spocjournal.com

Upacara Ritual Yang Menyertai Hari Raya Imlek

 

Oleh: Ws. Li Tiang Hay

Hari Raya Imlek tidak bisa lepas dari upacara ritual. Upacara ritual merupakan kewajiban bagi umat Khonghucu  dalam  pelaksanaan Tahun Baru Imlek: 1. 15-12 Imlek. Sembahyang syukur memiliki makna bahwa kita sebagai umat manusia  mengucapkan terima kasih atas berkah dan kelimpahan  yang telah diberikan Tian kepada  kita. Kita semua telah melewati tahun ini dengan lancar meski ada suka dan dukanya, ada cobaan cobaannya dan akhirnya kita  semua telah mampu melampaui tahun sebelumnya dengan keadaan sehat berkat bimbingan Tian (Tuhan Yang Maha Esa). Dalam memasuki tahun baru ini selalu menyucikan hati dan bathin untuk melakukan sembah syukur dengan kebahagiaan.

Peribadatan Hari persaudaraan, 24-12 Imlek yang memiliki makna bahwa kita dilahirkan didunia ini memiliki kewajiban untuk berbagi. Hidup berbagi yang dilandasi dengan Ren menjadikan  manusia saling tolong menolong, saling  memberi sedekah kepada  warga yang kurang beruntung atau membagikan zakat kebajikan kepada  sesama umat yang membutuhkan. Sebagian masyrakat Tionghoa berkeyakinan pada hari ini perbuatan kita di hitung bagai  neraca hidup. Maka pada saat inilah saatnya kita bertobat dan ambil tindakan untuk memperbaiki diri, memohon kepada Tian agar mendapatkan pengampunan melalui amal dan berbuat Kebajikan. Keyakinan bahwa  pada hari ini  para sinbing "naik" menghadap Tian untuk melaporkan segala perbuatan manusia. Dalam hal ini juga ada upacara  kenaikan Kongco Co Kun.

Upacara sembahyang Gwan Tan/ tutup tahun 30-12 Imlek, Bermakna mengucapkan syukur kepada Tian dan para sinbing bahwa kita telah melewati tahun  ini dengan baik dan tentunya kita juga melakukan sembahyang pula kepada segenap para leluhur kita yangtelah mendahului kita.Sembahyang leluhur menurut Dr.Ws.Ongky adalah sarana belajar kita untuk bisa sembahyang kepada Tian disamping sebagai sarana bakti yang mendalam.

Sembahyang Tahun Baru Imlek,01-01 Imlik memiliki makna bahwa kita sebagai umat manusia mengucapkan syukur karena  kita telah memasuki tahun baru dengan keadaan utuh dan sehat maka  kita wajib melakukan upacara sembahyang  kepada Tian,leluhur dan para sinbing,dan setelah itu kita mengucapakn Gong Xie Xie Nian, Shen Die Ciang Khang, Wan She Ru Yi, artinya selamat tahun baru,sehat selalu dalam seribu masalah dapat  terselesaikan.Ucapan itu dilakukan kepada sabahat, saudara dan orang tua kita. Biasanya kita pai kwi kepada kedua orang tua kita.

 

Upacara sembahyang para sinbing turun/Co Kun " turun" 04-01 Imlik. Ini adalah keyakinan yang biasa dilakukan oleh umat kita di Kelenteng Kelenteng.

Sembahyang King Thi Kong 08/9-01 Imlik Bermakna bahwa manusia mengucap syukur dan  berjanji kepada Tian untuk melakukan lebih baik ditahun yang baru nanti. Selalu berprinsip untuk melakukan hal terbaik dalam menjalankan kehidupan dan menyongsong masa depan yang ceria. Serta meninggalkan jejak jejak negatif tahun sebelumnya sebagai pengalaman dan pembelajaran menuju ke arah lebih baik. Biasanya sembahyang ini  lakulan pada  watu jam 11 malam sampai 01 dini hari.

