spocjournal.com

Indra Keenam

 

Dr. Drs. Ws. Ongky Setio Kuncono, SH, MM

Banyak orang bicara indra keenam suatu indra diluar panca indra kita yakni 1.mata sebagai indra penglihatan, 2.hidung sebagai indra pencium, 3. kulit sebagai indra peraba, 4.telingga sebagai indra pendengar, 5. lidah sebagai indra pengecap. Kelima panca indra kita memang bisa kita lihat dan kita rasakan. Namun demikian bagaimana dengan indra kita yang keenam, suatu indra yang abstrak dan tidak nampak namun itu ada dan bisa kita rasakan keberadaannya. Pemahaman indra keenam memang sulit untuk kita uraikan dan kita jelaskan.

Indra keenam adalah bagian dari pikiran bawah sadar yang sering disebut imanjinasi kreatif. Indra keenam juga disebut perangkat penerima yang mengalirkan ide, rencana, dan pikiran kedalam otak. Hal itu sering dinamakan firasat atau inspirasi.

Dengan berkembangnya INDRA KEENAM, akan datang pembantu Anda, dan patuh kepada Anda,MALAIKAT PENDAMPING yang akan membuka bagi Anda setiap waktu pintu ke Kuil Kebijaksanaan (Think and Gwow Rich,Napoleon Hill, p.250).

Pada hakelatnya indra keenam didapatkan dari proses kita belajar secara filsafat dan perenungan.

Indra keenam berkaitan dengan hasil meneliti hakekat tiap perkara melalui proses belajar dengan membina diri. Maka proses belajar dengan perenungan yang menghasilkan pemikiran kreatif akan memiliki kepekaan jiwa dan akan menumbuhkan indra keenam kita.

Pemahaman akan indra keenam itu jauh sebelumnya telah dibahas oleh Nabi Kongzi hampir 2.600 tahun lalu. Belakangan ini baru abad ke XX1 para ahli modern mulai mengembangkan pemikiran pemikirannya tentang indra keenam.

Bagi agama Khonghucu bahwa seorang Junzi yang sudah di puncak kebajikan sekaligus puncak iman dan puncak kebaikan tentunya dia akan memiliki kemampuan memprediksi kedepan.Kemampuan mempredikdi kedepan itu adalah bagian dari apa yang disebut indra keenam tersebut.

Dalam kitab Zhong Yong bahwa kemapuan itu disebut telah memiliki tanda- tanda ajaib. Tanda tanda- ajaib tersebut digambarkan sebagai seperti malaikat.Dia memiliki kemampuan di luar kemampuan secara umum.

"Jalan Suci seorang yang mencapai puncak iman itu menjadikan dapat mengetahui tentang apa yang akan terjadi. Negara yang akan berkembang niscaya ada gejala-gejala yang membawa bahagia, dan Negara yang akan musna niscaya ada gejala- gejala yang jahat.Hal itu dapat diketahui dari tanda-tanda yang terdapat pada rumput Shi atau pada tempurung kura-kura dan nampak pula didalam gerakan-gerakan anggota badan.Tentang datangnya celaka atau bahagia itu, yang baik akan diketahui lebih dahulu dan yang tidak baikpun akan diketahui lebih dahulu .Maka yang beroleh puncak Iman itu akan seperti malaikat "( Zhong Yong Bab XXIII : 1).

Pemahaman saya bahwa seorang yang di puncak Iman itu adalah orang perenung dan pembelajar yang mampu menerapkan konsep pemikirannya untuk berbuat baik dan bajik. Dia seorang Junzi yang berilaku sesuai firman Tian. Dia seorang pemikir yang memiliki pemahaman ilmu dan filsafat sudah mumpuni.

Dia adalah mampu mengendalikan dirinya sehingga memiliki kelebihan indranya (indra keenam). Pada tingkatan itulah boleh disebut sebagai seorang yang pada level pertama yakni orang pembelajar atau orang perenung.

Ada tingkatan manusia menurut pandangan Khonghucu yakni Kesatu,orang pembelajar yang selalu merenung. Orang yang merenung dan berfilsafat adalah orang yang selalu meneliti hakekat tiap perkara. Mengahasilkan pemikiran yang kreatif dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari- hari untuk kemanfaatan orang banyak.
Kedua, melalui pengalaman hidup.Pengalaman hidup adalah guru yang paling akurat sebagai penuntun kehidupan.Manusia harus menjalani hidup untuk mendapatkan pengalaman positif .
Ketiga, pencontohan yakni kita bisa menjadi orang bijak dan sukses dengan melihat contoh-contoh orang yang sudah sukses. Inilah yang disebut dengan modeling, mencontoh hal baik bagi orang lain. Ketiga hal diatas sebenarnya bisa kita ambil pendekatannya dalam Kitab Khonghucu sebagai berikut.

