spocjournal.com

Dua Penebang Kayu

Oleh : Ws. Ir. Djohan Adjuan

Ada seorang pemuda penebang kayu pergi ke gunung untuk menebang kayu, tidak lama kemudian datang pula seorang Pak Tua penebang kayu, mereka bersama-sama menebang kayu.

Hingga sore hari si pemuda melihat hasil tebangan Pak Tua itu lebih banyak daripada hasil  tebangannya, walaupun Pak Tua itu datang lebih lambat daripada dirinya. Karena itu dia diam-diam memutuskan besok dia akan datang lebih awal lagi untuk menebang kayu.

Keesokan harinya, pagi-pagi buta dia sudah berada dalam hutan dan mulai  menebang kayu. Dia berpikir dalam hati, “Kali ini hasil tebangan kayu saya pasti lebih banyak daripada Pak Tua.” Namun tidak disangka ketika dia mengumpulkan hasil tebangannya ke tempat penyimpanan kayu, dia melihat ternyata hasil yang didapat oleh Pak Tua itu masih lebih banyak dari pada miliknya.

Hari ketiga, si pemuda memutuskan, untuk tidak hanya datang lebih awal dari penebang kayu tua itu, namun juga masih harus pulang lebih sore daripadanya. Dalam hati dia berpikir kali ini hasil yang akan didapat pasti lebih banyak daripada kepunyaan si penebang tua. Namun anehnya pada hari itu hasil tebangan kayu si penebang tua masih tetap lebih banyak daripada kepunyaan dia. Hari keempat dan kelima masih tetap sama.

Hingga hari keenam si pemuda akhirnya tak dapat menahan diri lagi untuk bertanya kepada si penebang tua, “Saya datang lebih awal daripada Anda, juga pulang lebih sore daripada Anda, lebih muda dan bertenaga daripada Anda, namun mengapa hasil tebangan kayu saya selalu lebih sedikit daripada punya Anda?”

”Anak muda,” kata si penebang tua sambil menepuk-tepuk pundak anak muda itu. “Setiap hari setelah turun dari gunung dan pulang ke rumah, hal pertama yang saya kerjakan adalah mengasah kampak, tetapi sebaliknya Anda selesai bekerja, Anda hanya mementingkan beristirahat karena terlalu lelah, kampak yang Anda pakai untuk menebang kayu sudah menjadi tumpul. Maka dari itu walaupun saya lebih tua, lebih lambat datang dan lebih awal pulang, tetapi karena kampak yang saya gunakan lebih tajam daripada punya Anda, saya hanya membutuhkan lima kali tebasan, pohon itu sudah tumbang, sedangkan Anda membutuhkan berpuluh kali tebasan, pohon itu baru bisa tumbang.”

Akhirnya anak muda itu tersadarkan.
Dalam kitab suci Mengzi (Menzius) mengatakan, “Untuk mendapatkan hasil pekerjaan yang baik, seorang tukang harus terlebih dulu mempersiapkan perkakasnya dengan teliti dan lengkap.” Seorang Pelajar yang ingin mendapatkan nilai ujian yang baik, harus lebih dulu mempersiapkan pelajarannya sebelum maju. Seorang Produsen  ingin produknya laris di pasaran, harus terlebih dulu menyiapkan segala sesuatu dengan baik dalam pabrik. Seseorang yang ingin dihormati oleh orang lain, maka dia harus terlebih dulu menghormati dirinya dengan tidak merendahkan martabat dan menjaga perilakunya dalam kesusilaan.

Sama halnya dengan cerita diatas dimana Penebang muda itu hanya mementingkan hasilnya, namun melalaikan cara untuk melancarkan pekerjaannya, yakni harus menajamkan kampaknya sebelum mulai. Jika peralatannya memadai maka pekerjaan dapat dilakukan dengan efisien dan hasilnya menjadi maksimal.