 

Upacara sembahyang Gwan Siao,15-01 imlik Memiliki makna bahwa  Tian memberikan Firman yang  pertama dalam  tahun  ini dimana diawali  sembahyang awal kehidupan,awal segalanya menuju aktvitas baru di tahun baru.

Profil Ws A Hay Pak Kik Bio

 

 

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Silaturahmi Pengurus Matakin Di Hari Idul Fitri 1439 H Selama Tiga Hari

19-06-2018 Hits:25 Berita Foto

Silaturahmi Pengurus Matakin Di Hari Idul Fitri 1439 H Selama Tiga Hari

Bagi umat Islam, hari raya Idul Fitri adalah merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah puasa. Idul Fitri memiliki arti yang berkaitan...

Read more

Matakin Prov. DKI melaksanakan sembahyang Duan Yang di Kelenteng Kongmiao TMII

19-06-2018 Hits:104 Berita Foto

Matakin Prov. DKI melaksanakan sembahyang Duan Yang di Kelenteng Kongmiao TMII

Tanggal 5 bulan 5 Yinli (Kongzili) tahun ini jatuh pada tanggal 18 Juni 2018. Umat Khonghucu dari wilayah prov. DKI...

Read more

Perlunya Jeda

21-05-2018 Hits:214 Berita Foto

Perlunya Jeda

Pagi hari ini, kami sengaja berjalan di persawahan Ubud. Tidak sengaja kami berkenalan dengan peternak bebek yang sangat ramah.

Read more

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

12-05-2018 Hits:293 Berita Foto

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

Tanggal 08 Mei 2018 Gereja Keuskupan Agung Jakarta memperingati Hari Ulang Tahun yang ke 211 (08 Mei 1807 – 08...

Read more

Kebaktian Akbar Depok

30-04-2018 Hits:353 Berita Foto

Kebaktian Akbar Depok

Kebaktian spektakuler di Depok Jabar yang dihadiri 1000 umat lebih dengan pembicara Ws. Ir Budi ST, MM dan Ws. HT....

Read more

Tokyo Ke Jakarta

13-04-2018 Hits:295 Berita Foto

Tokyo Ke Jakarta

Perjalanan pulang dari airport Haneda Tokyo. Tidak terasa 1 minggu perjalanan di negara Sakura. Kenangan indah untuk dilupakan.

Read more

Menuju Ke Tokyo

12-04-2018 Hits:167 Berita Foto

Menuju Ke Tokyo

Setelah sarapan pagi di hotel Marusansou, kami menuju ke Karuizawa Factory Outlet yang merupakan factory outlet terbesar. 

Read more

Gasho Village

11-04-2018 Hits:135 Berita Foto

Gasho Village

Setelah semalam mandi onsen, tidur bisa nyenyak sekali sehingga badan menjadi segar. Pagi ini harus bangun pagi untuk siap siap...

Read more

Dari Kobe Menuju Nara

10-04-2018 Hits:151 Berita Foto

Dari Kobe Menuju Nara

Perjalanan dari Kobe munuju Nara. Ada tempat berbelanja di Naramachi. Sebelumnya rombongan menyempatkan diri ke Todaiji Temple sebuah kuil dibangun...

Read more

Negara Sakura

09-04-2018 Hits:169 Berita Foto

Negara Sakura

Tiba di Kanzai-Osaka pagi tanggal 7 April 2018. Udara waktu itu 11 derajat celcius. Sesampainya di airport langsung menuju Osaka...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 471-480

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Menurut Anda apa yang paling penting dilakukan saat Imlek ?

Bersembahyang leluhur - 0%
Menerima Angpao - 0%
Membeli baju baru - 0%
Sembahyang di Kelenteng - 0%
Berkunjung ke sanak-saudara - 0%

Total votes: 0
The voting for this poll has ended on: March 30, 2018

Who's Online

We have 77 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com