PAHALA ( Shu Jing V.III : 10). Disamping pahala bahwa orang yang berkebajikan pasti banyak berkat, panjang usia,sukses dan nama baik .

JUNZI MENDAPAT BERKAH
Maka seorang yang mempunyai KEBAJIKAN besar niscaya mendapatkan KEDUDUKAN (SUKSES),mendapat BERKAH, mendapat NAMA dan mendapatkan PANJANG USIA ( Tengah Sempurna XVI : 2). Berkah dan pahala akan diturunkan Tian dan khusus diberikan Tian kepada mereka yang berkebajikan atau orang yang memiliki sikap dan perbuatan baik.Hal inilah yang menunjukan kepada kita bahwa memang Tian menyukai Kebajikan dan Tian akan berikan berkahnya kepada orang yang menjalankan kebajikan.

Yang ke 2 ( dua ) tujuan dari pelajaran agama ini menjadikan perubahan.Perubahan dari yang jelek menjadi baik,perubahan dari yang buruk menjadi yang baik. Adapun Jalan Suci yang dibawakan Ajaran Besar ini,ialah Menggemilangkan Kebajikan Yang Bercahaya ;mengasihi rakyat; dan berhenti pada PUNCAK BAIK ( Li Ji XXXIX, Da Xue 1 ). Tujuan agama adalah menjadikan setiap umatnya dan mengantarkan setiap umatnya untuk berhenti pada puncak baik.

Yang ke 3 (tiga) adalah tujuan akhir dari umat beriman itu adalah terjadinya perpaduan dimana manusia harus hidup secara spiritualitas dan secara religiusitas.Menjadi orang yang beriman dan memiliki sikap mental atau perbuatan baik. Maka tak salah bahwa setiap umat harus dipuncak Baik .Seorang yang dipuncak baik adalah juga di puncak Dao (Jalan Suci )yang tentu juga di puncak Kebajikan.

Maka dikatakan," Kalau bukan yang telah mencapai PUNCAK KEBAJIKAN , tidak akan dapat dia mencapai PUNCAK JALAN SUCI ( Zhong Yong BAB XXVI: 5)
.....Kebajikan yang mencapai PUNCAK KEBAIKAN ....(Da Xue BAB III : 4)
Hanya orang yang mencapai PUNCAK IMAN (ZHI CHENG) di dunia ini,dapat sempurna mengembangkan Watak Sejatinya.....melakukan peleburan .......Tritunggal dengan langit dan bumi (Zhong Yong BAB XXI : 1)

Yang ke 4 (empat), seorang yang di puncak kebaikan itu sekaligus di puncak Iman tentunya dia sudah manunggal dengan langit dan bumi, ia sudah dapat melakukan peleburan .Menurut pendapat saya bahwa seorang tersebut sudah bisa melakukan Tian, Di Ren. Perbuatan baiknya sudah mampu memadukan ketiga hal diatas. Ke atas melakukan hubungan baik dengan Tian melalui persembahyangan dan lebih penting adalah melakukan Firman Tian yang utama adalah berbuat dan bertingkah laku sesuai dengan yang Tian bimbingkan .

Sifat-sifat Tian Yuan, Heng, Li, Zhen menjadikan sifat sifat manusia yang merupakan pemberian Tian berupa Ren, Yi, Li , Zhi adalah bentuk dari Kebajikan yang harus dilakukan setiap manusia agar mampu berdiri di jalan Kebajikan. Roh Kebjikan pemberian Tian (Xing ) itulah yang merupakan sifat sifat Kebjikan yang harus dikembangkan oleh setiap umat manusia.

Tian Ming itulah yang menjadikan manusia untuk sujud dan sembahyang kepada Tian yang merupakan bagian dari Tian (dari 2 lainnya Di dan Ren).

Maka pemahaman Di adalah juga menuntut agar tiap insan harus juga melaukan PERBUATAN BAIK kepada lingkungan alam dan sekitarnya.Terhadap alam aharus menjaga kelestariannya dan terhadap hewan dan tumbuh tumbuhan harus menjaga agar harmonis. Upaya dan perbuatan baik itu adalah pencerminan dari DI. Sementara semua manusia juga harus menjalankan perbuatan baik terhadap sesama manusia (Ren). Untuk itulah konsep Tian Di Ren adalah juga mencerminkan bagi kita semua untul selalu berbuat bajik dan baik sehingga ketiga hal diatas menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Yang ke 5 (lima), mereka yang sudah di puncak Jalan Suci ,di puncak Kebaikan, juga di Puncak kebaikan adalah sudah dekat dengan Tian. Tentu saja bekal hidup kita yang cukup itu akan menjadikan kita bisa langsung menuju kepada Tian.Kita tidak perlu lagi menunggu disuatu tempat untuk menerima panggilan Tian.Melainkan kita langsung mampu menghadap kepada Tian secara langsung.

