spocjournal.com

Marketing 5 : Consumer Behavior

Oleh : Hengky Setio Wibisono

“Seorang marketer akan berusaha memberikan konsep dan image kepada konsumen sehingga menjadikan semangat yang  tercermin pada tingkah lakunya. Penemuan di akhir abad XXI ini adalah bagaimana manusia merubah kehidupannya dengan terlebih dahulu merubah cara berpikirnya. Marketing memberikan pesan positif untuk mendorong tingkah lalu para konsumen dengan cara memberikan kesan terlebih dahulu melalui konsep konsepnya ( Dr.Setio Kuncono,SH,SE,MM )”
Perilaku konsumen membantu perusahaan dan organisasi meningkatkan strategi pemasaran mereka dengan memahami isu-isu seperti bagaimana :

  • Psikologi tentang bagaimana konsumen berpikir, merasa, alasan, dan memilih di antara alternatif yang berbeda (misalnya, merek, produk, dan pengecer);
  • Psikologi bagaimana konsumen dipengaruhi oleh nya lingkungan (misalnya, budaya, keluarga, tanda-tanda, media);
  • Perilaku konsumen saat berbelanja atau membuat keputusan pemasaran lainnya;
  • Keterbatasan dalam pengetahuan konsumen atau informasi kemampuan pengolahan mempengaruhi keputusan dan pemasaran hasil;
  • Bagaimana strategi motivasi konsumen dan keputusan berbeda antara produk yang berbeda dalam tingkat pentingnya atau bunga yang mereka memerlukan untuk konsumen, dan
  • Bagaimana pemasar dapat beradaptasi dan meningkatkan kampanye pemasaran dan strategi pemasaran untuk lebih efektif mencapai konsumen.

Satu "resmi" definisi perilaku konsumen adalah "Studi tentang individu, kelompok, atau organisasi dan proses yang mereka gunakan untuk memilih, aman, penggunaan, dan membuang produk, jasa, pengalaman, atau ide untuk memuaskan kebutuhan dan dampak yang ini proses terhadap konsumen dan masyarakat. " Meskipun tidak perlu menghafal definisi ini, memunculkan beberapa poin yang berguna:

  • Perilaku terjadi baik untuk individu, atau dalam konteks kelompok (misalnya, teman mempengaruhi apa jenis pakaian seseorang memakai) atau organisasi (orang pada pekerjaan membuat keputusan untuk produk yang perusahaan harus menggunakan).
  • Perilaku konsumen melibatkan penggunaan dan pembuangan produk serta studi tentang bagaimana mereka dibeli. Penggunaan produk sering menarik bagi pemasar, karena hal ini dapat mempengaruhi bagaimana sebuah produk adalah posisi terbaik atau bagaimana kita dapat mendorong konsumsi meningkat. Karena banyak masalah lingkungan akibat dari pembuangan produk (misalnya, oli motor yang dikirim ke sistem pembuangan limbah untuk menyimpan biaya daur ulang, atau sampah menumpuk di tempat pembuangan sampah) ini juga merupakan daerah yang menarik.
  • Perilaku konsumen melibatkan jasa dan ide serta produk nyata.
  • Dampak perilaku konsumen pada masyarakat juga relevansi. Sebagai contoh, pemasaran yang agresif dari makanan berlemak tinggi, atau pemasaran yang agresif kredit mudah, mungkin berakibat serius bagi kesehatan nasional dan ekonomi.

Ada empat aplikasi utama perilaku konsumen:

  • Yang paling jelas adalah untuk pemasaran strategi-yaitu, untuk membuat kampanye pemasaran yang lebih baik. Misalnya, dengan memahami bahwa konsumen lebih mudah menerima iklan makanan ketika mereka lapar, kita belajar untuk menjadwalkan iklan makanan ringan di sore hari. Dengan memahami bahwa produk-produk baru biasanya awalnya diadopsi oleh beberapa konsumen dan hanya menyebar kemudian, dan kemudian hanya secara bertahap, ke seluruh penduduk, kita belajar bahwa (1) perusahaan yang memperkenalkan produk baru harus dibiayai dengan baik sehingga mereka dapat tetap bertahan sampai produk mereka menjadi sukses komersial dan (2) adalah penting untuk menyenangkan pelanggan awal, karena mereka pada gilirannya akan mempengaruhi pilihan merek banyak pelanggan berikutnya '.
  • Sebuah aplikasi kedua adalah kebijakan publik. Pada 1980-an, Accutane, obat ajaib dekat untuk jerawat, diperkenalkan. Sayangnya, Accutane menyebabkan cacat lahir parah jika diambil oleh wanita hamil. Meskipun dokter diperintahkan untuk memperingatkan pasien wanita mereka ini, jumlah yang masih menjadi hamil saat mengambil obat. Untuk mendapatkan perhatian konsumen, Federal Drug Administration (FDA) mengambil langkah mengharuskan bahwa gambar yang sangat grafis dari bayi cacat ditampilkan pada wadah obat.
  • Pemasaran sosial melibatkan mendapatkan ide menyeberang ke konsumen daripada menjual sesuatu. Marty Fishbein, seorang profesor pemasaran, melanjutkan cuti bekerja untuk Centers for Disease Control berusaha untuk mengurangi kejadian penularan penyakit melalui penggunaan obat-obatan ilegal. Solusi terbaik, jelas, kalau kita bisa mendapatkan pengguna narkoba ilegal untuk berhenti. Ini, bagaimanapun, dianggap tidak layak. Hal itu juga ditentukan bahwa praktek berbagi jarum terlalu tertanam dalam budaya obat harus dihentikan. Akibatnya, menggunakan pengetahuan tentang sikap konsumen, Dr Fishbein menciptakan kampanye yang mendorong pembersihan jarum dalam pemutih sebelum berbagi mereka, tujuan yang diyakini lebih realistis.
  • Sebagai manfaat akhir, mempelajari perilaku konsumen harus membuat kita konsumen lebih baik. Akal sehat menunjukkan, misalnya, bahwa jika Anda membeli sebotol 64 ons cairan deterjen, Anda harus membayar lebih sedikit per ounce dibandingkan jika Anda membeli dua botol 32 ounce. Dalam prakteknya, bagaimanapun, Anda sering membayar premi ukuran dengan membeli kuantitas yang lebih besar. Dengan kata lain, dalam hal ini, mengetahui fakta ini akan menyadarkan Anda perlu untuk memeriksa label unit cost untuk menentukan apakah Anda benar-benar mendapatkan tawar-menawar.