Demikianlah Nabi Khongcu mengajarkan :”Jangan khawatir tiada kedudukan, tetapi berkhawatirlah bila diri sendiri tiada kecakapan untuk suatu kedudukan; Jangan khawatir tiada orang mengetahui dirimu, tetapi berusahalah agar mempunyai kecakapan yang patut diketahui orang.” (Lun Yu/Sabda Suci IV:14)

Disadur oleh : Ws. Ir. Djohan Adjuan

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Silaturahmi Pengurus Matakin Di Hari Idul Fitri 1439 H Selama Tiga Hari

19-06-2018 Hits:25 Berita Foto

Silaturahmi Pengurus Matakin Di Hari Idul Fitri 1439 H Selama Tiga Hari

Bagi umat Islam, hari raya Idul Fitri adalah merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah puasa. Idul Fitri memiliki arti yang berkaitan...

Read more

Matakin Prov. DKI melaksanakan sembahyang Duan Yang di Kelenteng Kongmiao TMII

19-06-2018 Hits:104 Berita Foto

Matakin Prov. DKI melaksanakan sembahyang Duan Yang di Kelenteng Kongmiao TMII

Tanggal 5 bulan 5 Yinli (Kongzili) tahun ini jatuh pada tanggal 18 Juni 2018. Umat Khonghucu dari wilayah prov. DKI...

Read more

Perlunya Jeda

21-05-2018 Hits:215 Berita Foto

Perlunya Jeda

Pagi hari ini, kami sengaja berjalan di persawahan Ubud. Tidak sengaja kami berkenalan dengan peternak bebek yang sangat ramah.

Read more

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

12-05-2018 Hits:294 Berita Foto

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

Tanggal 08 Mei 2018 Gereja Keuskupan Agung Jakarta memperingati Hari Ulang Tahun yang ke 211 (08 Mei 1807 – 08...

Read more

Kebaktian Akbar Depok

30-04-2018 Hits:354 Berita Foto

Kebaktian Akbar Depok

Kebaktian spektakuler di Depok Jabar yang dihadiri 1000 umat lebih dengan pembicara Ws. Ir Budi ST, MM dan Ws. HT....

Read more

Tokyo Ke Jakarta

13-04-2018 Hits:295 Berita Foto

Tokyo Ke Jakarta

Perjalanan pulang dari airport Haneda Tokyo. Tidak terasa 1 minggu perjalanan di negara Sakura. Kenangan indah untuk dilupakan.

Read more

Menuju Ke Tokyo

12-04-2018 Hits:167 Berita Foto

Menuju Ke Tokyo

Setelah sarapan pagi di hotel Marusansou, kami menuju ke Karuizawa Factory Outlet yang merupakan factory outlet terbesar. 

Read more

Gasho Village

11-04-2018 Hits:135 Berita Foto

Gasho Village

Setelah semalam mandi onsen, tidur bisa nyenyak sekali sehingga badan menjadi segar. Pagi ini harus bangun pagi untuk siap siap...

Read more

Dari Kobe Menuju Nara

10-04-2018 Hits:152 Berita Foto

Dari Kobe Menuju Nara

Perjalanan dari Kobe munuju Nara. Ada tempat berbelanja di Naramachi. Sebelumnya rombongan menyempatkan diri ke Todaiji Temple sebuah kuil dibangun...

Read more

Negara Sakura

09-04-2018 Hits:169 Berita Foto

Negara Sakura

Tiba di Kanzai-Osaka pagi tanggal 7 April 2018. Udara waktu itu 11 derajat celcius. Sesampainya di airport langsung menuju Osaka...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 471-480

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Menurut Anda apa yang paling penting dilakukan saat Imlek ?

Bersembahyang leluhur - 0%
Menerima Angpao - 0%
Membeli baju baru - 0%
Sembahyang di Kelenteng - 0%
Berkunjung ke sanak-saudara - 0%

Total votes: 0
The voting for this poll has ended on: March 30, 2018

Who's Online

We have 59 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com