spocjournal.com

Alam Manusia Dan Tarekat (DAO)

Oleh: Prof.Dr.Dr.Dr.Lee T Oei

 

 

 

Bila jalan yang dikehendaki Tuhan diikuti oleh manusia, akan terjadi keharmonisan agung yang memenangkan dunia dan memperoleh surga (Dr.Setio Kuncono,SH,SE,MM ).

Dalam banyal hal-ihwah, pikiran Mencius lebih lanjut ketimbang Konfucius. Mencius tegas menyatakan, bahwa alam manusia baik. Beliau menganjurkan cara-cara tertentu mempelihara pikiran. MaknaTuhan YME dalam pikiran. Beliau kehilangan watak –perorangan. Apalagi, pikiran Beliau telah diterima angkatan-angkatan kemudian yang mewakili garis satpathagami (ordoks) pikiran Konfuciani.

Hsun Tzu, hidup pada akhir ahala Chou, membantah pikiran Mencius tentang alam dan pikiran manusia, bahwa alam manusia jahat. Ia mengambil tafsir alamiah terhadap alam manusia. “Sebaliknya menghormati Tuhan YME sebagai besar dan mengagumkan, mengapa tidak menguasaiNya dan mengaturNya sebagai sesuatu benda? Sebaliknya patuh dan puji-nyanyian pada Tuhan YME, mengapa tidak menguasai amanatNya dan menggunakanNya ?.Tuhan YME, bagi Hsun Tzu, adalah semboyan tatanan alamiah murni yang sempurna kehilangan pengertian nisprapanca (transendens). Pikiran Hsun Tze mungkin dekat dengan pandangan ilmiah mutakhir. Tetapi pikirannya dikutuk khalayak-ramai sebagai tidak satpathagmi (ortodoks), karenanya hanya mempunyai pengaruh amat sedikit, hampir tidak samasekali, terhadap Agama Konfuciani yang pokok.

Sesudah Mencius, segi agama pikiran Konfucius lebih lanjut berkembang didalam. Kitab Tengah Sempurna dan Uraian Kitab Perubahan. Kitab Tengah Sempurna adalah salah satu bab didalam Kitab Upacara. Menurut penuturan terah-tumerah. Kitab Tengah Sempurna ditulis Tzu-Szu, cucu Konfucius, yang menjadi guru dan guru Mencius. Manakala seseorang membandingkan isinya dengan Mencius, betapapun, ia dapat melihat, bahwa kitab itu perkembangan lebih lanjut pikiran Mencius. Buram (konsep) kejujuran yang telah dikembangkan didalam azas agama Kitab Tengah Sempurna, hanya sedikit disinggung didalam Mencius. Dari sebab itu, penulis berpendapat, bahwa itu dalam bentuk sempurna terlahir sesudah Mencius . Kitab Perubahan, salah satu Lima Kitab Bahari Agama Konfucius, asal mula kitab ramalan. Tetapi dalam sesuatu uraian tentang kitab itu, yang barangkali ditulis pengikit –pengikut Konfucius, wawasan –wawasan jagadsuthi (kosmologi) dan kesusilaan berkembang-biak, dan merupakan sumber kaya-raya bagi kajian Agama konfuciani. Kitab Ajaran Besar, lain bab penting dalam Kitap Upacara, tidak diterapkan di dalam makalah ini, karena tidk khusus menyinggung judul perbincangan.

Bab Utama Kitab Tengah Sempurna berbunyi: “Firman Tuhan YME itulah dinamakan watak sejati (alam manusia). Hidup mengikuti watak sejati itulah dinamai menempuh Jalan Suci (Tarekat). Bimbingan menempuh Jalan Suci itulah dinamai agama. Jalan Suci itu tidak boleh terpisah biar sekejap-pun. Yang boleh terpisah, itu bukan Jalan Suci. Maka seorang susilawan hati –hati teliti kepada Dia yang tidak kelihatan, khawatir takut kepada Dia yang tidak terdengar. Tiada yang lebih tampak daripada Yang Tersembunyi itu, tiada yang lebih jelas daripada Yang Terlembut itu. Maka seorang susilawan Hati –hati pada waktu seorang diri.

Bahwasanya alam manusia baik, menjadi sifat ajaran kitab tersebut diatas, dan penekanan keras atas pendidikan dan tatatertib, terus –menerus dilaksanakannya. Tetapi ada yang nyolok-mata disini adalah penegasan terhadap tarekat. Tarekat manusia dan tarekat Tuhan YME yang berhubungan satu sama lain. Kitab Tengah Sempurna mengajarkan, bahwa kesetimbangan adalah dasar agung dunia dan keselarasan tarekat semesta. Bila kesetimbangan dan keselarasan diwujudkan pada derajat tinggi, surga dan dunia akan memperoleh sepantas tatanan mereka dan segala segala sesuatu akan makmur berkembang. Manusia adalah satu-satunya makhluk hidup didunia yang dapat sadar sendiri ketanggung-jawab ikut –serta dalam penataran (proses) alam semesta. “Kejujuran adalah tarekat Tuhan YME. Berpikir bagaimana menjadi jujur adalah tarekat manusia . Buran (konsep) kejujuran (ch’ eng).g yang hanya sepintas-lalu disinggung Mencius telah dikembangkan menjadi azas agama.

