spocjournal.com

Teori Pembangunan Ekonomi : Perkembangan Ekonomi Kapitalisme


Oleh : Xs. Dr. Oesman Arif, M.Pd

1. Kapitalisme Membuka Harapan Baru

Kapitalisme muncul karena kelebihan barang produksi dari produsen yang tidak terjual, oleh para pedagang produk yang berlebihan itu dibeli dan dijual dengan mengambil keuntungan sangat banyak. Keuntungan yang banyak itu ditabung, atau menjadi devisa di luar negeri yang dapat dijadikan modal untuk membeli barang lagi atau untuk memproduksi barang baru. Kaum kapitalis itu menjadi sangat berkuasa dan kuat karena memiliki banyak uang yang sangat berguna untuk membiayai berbagai keperluan penyelenggaraan negara. Pada abad XVII di Eropa muncul Kapitalisme Komersial karena yang memiliki kapital adalah pada pedagang (Sumitro, 1991).

Dari Kapitalisme Komersial berkembang menjadi Kapitalisme Industri. Para pemilik modal tidak hanya membeli barang dari para produsen, tetapi mendirikan pabrik sendiri dengan harapan mendapatkan keuntungan lebih banyak. Para kapitalis ini juga menguasai pertanian dan pertembangan. Mereka menanam sendiri bahan menyah yang diperlukan oleh pabrik, mereka juga menggali sendiri tambang untuk mendapatkan bahan baku yang diperlukan. Kapitalisme industri ini menguasai semua sektor, dari penyediaan bahan baku, membuat barang jadi sampai pemasarannya.

Kapitalisme masih berkembang terus, mereka juga menguasai permodalan. Mereka membuka bank yang meminjamkan uang dengan bunga kepada orang yang membutuhkan. Bank-bank besar bermunculan karena minat masyarakat untuk meminjam uang dengan bunga tinggi sangat besar. Orang yang penghasilannya kecil dapat membeli rumah atau sepeda motor dengan meminjam uang dari bank. Masyarakat merasa beruntung dengan kehadiran bank, meskipun mereka harus membayar bunga yang cukup tinggi.   

Pada zaman sekarang telah muncul kapitalisme negara karena yang memiliki kapital adalah negara. Negara mendirikan perusahaan milik negara, para pekerjanya sebagai buruh di perusahaan negara itu. Keuntungan dari perusahaan negara menjadi milik negara dan dapat menunjang pembiayaan negara. Apabila perusahaan negara itu rugi negara yang menanggung kerugian itu. Banyak perusahaan negara dibeberapa negara tidak untung malah merugi terus karena para pekerjanya korupsi atau tidak serius mengelola perusahaan itu. Perusahaan negara yang tidak efektif menjadi beban negara. Namun ada alasan untuk mempertahankan perusahaan yang merugi itu, yaitu untuk menguasai sumber daya alam yang tidak boleh dikuasai oleh swasta.

Ada bentuk kapitalisme rakyat, yaitu rakyat sebagai pemilik modal dengan membeli saham di pasar saham. Rakyat dapat membeli saham perusahaan yang sudah diteliti oleh badan pemerintah, dan dinyatakan bahwa perusahaan itu sehat, dan aman bila sahamnya dibeli. Tidak mudah bagi sebuah perusahaan untuk menjual sahamnya sebagai cara menambah modal. Perusahaan yang yang dianggap tidak sehat oleh pembeli saham juga tidak laku sahamnya.


2. Kapitalisme Organis Bermodal Kerukunan

Kapitalisme Organis yang diajarkan oleh Xun Zi tidak mengandalkan permodalannya pada bank karena pada zaman Xun Zi belum ada bank. Modal yang diperlukan oleh Kapitalisme Organis adalah  kerukunan, saling percaya dan ketulusan hati. Modal materinya adalah tenaga manusia dan sumber daya alam. Masyarakat pedesaan yang masih memiliki lahan luas dan penduduknya kreatif, dengan membentuk organisasi yang rapi sudah dapat membangun perekonomian dengan sistem Kapitalisme Organis dan mampu bersaing dengan kapitalis yang lain.       

