spocjournal.com

Pengalaman Spiritual Hudiono Wijaya

Oleh: Hudiono Wijaya Gunawan

Pengalaman spiritual adalah bagian dari ajaran agama yang tidak bisa dipahami dengan hanya mendengar, melainkan melalui pemahaman iman. Sutu keyakinan yang tumbuh dan berkembang melalui proses pengalaman pribadi yang bisa menjadikan kekuatan dan menguatkan iman seseorang. Dalam hal ini seperti yang dikatakan Zi Gong ,” Ajaran guru tentang Kitab-Kitab dapat kuperoleh dengan mendengar, tetapi Ajaran Guru tentang Watak Sejati dan Jalan Suci Tian, tidak dapat kuperoleh (hanya) dengan mendengar”(Lun Yu V : 13). Ayat diatas menjelaskan kepada kita bahwa ada ajaran guru yang tidak bisa diterima dengan mendengar, melainkan hanya bisa diterima berdasarkan Iman atau keyakinan. Begitu pula pengalaman spiritual Hudiono Wijaya hanya bisa dipahami dengan keyakinan yang mendalam melalui iman khususnya Khonghucu ( Dr.Ws. Ongky Setio Kuncono,SH,SE,MM ).  

WddT Saya Hudiono Wijaya Gunawan No contact saya 081333333468 Asal kota Mojokerto Jatim,sekarang domisili di Ungaran barat, kota Ungaran jln Kalimasada 2 RT 02 RW IV.                         

Dengan segala hormat kepada para Xs,Ws,Js,Dq,  perbolehkan saya untuk memberikan pengalaman  bagaimana  saya bisa kembali menjadi umat Khonghucu yang setia. Awalnya saat Encek saya meninggal,dan kebetulan  anak-anak beliau tidak bisa menjaga peti /siupan, saya yang sudah terbiasa tidur larut malam,  maka saya menggantikan mereka untuk jaga hio dan lilin persembahyangan.

Pada malam pertama tidak terjadi sesuatu yang mengejutkan. Pada hari kedua seperti biasa saya sembayang untuk ganti hio dan potong sumbu lilin yang sudah panjang dan selalu saya keliling siupan.  Pada malam kedua itu tiba-tiba  mata saya terfokus  pada foto Encek saya dan melihat foto itu seperti orang sedih padahal saya tau  foto itu dibuat pada saat beliau bersuka-cita, maka saya memeberanikan diri  bertanya kepada Encek mengapa kok sedih? Disaat itu saya duduk di kursi dekat meja sembahyang yang memang saya siapkan sebelumnya. Tiba-tiba saya mendengar suara Encek memanggil  saya tiga kali (3x). Dan. Saya  langsung bertanya mengapa Encek memanggil saya ? Lalu terjadilah dialog dengan beliau (encik). Beliau menyebut  nama seseorang yang tidak pernah saya dengar sebelumnya dan mengatakan tentang   kacamata, notes, juga bolpoint yang tertinggal di laci. Pada kesesokan hari setelah ada yang  menggantikan saya jaga,  saya  pulang dan mampir ke rumah ortu saya. Saya bercerita kepada  mama  tentang  nama yang disebutkan oleh Encek semalam. Dan mama saya memberitahu bahwa nama yang saya sebutkan  adalah mertua dari bapak Ong Boen Liong ( ketua Sakin Mojokerto). Setelah itu saya kerumah Encim dan saya katakan kalau semalam Encek meminta kacamata, notes, bolpoint yang tertinggal di laci meja toko. Ketika itu Encim langsung membuka laci toko dan  ternyata menemukan barang-barang tersebut yang baru dibelikan tidak dimasukan  dalam siupan. Dengan terheran-heran   dan  bingung Encim bertanya bagaimana caranya agar bisa memasukkan barang barang itu ke dalam siupan. Saya memberikan solusi untuk melakukan sembayang untuk mengantar  barang-barang  yang tertinggal tersebut.

Pada malam ketiga seperti biasa saya jaga, tiba-tiba saya diajak Encek untuk bertemu  Emak,dan Engkong saya, ternyata saya melihat Emak dan Engkong, Encek saya yang telah meninggal, ada seorang lagi yang tidak saya kenal sama sekali kebetulan  duduk di meja bundar menyambut kedatangan Encek dan makan bersama.
Pada pagi hari  setelah ada yang menggantikan saya jaga, saya langsung menuju rumah orang tua  untuk menceritakan semuanya kepada mama.

