spocjournal.com

Positive Thinking

Oleh : Dr. Setio Kuncono, SH, SE, MM

Pecahnya persahabatan, putusanya hubungan bisnis, perceraian rumah tangga karena terjadi kesalahpahaman yang berkelanjutan. Umumnya terjadi karena tidak adanya saling memahami serta berpikir secara kerdil. Padahal segala persoalan hidup itu sebenarnya bisa dipecahkan dengan sangat sederhana. Namun demikian banyak orang yang mempersulit diri sehingga masalah yang sepele menjadi besar dan masalah yang seharusnya ringan bisa menjadi masalah sesungguhnya, bila hal ini jatuh pada orang yang tidak memiliki pandangan kedepan alias orang yang berpikir sempit. Oleh karena itu pola pikir manusia harus dibuka dengan membuka kaca mata kuda agar manusia berpikir yang sederhana (tidak berbelit belit), cara berpikir semacam itu dikatakan dengan cara berpikir positive thinking Seorang yang positive thinking mengganggap bahwa persoalan itu akan bisa diselesaikan melalui dialog yang terbuka,  jujur dan saling mengalah. Seorang positive thinking tidak pernah membuat situasi semakin keruh, tetapi menyodorkan solusi yang terbaik. Hanya seorang yang Juaji (rewel) saja yang membuat masalah kecil menjadi besar. Maka seorang yang positive thinking berpikir sebaliknya “ masalah besar dikecilkan dan masalah kecil dihilangkan”. Berpikir semacam itu merupakan bagian dari berpikir secara ‘pemakluman”.

Dalam konsep ajaran Khonghucu bahwa seorang positif thinking itu diawali dengan “berpikir benar “. Berpikir benar adalah awal dari segala kesuksesan dalam kehidupan.
“ Beberapa tahun yang lalu saya memiliki pemborong pengelasan kapal katakanlah Mr X. Mr.X adalah pemborong Las yang cepat kerjanya tetapi tidak memiliki kemampuan menaksir biaya pekerjaan, atau orang ini memiliki ambisius berkerja dengan  resiko tinggi. Suatu hari saya menyuruh untuk mengelas deks kapal  dimana saya meminta perincian biaya, tetapi Mr.X tidak mengeluarkan perincian, namun pekerjaan itu diselesaikan dengan cepat dan tagihan disodorkan kepada saya. Tentu saja cara kerja semacam ini tidak mengikuti prosedur kerja sehingga tagihan yang disodorkan  saya potong dengan perhitungan harga umum dipasaran. Saya memangggil Mr.X dan saya beritahu cara kerja dan prosedur yang benar, namun untuk pekerjaan lainnya dia mengulang lagi, maka dengan terpakasa saya tidak mau bekerjasama lagi dengan Mr.X ( cara kerja semacam itu merupakan bentuk mafia di pelabuhan).
 

Mr.X adalah penguasa pelabuhan dan semua proyek pengelasan harus lewat dia sebab tidak ada orang pendatang baru yang boleh melakukan pekerjaan pengelasan di pelabuhan kecuali mereka. Cara kerja dan sistem kerja mafia semacam ini disamping tidak sesuai lagi dengan sistem ekonomi global juga akan merugikan para pemilik kapal. Model kerja semacam itu merupakan bentuk dari pemikiran busuk yang masuk dalam dunia bisnis. Oleh karena itu saya tidak mau masuk dalam sitem yang salah serta cara yang salah ini. Untuk selanjutnya saya berikan pekerjaan kepada perusahaan lain dalam pengelasan kapal . Namun apa yang terjadi, Mr.X mendatangi pemborong baru dan mengatakan bahwa itu pekerjaannya (haknya) dan melarang pemborong baru untuk bekerja. Tentu saja hal ini tidak lagi sehat dalam dunia bisnis dan juga tidak sehat pula dalam “ berpikir benar”. Maka semua pengusaha di pelabuhan akan juga berontak dan merasa dirugikan oleh tindakan Mr.X . Mr.X dalam hal ini harus memberikan contoh  kerja yang professional serta terbuka , tidak dengan cara paksaan semacam itu. Sebagai seorang Jun Zi harus Yong ( berani ) mengatakan kepada Mr.X bahwa cara kerja semacam itu harus dirubah kalau tidak maka semua perusahan  tidak akan memberikan proyek kepada Mr.X .  Mr.X harus diberikan pemahaman dan penjelasan  cara kerja yang Ren ( Cinta Kasih ) sehingga disukai oleh banyak perusahaan.
Memberikan pemahaman kepada Mr.X  adalah bagian dari merubah seseorang agar bepikir benar ( positive thinking) , hanya dengan demikian akan membuat diri kita berhasil dan juga Mr.X itu sendiri. Berilah pemahaman kepada setiap orang agar dalam setiap langkah hidupnya “berpikir benar”, hanya dengan cara demikian keberhasilan dan kesuksesan akan tercapai. ”