Kapitalisme Organis mengandalkan kerapian organisasi dalam memasarkan produksi perusahaan. Xun Zi telah mengajarkan cara untuk menjual kelebihan produksi yang tidak dapat dijual sendiri oleh produsennya. Caranya dengan mendirikan organisasi untuk memasarkan kelebihan produksi itu ke daerah lain yang memerlukan. Organisasi distributor ini perlu dikontrol oleh pemerintah agar tidak menjual barang itu dengan harga mahal kepada konsumen. Xun Zi sudah memikirkan konsep perlindungan konsumen sebagai komponen penting dalam sistem Kapitalisme Organis jauh sebelum Kapitalisme Liberal muncul. Apabila harga yang harus dibayar konsumen terlalu mahal, artinya jauh di atas ongkos produksi dan distribusi, hal itu melemahkan daya beli konsumen. Daya beli konsumen menurun itu artinya, umpama konsumen memerlukan dua macam barang kenyataannya hanya mendapat satu macam barang karena harga barang terlalu tinggi (Dub, 1973: 104).

Sistem Kapitalisme muncul apabila kekuatan modal sudah menjadi pengendali roda perekonomian, yaitu ditandai dengan 1) Emas sudah terkumpul  sebagai jaminan uang yang beredar. 2) Banyak uang ditabung yang dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan perekonomian. 3). Adanya devisa di luar negeri yang besar. 4) Tersedia barang dan jasa untuk kebutuhan hidup manusia dalam jumlah yang melimpah 5) Kapitalisme melahirkan monopoli pasar terhadap produk tertentu (Sumitro,1991: 5).

Kapitalisme Organis yang sudah berhasil juga mampu mencapai lima syarat diatas. Dengan sistem kerja sama yang didasari kerukunan dan organisasi yang teratur dapat lebih cepat mengumpulkan keuntungan bagi organisasi. Para pekerja di perusahaan dengan sistem Kapitalisme Organis rela tidak menerima gaji karena mereka bekerja untuk perusahaan mereka sendiri. Orang di desa menkipun tidak mempunyai uang masih dapat makan dari hasil kebun mereka sendiri.        

Dalam sistem ekonomi kapitalis diperbolehkan ada persaingan bebas. Para produsen dan pedagang mencari berbagai cara untuk memenangkan persaingan itu, bahkan negara juga membantu perusahaan di negaranya untuk menang dalam persaingan global. Contohnya, untuk mendorong laju eksport negara memberi subsidi kepada para eksportir. Negara membebaskan pajak eksport untuk barang jadi yang bahan-bakunya dari dalam negeri. Campur tangan pemerintah dan birokrasi dalam sistem kapitalis sudah dimulai sejak munculnya kapitalisme abad XVII di Eropa (Sumitro. 1991).

Sistem Kapitalisme Organis juga ada persaingan sehat, yaitu persaingan dalam menghasilkan produk dengan kualitas terbaik. Konsep Zhi Shan ( 至 善  ) atau menghasilkan karya yang terbaik menjadi konsep yang penting dalam sistem Kapitalisme Organis. Konsep Zhi Shan ini menjadi kekuatan yang besar dalam memenangkan persaingan. Para konsumen pasti memilih barang yang berkualitas baik meskipun harganya lebih mahal. Barang dengan kualitas jelek bisa laku hanya di dareah orang yang sedang tidak mempunyai uang. Apabila orang mempunyai uang cukup tentu akan memberi barang dengan kualitas terbaik.

Dalam Sistem Kapitalisme muncul monopoli, ada yang muncul secara alami karena produknya memerlukan modal besar dan teknologi tinggi, misalnya perangkat lunak komputer, industri pesawat terbang, industri roket. Ada monopoli yang sengaja ditentukan oleh pemerintah, misalnya Perusahaan Listrik Negara, Perusahaan Air Minum di daerah, perusahaan bahan bakar minyak karena perusahaan tersebut bertanggungjawab terhadap kesetabilan harga kebutuhan pokok semua orang. Apabila produk-produk itu tidak dimonopoli oleh negara harga bisa melambung tinggi, harga barang dan jasa lain naik tidak terkendali, dan kehidupan rakyat kacau.

Sistem monopoli tidak selalu menjaga harga produknya murah. Banyak perusahaan negara yang harga produknya jauh lebih mahal dari harga produk perusahaan lain. Monopoli yang diperbolehkan oleh sistem Kapitalisme adalah monopoli alami, artinya perusahaan yang produksi unggul menguasai pasaran mengalahkan produk dari perusahaan lain. Kapitalisme Organis dapat menerima sistem monopoli alami karena berani bersaing secara sehat.

