spocjournal.com

BAB VII Penutup


Oleh : Dr. Ongky Setio Kuncono, Drs, MM


Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Etika Confucius memiliki pengaruh signifikan terhadap Kewirausahaan. Artinya hipotes pertama yang menyatakan Etika Confucius berpengaruh signifikan terhadap kewirausahaan diterima. Ini berarti Etika Confucius memberikan dampak terhadap Kewirausahaan, ketika Etika Confucius dipahami dan dipraktekkan dalam kehidupan bisnis oleh pedagang eceran etnis Tionghoa maka akan meningkatkan spirit kewirausahaan.  
  2. Etika Confucius memiliki pengaruh signifikan terhadap Kemampuan Usaha. Artinya hipotesis kedua yang menyatakan bahwa Etika Confucius berpengaruh signifikan terhadap Kemampuan Usaha diterima. Ini berarti Etika Confucius memberikan dampak  terhadap Kemampuan Usaha. Ketika Etika Confucius dipahami dan dipraktekkan dalam kehidupan bisnis oleh pedagang eceran etnis Tionghoa maka akan mendorong pimpinan dan karyawan untuk memiliki kemampuan dalam mengelola unsur-unsur manajemen yang ada.
  3. Etika Confucius memiliki pengaruh signifikan terhadap Kinerja Usaha. Artinya hipotesis ketiga yang menyatakan bahwa Etika Confucius berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Usaha diterima. Ini artinya Etika Confucius memberikan dampak  terhadap Kinerja Usaha. Ketika Etika Confucius dipahami dan dipraktekkan dalam kehidupan bisnis pedagang eceran etnis Tionghoa maka akan mendorong tercapainya kinerja usaha.
  4. Kewirausahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap Kinerja Usaha. Artinya hipotesis keempat yang menyatakan bahwa Kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Usaha diterima. Ini artinya kewirausahaan memberi dampak terhadap kinerja usaha.   
  5. Kemampuan usaha memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Kinerja Usaha.   Artinya hipotesis kelima yang menyatakan bahwa Kemampuan Usaha berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha ditolak. Ini artinya apabila pimpinan perusahaaan maupun karyawan yang memiliki Kemampuan Usaha belum tentu  mendorong tercapainya Kinerja Usaha.

Sementara itu hubungan antar variabel yang secara tidak langsung dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Pengaruh tidak langsung etika Confucius terhadap kinerja usaha melalui  kemampuan usaha  tidak ada hubungan karena kemampuan usaha memiliki hubungan yang tidak signifikan terhadap kinerja uasaha.
  2. Pengaruh tidak langsung etika Confucius terhadap kinerja usaha melalui kewirausahaan ada pengaruh atau ada hubungan karena kewirausahaan memiliki hubungan signifikan terhadap kinerja usaha , yaitu dengan nilai sebesar 0.744 x 0.422 = 0.313968.

Di samping adanya kesimpulan diatas, ada beberapa hal yang bisa dipetik dalam penelitian ini diantaranya :