Ada beberapa unit di pasar yang dapat dianalisis. Tujuan utama kami dalam kursus ini adalah konsumen. Namun, kita juga perlu menganalisis kekuatan dan kelemahan dan orang-orang dari perusahaan yang bersaing perusahaan kami sendiri. Anggaplah, misalnya, bahwa kita membuat produk yang ditujukan untuk konsumen yang lebih tua, segmen yang tumbuh. Sebuah perusahaan bersaing yang menargetkan bayi, pasar menyusut, adalah mungkin untuk mempertimbangkan reposisi terhadap pasar kami. Untuk menilai potensi ancaman perusahaan bersaing, kita perlu memeriksa aset (misalnya, teknologi, paten, pengetahuan pasar, kesadaran merek) terhadap tekanan yang dihadapinya dari pasar. Akhirnya, kita perlu menilai kondisi (lingkungan pemasaran). Sebagai contoh, meskipun kita mungkin telah mengembangkan produk yang menawarkan daya tarik yang besar bagi konsumen, resesi mungkin mengurangi permintaan secara dramatis.

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Perlunya Jeda

21-05-2018 Hits:55 Berita Foto

Perlunya Jeda

Pagi hari ini, kami sengaja berjalan di persawahan Ubud. Tidak sengaja kami berkenalan dengan peternak bebek yang sangat ramah.

Read more

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

12-05-2018 Hits:224 Berita Foto

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

Tanggal 08 Mei 2018 Gereja Keuskupan Agung Jakarta memperingati Hari Ulang Tahun yang ke 211 (08 Mei 1807 – 08...

Read more

Kebaktian Akbar Depok

30-04-2018 Hits:310 Berita Foto

Kebaktian Akbar Depok

Kebaktian spektakuler di Depok Jabar yang dihadiri 1000 umat lebih dengan pembicara Ws. Ir Budi ST, MM dan Ws. HT....

Read more

Tokyo Ke Jakarta

13-04-2018 Hits:248 Berita Foto

Tokyo Ke Jakarta

Perjalanan pulang dari airport Haneda Tokyo. Tidak terasa 1 minggu perjalanan di negara Sakura. Kenangan indah untuk dilupakan.

Read more

Menuju Ke Tokyo

12-04-2018 Hits:122 Berita Foto

Menuju Ke Tokyo

Setelah sarapan pagi di hotel Marusansou, kami menuju ke Karuizawa Factory Outlet yang merupakan factory outlet terbesar. 

Read more

Gasho Village

11-04-2018 Hits:90 Berita Foto

Gasho Village

Setelah semalam mandi onsen, tidur bisa nyenyak sekali sehingga badan menjadi segar. Pagi ini harus bangun pagi untuk siap siap...

Read more

Dari Kobe Menuju Nara

10-04-2018 Hits:110 Berita Foto

Dari Kobe Menuju Nara

Perjalanan dari Kobe munuju Nara. Ada tempat berbelanja di Naramachi. Sebelumnya rombongan menyempatkan diri ke Todaiji Temple sebuah kuil dibangun...

Read more

Negara Sakura

09-04-2018 Hits:129 Berita Foto

Negara Sakura

Tiba di Kanzai-Osaka pagi tanggal 7 April 2018. Udara waktu itu 11 derajat celcius. Sesampainya di airport langsung menuju Osaka...

Read more

Bersama Setiadi Joyosentoso

04-03-2018 Hits:543 Berita Foto

Bersama Setiadi Joyosentoso

Setiadi Joyosetoso bos PT. Surya Putra Barutama yang beralamat di jalan Kedurus 23 adalah sosok seorang bisnisman yang merangkak dari...

Read more

Pasar Turi Tradisionil Singkawang

03-03-2018 Hits:256 Berita Foto

Pasar Turi Tradisionil Singkawang

Pagi ini rombongan menuju pasar tradisionil. Pasar tersebut tidak seperti pasar lainnya yang kelihatan jorok. Di dekat pasar ada bubur...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 471-480

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Menurut Anda apa yang paling penting dilakukan saat Imlek ?

Bersembahyang leluhur - 0%
Menerima Angpao - 0%
Membeli baju baru - 0%
Sembahyang di Kelenteng - 0%
Berkunjung ke sanak-saudara - 0%

Total votes: 0
The voting for this poll has ended on: March 30, 2018

Who's Online

We have 85 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com