Dari pengalaman spiritual saya pada beberapa malam  itu akhirnya menjadikan keyakaninan yang mendalam untuk kembali ke Kelenteng, Apa  yang saya pahami selama ini ternyata tidak benar. Mulanya saya mengganggap    bahwa orang yang telah meninggal langsung masuk surga seperti yang dijanjikan oleh keyakinan sebelumnya ternyata saya menyaksikan dengan iman  dan keyakinan   bahwa  ternyata keluarga saya kumpul jadi satu di rumah di alam Xian Tian. Sekarang saya sadar bahwa betapa pentingnya sembahyang kepada leluhur sebagai bagian dari penghormatan kita kepada orang yang telah meninggalkan kita. Melalui sembahyang dan merawat dengan ketulusan, Tian memberi petunjuk dan saya bisa melakukan komunikasi dengan leluhur saya yang betul betul nyata.   Sekian kesaksian saya, Semoga dapat menjadi kekuatan Iman kita khususnya  Iman Ru dan senantiasa Huang Thian selalu bersama kita. Shanzai .

Renungan Ayat
Nabi Kongzi bersabda,” Terhadap orang yang telah mati, bila memperlakukannya benar-benar sama sekali sudah mati, itu tidak berperi Cinta Kasih, maka jangan dilakukan. Terhadap orang yang sudah mati, memperlakukannya seperti benar benar masih hidup, itu tidak bijaksana dan janganlah dikerjakan….”(Kitab Li Ji II A. II : 3 ,p 74 )

 

 

 

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

DAK 25 Jam Jatim, Jateng, DIY 25 - 27 Desember

14-11-2017 Hits:499 Berita Foto

DAK 25 Jam Jatim, Jateng, DIY 25 - 27 Desember

DAK (Diklat Agama Khonghucu) bukan sekedar pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan rohaniwan saja

Read more

Pemuda Khonghucu Dari Berbagai Daerah Ikrar Di Hari Sumpah Pemuda.

28-10-2017 Hits:955 Berita Foto

Pemuda Khonghucu Dari Berbagai Daerah Ikrar Di Hari Sumpah Pemuda.

Bogor, 28 Oktober 2017, Ketua Panitia acara Js.Kuh Sambih dalam undangannya mengatakan bahwa kami pemuda Khonghucu pun harus mampu bergerak...

Read more

Gili Trawangan

25-10-2017 Hits:140 Berita Foto

Gili Trawangan

Pagi ini kami harus bangun pagi untuk menyeberang pulau kecil yakni Gili Trawangan.

Read more

Delapan Pesan Dari Jakarta Dalam Kongres Khonghucu Dunia

21-10-2017 Hits:261 Berita Foto

Delapan Pesan Dari Jakarta Dalam Kongres Khonghucu Dunia

"Membangun Harmoni dan Jalan Tengah untuk Mewujudkan Kesejahteraan dan Perdamaian Dunia" dihasilkan butir-butir pemikiran sbb :

Read more

Srikandi Gunung Sindur Berjoget

16-10-2017 Hits:158 Berita Foto

Srikandi Gunung Sindur Berjoget

Kebaktian di Makin Gunung Sindur minggu 15 Oktober 2017 dipenuhi umat di berbagai daerah di sekitarnya.

Read more

Mengajar Dan Kunjungan

25-09-2017 Hits:422 Berita Foto

Mengajar Dan Kunjungan

Pada tanggal 23 September 2017 saya mengajar S2 program M.Ag di UIN Syarif Hidayahtullah Jl.Cempaka Putih Tangerang Selatan Banten.

Read more

Dokumen Gili Iyang Dan Gili Labak Tour

11-09-2017 Hits:312 Berita Foto

Dokumen Gili Iyang Dan Gili Labak Tour

Perjalanan Tour Jalan Sehat Trawas menuju ke dua Pulau Gili Iyang dan Gili Labak.

Read more

Pertemuan Di Polda jatim

08-09-2017 Hits:246 Berita Foto

Pertemuan Di Polda jatim

Surabaya, 8 September 2017. Silaturahim Kapolda Jatim bersama Forum Kerukunan Umat Beragama dalam Rangka Harkamtibmas.

Read more

Tenaga Pendidik Khonghucu Di Pangkal Pinang

08-09-2017 Hits:188 Berita Foto

Tenaga Pendidik Khonghucu Di Pangkal Pinang

Kegiatan Peningkatan Kualitas Kompetensi Tenaga Pendidik Agama Khonghucu Tahun 2017 yang diadakan di Hotel Puncak Lestari Pangkal Pinang mulai tgl....

Read more

Js. Maria Berpulang

07-09-2017 Hits:740 Berita Foto

Js. Maria Berpulang

Berita berpulangnya Js.Maria Engeline sangat mengejutkan bagi kita semua

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 421-430

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Kegiatan Apa Yang Paling Anda Senangi Ketika Di Tempat Ibadah?

Berdoa / Sembahyang - 100%
Menyanyi / Bermain Musik - 0%
Mendengarkan Kotbah - 0%
Berdiskusi - 0%
Bertemu Teman-Teman - 0%

Total votes: 8
The voting for this poll has ended on: March 9, 2014

Who's Online

We have 36 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com