Berpikir benar =Positif Thinking
Bila sudah diketahui Tenpat Hentian (Zhi Zhi),akan diperoleh Ketetapan Tujuan( You Ding), setelah diperoleh Ketetapan, barulah dapat dirasakan Ketentraman( Neng De),setelah Tenteram, barulah dapat dicapai Kesentosaan Bathin(Neng An), setelah Sentosa, baharulah dapat Berpikir Benar (Neng Lu), dan Berpikir Benar, baharulah orang dapat Berhasil (Neng De).
(Da Xue Bab Utama :2)

Ada semacam hubungan antara orang berpikir benar dengan keberhasilan . Artinya bahwa seorang yang berpositif thinking biasanya cara berpikirnya sederhana, enak dan penuh dengan kejujuran. Maka mereka yang positif thinking tentu banyak yang menyukainya sehingga tak salah bahwa mereka banyak mendapatkan  pelanggan pelanggan barunya. Seorang yang berpositive thinking tidak pernah berprasangka sehingga dalam setiap pembicaraan untuk mengegolkan proyek selalu dengan wajah dan tatapan optimis. Umumnya segala urusan akan gagal ketika dari awal pertemuan mengahadapi orang yang juaji ( berbelit belit), namun apabila pertemuan awal menyenangkan dan terjadi dialog yang menggembirakan, cocok serta bisa harmonis dalam proses pembicaraan , maka biasanya bisa dilanjutkan dengan perjanjian real dalam sebuah proyek. Ketika kita melakukan perjanjian untuk bertemu dengan seseorang dimana waktu dan tempat telah disepakati, jalannya lancar tanpa ada halangan serta pertemuannya sangat menggembirakan, maka inilah kecocokan dalam suatu bisnis, biasanya bisnisnnya juga lancar. Inilah yang dikatakan bahwa gelagat seseorang bisa dibaca pada awal  pertemuan. Diawal itulah menunjukan seseorang itu berbelit belit atau memiliki positive thinking

Seorang Positive thinking tidak memiliki beban hidup, dia hidup dalam enjoy life serta selalu menatap masa depan dengan optimis, dia tidak dengki dan tidak pemarah sehingga membawa jiwanya dalam damai dan ketentraman. Orang semacam ini akan bisa hidup dengan bahagia bukan saja pikirannya tetapi membawa tubuhnya juga sehat sentosa. Ada kaitan antara kesehatan pikiran dan kesehatan badan kita, maka banyak orang yang penggembira selalu sehat daripada seorang yang pemarah pasti banyak penyakitnya. Apabila pikiran kita Positive Thinking maka ada semacam hormon dalam tubuh kita yang keluar dan menyehatkan, sebaliknya bila kita berpikiran negative thinking yang muncul justru hormon yang bisa membuat racun dalam tubuh kita. 

Positif Thinking= Sehat
Harta benda dapat menghias rumah, laku bajik menghias diri; hati yang lapang itu akan membawa tubuh kita sehat.Maka seorang Jun Zi senantiasa mengimankan tekadnya
( Da Xue VI : 4)

Demikianlah bahwa sehat pikiran akan mempengaruhi kesehatan bathin kita dan ketika pikiran kita senang maka makan apapun menjadi enak dan nikmat sebaliknya  ketika  pikiran tidak pada tempatnya, dunia ini menjadi gelap  tanpa bisa menikmati rasanya makan dan minum. Manusia harus bisa menyeimbangkan  dan menstabilkan antara jiwanya dan raganya sehingga bisa merasakan kebahagiaan. Cara berpikir benar atau positive thinking akan menjadikan manusia hidup dalam keseimbangan yang sangat indah dan menawan.

Hati yang tidak pada tempatnya, sekalipun melihat takkan nampak, meski mendengar takkan terdengar dan meski makan takkan merasakan
( Da Xue VII : 2 )

Positive thinking itu  melakukan sesuatu yang disukai orang lain bukan sebaliknya melakukan seswuatu yang dibenci orang. Dia akan menggembirakan orang lain dalam upaya menggembirakan dirinya sendiri .