Melalui belajar dan membina diri maka pikiran kita semakin terbuka lebar dan kita memiliki inspirasi yang cukup untuk menjadi seorang yang bijaksana, berprediksi dan memiliki kepekaan.

Dengan hanya demikian akhirnya indra keenam kita akan muncul dengan sendirinya. Itulah seorang Junzi yang mampu memahami perubahan dan peleburan, yang mampu tritunggal dengan langit dan bumi dalam pengertiannya mampu menerapkan hubungan yang harmonis TIAN DI REN.

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Ketua Matakin Babel Turba Lagi

14-01-2018 Hits:172 Berita Foto

Ketua Matakin Babel Turba Lagi

Pengurus Matakin Prov Bangka Belitung, Dq. Tjhia Tet Hian, Dq. Suryanto Chandra, Js. Ngiat Hiung, Js. Jony Periady, dan beberapa...

Read more

Mengapa Ujian Rohaniwan Di Gunung Sindur ?

11-01-2018 Hits:199 Berita Foto

Mengapa Ujian Rohaniwan Di Gunung Sindur ?

Dalam khotbah Dr Ws.Ongky bercerita ketika nabi Konzi di negeri Chou mengatakan tiga hal yakni 1.dipadatkan 2. dimakmurkan 3. diberi...

Read more

Pembukaan Tahun Persatuan di Keuskupan Agung Jakarta

08-01-2018 Hits:389 Berita Foto

Pembukaan Tahun Persatuan di Keuskupan Agung Jakarta

Gereja Keuskupan Agung Jakarta, menyelenggarakan pembukaan tahun Persatuan secara serentak diseluruh penggembalaan gereja - gereja se-Keuskupan Agung Jakarta pada hari...

Read more

Ujian Terbuka Calon Rohaniwan

07-01-2018 Hits:295 Berita Foto

Ujian Terbuka Calon Rohaniwan

Ujian terbuka ini sudah pernah dilakukan di Pangkal Pinang Bangka Belitung dan menghasilkan rohaniwan sebanyak 6 rohaniwan dari 14 calon...

Read more

Rohaniwan Taat Asas

07-01-2018 Hits:128 Berita Foto

Rohaniwan Taat Asas

DAK Diklat Agama Khonghucu adalah salah satu program Matakin Pusat di bawah pengawasan Kabid Agama adalah progran pendidikan dan pelatihan...

Read more

DAK 25 Jam Jatim, Jateng, DIY 25 - 27 Desember

14-11-2017 Hits:700 Berita Foto

DAK 25 Jam Jatim, Jateng, DIY 25 - 27 Desember

DAK (Diklat Agama Khonghucu) bukan sekedar pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan rohaniwan saja

Read more

Pemuda Khonghucu Dari Berbagai Daerah Ikrar Di Hari Sumpah Pemuda.

28-10-2017 Hits:1018 Berita Foto

Pemuda Khonghucu Dari Berbagai Daerah Ikrar Di Hari Sumpah Pemuda.

Bogor, 28 Oktober 2017, Ketua Panitia acara Js.Kuh Sambih dalam undangannya mengatakan bahwa kami pemuda Khonghucu pun harus mampu bergerak...

Read more

Gili Trawangan

25-10-2017 Hits:173 Berita Foto

Gili Trawangan

Pagi ini kami harus bangun pagi untuk menyeberang pulau kecil yakni Gili Trawangan.

Read more

Delapan Pesan Dari Jakarta Dalam Kongres Khonghucu Dunia

21-10-2017 Hits:300 Berita Foto

Delapan Pesan Dari Jakarta Dalam Kongres Khonghucu Dunia

"Membangun Harmoni dan Jalan Tengah untuk Mewujudkan Kesejahteraan dan Perdamaian Dunia" dihasilkan butir-butir pemikiran sbb :

Read more

Srikandi Gunung Sindur Berjoget

16-10-2017 Hits:188 Berita Foto

Srikandi Gunung Sindur Berjoget

Kebaktian di Makin Gunung Sindur minggu 15 Oktober 2017 dipenuhi umat di berbagai daerah di sekitarnya.

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 451-460

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Kegiatan Apa Yang Paling Anda Senangi Ketika Di Tempat Ibadah?

Berdoa / Sembahyang - 100%
Menyanyi / Bermain Musik - 0%
Mendengarkan Kotbah - 0%
Berdiskusi - 0%
Bertemu Teman-Teman - 0%

Total votes: 8
The voting for this poll has ended on: March 9, 2014

Who's Online

We have 56 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com