“Karenanya, kejujuran mutlak tiada hentinya, maka lestari. Sebab lestari, terbukti. Sebab terbukti, tidak berbatas. Sebab tidak terbatas, luas dan dalam. Sebab luas dan dalam, tinggi dan gilang gemilang, membayangi segala sesuatu. Sebab tidak terbatas dan abadi, dapat menyempurnakan segala sesuatu. Sebab luas dan dalam, itu adalah tandingan dunia. Sebab tinggi dan gemilang itu, itu serasi dengan Tuhan YME. Sebab tidak terbatas dan lestari, sempurna. Demikianlah alamnya, maka menjadi terkemuka tanpa pamer, menghasilkan perubahan tanpa gerak, dan menjangku akhir tanpa tindak.
Wacana diatas dapat dianggap sebagai tulisan tentang azas agama tertinggi ditinjau dari sudut pandangan Konfuciani. Bagi manusia, ia harus berikhtiar mengembangkan kejujuran mutlak dalam alamanya.

“Hanya mereka yang mutlak jujur dapat penuh mengembangkan alam mereka. Kalau merekaq dapat penuh mengembangkan alam mereka, lalu mereka dapat penuh mengembangkan alam orang-orang lain, lalu mereka dapat penuh mengembangkan alam segala sesuatu. Kalau mereka dapat penuh mengembangkan alam segala sesuatu, lalu mereka dapat membantu dalam penataran (proses) pengubahan-bentuk dan pemelihara surga dan dunia. Kalau mereka dapat membantu dalam penataran pengubahan-bentuk dan pemeliharaan surga dan dunia, dengan demikian mereka dapat membentuk tritunggal dengan surga dan dunia.

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Silaturahmi Pengurus Matakin Di Hari Idul Fitri 1439 H Selama Tiga Hari

19-06-2018 Hits:25 Berita Foto

Silaturahmi Pengurus Matakin Di Hari Idul Fitri 1439 H Selama Tiga Hari

Bagi umat Islam, hari raya Idul Fitri adalah merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah puasa. Idul Fitri memiliki arti yang berkaitan...

Read more

Matakin Prov. DKI melaksanakan sembahyang Duan Yang di Kelenteng Kongmiao TMII

19-06-2018 Hits:104 Berita Foto

Matakin Prov. DKI melaksanakan sembahyang Duan Yang di Kelenteng Kongmiao TMII

Tanggal 5 bulan 5 Yinli (Kongzili) tahun ini jatuh pada tanggal 18 Juni 2018. Umat Khonghucu dari wilayah prov. DKI...

Read more

Perlunya Jeda

21-05-2018 Hits:215 Berita Foto

Perlunya Jeda

Pagi hari ini, kami sengaja berjalan di persawahan Ubud. Tidak sengaja kami berkenalan dengan peternak bebek yang sangat ramah.

Read more

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

12-05-2018 Hits:294 Berita Foto

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

Tanggal 08 Mei 2018 Gereja Keuskupan Agung Jakarta memperingati Hari Ulang Tahun yang ke 211 (08 Mei 1807 – 08...

Read more

Kebaktian Akbar Depok

30-04-2018 Hits:354 Berita Foto

Kebaktian Akbar Depok

Kebaktian spektakuler di Depok Jabar yang dihadiri 1000 umat lebih dengan pembicara Ws. Ir Budi ST, MM dan Ws. HT....

Read more

Tokyo Ke Jakarta

13-04-2018 Hits:295 Berita Foto

Tokyo Ke Jakarta

Perjalanan pulang dari airport Haneda Tokyo. Tidak terasa 1 minggu perjalanan di negara Sakura. Kenangan indah untuk dilupakan.

Read more

Menuju Ke Tokyo

12-04-2018 Hits:167 Berita Foto

Menuju Ke Tokyo

Setelah sarapan pagi di hotel Marusansou, kami menuju ke Karuizawa Factory Outlet yang merupakan factory outlet terbesar. 

Read more

Gasho Village

11-04-2018 Hits:135 Berita Foto

Gasho Village

Setelah semalam mandi onsen, tidur bisa nyenyak sekali sehingga badan menjadi segar. Pagi ini harus bangun pagi untuk siap siap...

Read more

Dari Kobe Menuju Nara

10-04-2018 Hits:152 Berita Foto

Dari Kobe Menuju Nara

Perjalanan dari Kobe munuju Nara. Ada tempat berbelanja di Naramachi. Sebelumnya rombongan menyempatkan diri ke Todaiji Temple sebuah kuil dibangun...

Read more

Negara Sakura

09-04-2018 Hits:169 Berita Foto

Negara Sakura

Tiba di Kanzai-Osaka pagi tanggal 7 April 2018. Udara waktu itu 11 derajat celcius. Sesampainya di airport langsung menuju Osaka...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 471-480

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Menurut Anda apa yang paling penting dilakukan saat Imlek ?

Bersembahyang leluhur - 0%
Menerima Angpao - 0%
Membeli baju baru - 0%
Sembahyang di Kelenteng - 0%
Berkunjung ke sanak-saudara - 0%

Total votes: 0
The voting for this poll has ended on: March 30, 2018

Who's Online

We have 58 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com