Positif thinking= gemar yang disukai orang
Gemar akan hal yang dibenci orang dan benci akan hal yang disuka orang, itulah memutarbalikkan) Watak Sejati(Xing); maka akan membahayakan diri
(Da Xue X : 17)

Banyak orang yang tidak sadar bahwa ucapan dan tindakannya selalu menyakitkan orang lain, ucapan yang dikeluarkan bisa menjadi bisa yang memebuat orang lain sakit meskipun dia sendiri tidak merasa itu sebagai suatu kesalahan. Oleh karena itu Confucius mengajarkan kepada kita bahwa pikiran dan tindakan harus dijaga agar tidak menjadi racun dunia. Jagalah hati rawatlah hati dan lebih penting daripada itu “pikiran jangan sesat” .

Positif thinking itu pikirannya tidak sesat
Nabi bersabda,” Ada tiga ratus sanjak lebih ini Kitab Sanjak, tetapi dapat diringkas menjadi satu kalimat;PIKIRAN JANGAN SESAT”
( Lun Yu II : 2)

 

 

 

 

 

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Dokumen Gili Iyang Dan Gili Labak Tour

11-09-2017 Hits:186 Berita Foto

Dokumen Gili Iyang Dan Gili Labak Tour

Perjalanan Tour Jalan Sehat Trawas menuju ke dua Pulau Gili Iyang dan Gili Labak.

Read more

Pertemuan Di Polda jatim

08-09-2017 Hits:179 Berita Foto

Pertemuan Di Polda jatim

Surabaya, 8 September 2017. Silaturahim Kapolda Jatim bersama Forum Kerukunan Umat Beragama dalam Rangka Harkamtibmas.

Read more

Tenaga Pendidik Khonghucu Di Pangkal Pinang

08-09-2017 Hits:112 Berita Foto

Tenaga Pendidik Khonghucu Di Pangkal Pinang

Kegiatan Peningkatan Kualitas Kompetensi Tenaga Pendidik Agama Khonghucu Tahun 2017 yang diadakan di Hotel Puncak Lestari Pangkal Pinang mulai tgl....

Read more

Js. Maria Berpulang

07-09-2017 Hits:651 Berita Foto

Js. Maria Berpulang

Berita berpulangnya Js.Maria Engeline sangat mengejutkan bagi kita semua

Read more

Sembahyang Leluhur: Tradisi Atau Agama?

05-09-2017 Hits:601 Berita Foto

Sembahyang Leluhur: Tradisi Atau Agama?

Talkshow interaktif dengan Nara Sumber Js. Liem Liliany Lontoh; Hotel Aston ruang Asoka Lt. 2; Manado, 01 September 2017.

Read more

Anti Narkoba

28-08-2017 Hits:111 Berita Foto

Anti Narkoba

Surabaya, 28 Agustus 2017 pertemuan BNN (Badan Narkotika Nasional) di Hotel Santika Surabaya yang dihadiri oleh beberapa sukarelawan.

Read more

Pulau Nan Indah

22-08-2017 Hits:191 Berita Foto

Pulau Nan Indah

Kami mengajak para pencinta alam Indonesia untuk berkeliling ke tiga pulau di Wilayah Sumenep-Madura.

Read more

Tokoh Matakin Berpulang

08-08-2017 Hits:1145 Berita Foto

Tokoh Matakin Berpulang

Wu Hu Ai Zai, telah kembali ke Haribaan Huang Tian, Xs Hanom Pramana Buanadjaja (Phwa Tjhiang Han/Pan Chang Han 潘昌汉)...

Read more

Nganjuk Penuh Kedamaian

27-07-2017 Hits:307 Berita Foto

Nganjuk Penuh Kedamaian

Kunjungan FKUB provinsi Jatim hari kedua di FKUB Kabupaten Nganjuk. Kunjungan di Nganjuk diterima di kantor Kesbangpol. Hadir dalam pertemuan...

Read more

FKUB Jatim Turba

26-07-2017 Hits:178 Berita Foto

FKUB Jatim Turba

Rapat koordinasi dan silaturahim FKUB Kabupaten Mojokerto yang dihadiri oleh jajaran pengurus FKUB Kabupaten Mojokerto, Bupati dan para Camat, Bakesbangpol,...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 421-430

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Kegiatan Apa Yang Paling Anda Senangi Ketika Di Tempat Ibadah?

Berdoa / Sembahyang - 100%
Menyanyi / Bermain Musik - 0%
Mendengarkan Kotbah - 0%
Berdiskusi - 0%
Bertemu Teman-Teman - 0%

Total votes: 8
The voting for this poll has ended on: March 9, 2014

Who's Online

We have 15 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com