Menurut Xun Zi, persoalan ekonomi timbul apabila persediaan barang terbatas, permintaan akan barang berlebihan. Di Eropa muncul persoalan ekonomi karena barang produksi berlebihan tidak dapat dipasarkan. Muncul sistem Kapitalisme yang menguasai penjualan kelebihan produksi yang tidak terjual. Xun Zi tidak mengkhawatirkan kelebihan produksi karena dia percaya bahwa banyak manusia yang memerlukan barang kebutuhan hidupnya justru barang itu tidak tersedia. Pemikiran Xun Zi bukan mencari keuntungan, tetapi memenuhi kebutuhan konsumen. Andai kata barang produksi berlimpah harga akan turun. Menurut Xun Zi, harga barang turun menjadi sangat murah adalah berkah bagi rakyat. Sebalknya menurut Kapitalisme Liberal, harga turun karena produksi berlimpah adalah bencana bagi mereka.


Sumber dari Disertasi Xs. Dr. Oesman Arif M.Pd yang berjudul : Penyelenggaraan Negara menurut Filsafat Xun Zi.

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Tokyo Ke Jakarta

13-04-2018 Hits:97 Berita Foto

Tokyo Ke Jakarta

Perjalanan pulang dari airport Haneda Tokyo. Tidak terasa 1 minggu perjalanan di negara Sakura. Kenangan indah untuk dilupakan.

Read more

Menuju Ke Tokyo

12-04-2018 Hits:71 Berita Foto

Menuju Ke Tokyo

Setelah sarapan pagi di hotel Marusansou, kami menuju ke Karuizawa Factory Outlet yang merupakan factory outlet terbesar. 

Read more

Gasho Village

11-04-2018 Hits:47 Berita Foto

Gasho Village

Setelah semalam mandi onsen, tidur bisa nyenyak sekali sehingga badan menjadi segar. Pagi ini harus bangun pagi untuk siap siap...

Read more

Dari Kobe Menuju Nara

10-04-2018 Hits:79 Berita Foto

Dari Kobe Menuju Nara

Perjalanan dari Kobe munuju Nara. Ada tempat berbelanja di Naramachi. Sebelumnya rombongan menyempatkan diri ke Todaiji Temple sebuah kuil dibangun...

Read more

Negara Sakura

09-04-2018 Hits:87 Berita Foto

Negara Sakura

Tiba di Kanzai-Osaka pagi tanggal 7 April 2018. Udara waktu itu 11 derajat celcius. Sesampainya di airport langsung menuju Osaka...

Read more

Bersama Setiadi Joyosentoso

04-03-2018 Hits:511 Berita Foto

Bersama Setiadi Joyosentoso

Setiadi Joyosetoso bos PT. Surya Putra Barutama yang beralamat di jalan Kedurus 23 adalah sosok seorang bisnisman yang merangkak dari...

Read more

Pasar Turi Tradisionil Singkawang

03-03-2018 Hits:207 Berita Foto

Pasar Turi Tradisionil Singkawang

Pagi ini rombongan menuju pasar tradisionil. Pasar tersebut tidak seperti pasar lainnya yang kelihatan jorok. Di dekat pasar ada bubur...

Read more

Singkawang Culture Center ( SCC)

02-03-2018 Hits:191 Berita Foto

Singkawang Culture Center ( SCC)

Setiadi Joyosentoso seorang pengusa sukses yang berasal dari kota Singkawang tentunya beliau tidak melupakan tanah kelahirannya.

Read more

Acara Puncak Imlek

02-03-2018 Hits:216 Berita Foto

Acara Puncak Imlek

Acara puncak Imlek dengan diakhiri dengan Cap Go Meh. Khususnya di Singkawang acara Cap Go Meh dimeriahkan dengan pawai Liong,...

Read more

Singkawang Yang Menawan

02-03-2018 Hits:258 Berita Foto

Singkawang Yang Menawan

Kota Singkawang dengan penduduk sebagian besar Tionghoa ternyata memikiki keunikan sendiri. Masyarakat Tionghoa Singkawang sangat beda dengan masyarakat Tionghoa di...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 471-480

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Menurut Anda apa yang paling penting dilakukan saat Imlek ?

Bersembahyang leluhur - 0%
Menerima Angpao - 0%
Membeli baju baru - 0%
Sembahyang di Kelenteng - 0%
Berkunjung ke sanak-saudara - 0%

Total votes: 0
The voting for this poll has ended on: March 30, 2018

Who's Online

We have 14 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com