Penutup
Pada akhirnya bahwa tujuan hidup ini adalah menjadi manusia yang baik dan patuh pada Firman Tian. Bagi umat Khonghucu bahwa hidup ini perlu berbuat,melakukan tindakan yang benar didunia. Banyak orang beranggapan bahwa hidup didunia ini SEMENTARA.Memang didup ini sementara dan singkat, maka gunakan hidup yang singkat ini untuk BERKEBAJIKAN sehingga bermanfaat dan bermakna untuk MASA DEPAN.

Orang Khonghucu pada umumnya menganggap bahwa agama adalah KEHIDUPAN. Kehidupan ini merupakan AGAMA. Tujuan Agama bukan KEMATIAN,melainkan KEHIDUPAN yang merupakan masa depan. Mengingat bahwa HIDUP adalah menyangkut hari depan dan MATI adalah menyangkut hari yang lalu ( Li Ji I A.7.35 ).

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Silaturahmi Pengurus Matakin Di Hari Idul Fitri 1439 H Selama Tiga Hari

19-06-2018 Hits:25 Berita Foto

Silaturahmi Pengurus Matakin Di Hari Idul Fitri 1439 H Selama Tiga Hari

Bagi umat Islam, hari raya Idul Fitri adalah merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah puasa. Idul Fitri memiliki arti yang berkaitan...

Read more

Matakin Prov. DKI melaksanakan sembahyang Duan Yang di Kelenteng Kongmiao TMII

19-06-2018 Hits:104 Berita Foto

Matakin Prov. DKI melaksanakan sembahyang Duan Yang di Kelenteng Kongmiao TMII

Tanggal 5 bulan 5 Yinli (Kongzili) tahun ini jatuh pada tanggal 18 Juni 2018. Umat Khonghucu dari wilayah prov. DKI...

Read more

Perlunya Jeda

21-05-2018 Hits:214 Berita Foto

Perlunya Jeda

Pagi hari ini, kami sengaja berjalan di persawahan Ubud. Tidak sengaja kami berkenalan dengan peternak bebek yang sangat ramah.

Read more

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

12-05-2018 Hits:293 Berita Foto

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

Tanggal 08 Mei 2018 Gereja Keuskupan Agung Jakarta memperingati Hari Ulang Tahun yang ke 211 (08 Mei 1807 – 08...

Read more

Kebaktian Akbar Depok

30-04-2018 Hits:353 Berita Foto

Kebaktian Akbar Depok

Kebaktian spektakuler di Depok Jabar yang dihadiri 1000 umat lebih dengan pembicara Ws. Ir Budi ST, MM dan Ws. HT....

Read more

Tokyo Ke Jakarta

13-04-2018 Hits:295 Berita Foto

Tokyo Ke Jakarta

Perjalanan pulang dari airport Haneda Tokyo. Tidak terasa 1 minggu perjalanan di negara Sakura. Kenangan indah untuk dilupakan.

Read more

Menuju Ke Tokyo

12-04-2018 Hits:167 Berita Foto

Menuju Ke Tokyo

Setelah sarapan pagi di hotel Marusansou, kami menuju ke Karuizawa Factory Outlet yang merupakan factory outlet terbesar. 

Read more

Gasho Village

11-04-2018 Hits:135 Berita Foto

Gasho Village

Setelah semalam mandi onsen, tidur bisa nyenyak sekali sehingga badan menjadi segar. Pagi ini harus bangun pagi untuk siap siap...

Read more

Dari Kobe Menuju Nara

10-04-2018 Hits:151 Berita Foto

Dari Kobe Menuju Nara

Perjalanan dari Kobe munuju Nara. Ada tempat berbelanja di Naramachi. Sebelumnya rombongan menyempatkan diri ke Todaiji Temple sebuah kuil dibangun...

Read more

Negara Sakura

09-04-2018 Hits:169 Berita Foto

Negara Sakura

Tiba di Kanzai-Osaka pagi tanggal 7 April 2018. Udara waktu itu 11 derajat celcius. Sesampainya di airport langsung menuju Osaka...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 471-480

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Menurut Anda apa yang paling penting dilakukan saat Imlek ?

Bersembahyang leluhur - 0%
Menerima Angpao - 0%
Membeli baju baru - 0%
Sembahyang di Kelenteng - 0%
Berkunjung ke sanak-saudara - 0%

Total votes: 0
The voting for this poll has ended on: March 30, 2018

Who's Online

We have 84 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com