  1. Penelitian ini mendukung dan memperluas  pendapat David (1995), praktek bisnis orang-orang    Tionghoa perantauan muncul terutama sekali dari pengaruh Etika Confucius yang menjadi alasan untuk bekerja dan raison d’entre (alasan dari keberadaan) dari kecakapan berwirausaha bagi etnis Tionghoa.
  2. Penelitian ini  mendukung dan memperluas pendapat Handoco (2011) bahwa ajaran Confucius sudah melekat pada masyarakat Tionghoa sejak ribuan tahun lalu, dimana kehidupan sehari-hari termasuk dalam kehidupan bisnis,  orang Tionghoa dipengaruhi oleh nilai nilai ini.
  3. Penelitian ini mendukung dan memperluas kajian Ongkowijaya (1995) dimana ada benang merah dibalik sikap dibalik sikap dan pandangan hidup etnis Tionghoa yakni dipengaruhi oleh ajaran moral Confucius, fakta demikian tentu mempunyai kadar pengaruh tidak kecil terhadap tingkah laku kehidupan, yang pada gilirannya akan terbawa pada pola bisnis di kalangan mereka.
  4. Menolak pendapat Max Weber yang mengatakan bahwa Confusianime yang menjadi kekuatan dianggap menghambat pembangunan ekonomi asia. Weber beralasan bahwa ikatan yang kuat ( kekeluargaan) diciptakan oleh ajaran Confucius tidak konduktif  bagi pencapaian individu yang diperlukan untuk bahan bakar sitem kapitlistik. Kenyataannya bahwa etika Confucius mendorong Kinerja Usaha. Mengingat pedagang etnis Tionghoa sekarang sudah banyak perubahan dimana ikatan yang kuat atau kekuasaan terpusat  tidak lagi diterapkan, sehingga mendorong anggota organisasi untuk mengembangkan kreatifitas dan kebebasannya. Disinilah terjadi perpaduan semangat kapitalisme  dengan Etika Confucius modern sehingga akan memacu individu dalam menumbuhkan kapitalisme.
  5. Menolak penelitian Tak dan King (2004), Gary Kon Yew Chan (2008:349), dalam penelitiannya tentang pedagang kontemporer di Cina daratan, Taiwan, Hongkong, Singapura dan Malaysia dimana praktek yang mengikuti etika Confucius dan maksimalisasi pencapaian materi. Mereka menyimpulkan bahwa tunduk kepada prinsip moral Confucius justeru akan merugikan. Sebaliknya, penelitian ini tunduk pada etika Confucius akan meningkatkan Kinerja Usaha.
  6. Mendukung dan memperluas penelitian John Kidd & Xue Lie (2007), Xin (kepercayaan) hubungannya dengan persekutuan kelompok usaha di Cina. Xin (kepercayaaan) adalah faktor penentu dalam kemakmuran kelompok usaha di Cina.
  7. Penelitian ini mendukung dan memperluas pendapat Widyahartono (1996) yang mengatakan: “Banyak orang-orang Tionghoa tingkah lakunya sesuai dengan Confucius, walau ia sendiri tidak mau mengakui sebagai pengikut Confucius“. Hal ini bisa dilihat dari hasil penelitian dimana mereka baik yang beragama Kristen, Katholik, Budha, Hindu maupun Islam masih memahami Etika Confucius dan menerapkan etika Confucius dalam kehidupan khususnya bisnis.
  8. Mendukung dan memperluas pendapat Fred Kied (2005) bahwa perusahaan-perusahaan yang memiliki pimpinan yang menerapkan standart etika dan moral yang tinggi terbukti lebih sukses dalam jangka panjang. Hal ini juga dikemukakan miliuner Jon M.Huntman (2005) kunci utama kesuksesan adalah reputasi sebagai pengusaha yang memegang teguh integritas dan kepercayaan pihak lain.
  9. Mendukung dan memperluas pendapat Linda Kleebe Trevino (1995) “Businnes Ethics is about building of trust between people and organizations, an absolutely essential ingredient to conducting business successfully in longterm” (Etika bisnis merupakan usaha membangun kepercayaan antara masyarakat dengan organisasi organisasi bisnis, dan ini merupakan elemen yang sangat penting untuk suksesnya bisnis dalam jangka panjang). 
  10. Mendukung dan memperluas pendapat Hitt (1997) perusahaan yang memajukan dan memelihara praktek etis lebih memungkinkan mencapai daya saing strategis dan memperoleh keuntungan di atas rata-rata. Sebaliknya menurut Gymnastiar (2004) daya tipu, licik dan bohong justeru akan menghancurkan kredibilitas perusahaan.
  11. Mendukung dan memperluas  pendapat Yeung dan Tung (1996) menemukan bahwa guanxi merupakan satu satunya yang secara konsisten dipilih sebagai faktor kunci kesuksesan dalam berbisnis di Cina oleh sekelompok perusahaan internasional yang beragam.
  12. Mendukung dan memperluas pendapat Suryana (2003), Sudjana (2004), Frederick (2006), Prawirokusumo (2010), Zimmerer (1996) yang mengatakan seorang wirausaha harus memiliki Visi, Perencanaan, Motivasi, Inovasi, Peluang, Percaya Diri , Resiko dan Adaptasi dalam menjalankan usahanya.


Saran-saran

  1. Etika Confucius adalah etika universal yang bisa dipraktekkan oleh semua orang tidak memandang agama, keyakinan dan kepercayaan. Apabila ingin menjadi pengusaha yang sukses, maka Etika Confucius sebagai alternatif guna mendorong wirausaha untuk mencapai kesuksesan bisnis.
  2. Etika Confucius harus dikembangkan dalam meningkatkan moralitas, khususnya etnis Tionghoa agar bisnis berdasarkan Yi (kebenaran) menuju Li’ (keuntungan). Apabila Etika Confucius ini diperhatikan oleh bangsa dan negara Indonesia, maka akan memperkaya kasanah kebhinneka tunggal ika masyarakat Indonesia. Khusunya Xin (kepercayaan) yang bisa diartikan sebagai kejujuran, bila hal ini diterapkan dalam tatanan pemerinthan akan menjadikan negara yang kuat dan jauh dari penyakit korupsi dan akan mensejahterakan rakyat Indonesia. 
  3. Studi ini dapat digunakan sebagai studi lanjut tentang kewirausahaan mengingat banyak nilai-nilai  Confucius sebagai bagian dari budaya bangsa yang telah diakui dan nyata keberadaan di bumi Indonesia sejak beratus ratus tahun lampau yang masih belum terungkap untuk dijadikan sumber bagi pengembangan Kewirausahaan.
  4. Pedagang Eceran Etnis Tionghoa agar mempertahankan nilai-nilai Etika Confucius dari segala sendi kehidupan terutama dalam menjalankan usahanya. 
  5. Mempertahankan Etika Confucius agar Kemampuan Usaha meningkat, diikuti dengan meningkatnya Kinerja Usaha, dan peningkatan Kewirausahaan.
  6. Etika Confucius agar bisa diterapkan bukan hanya untuk pedagang eceran etnis Tionghoa, melainkan juga bisa diterapkan kepada pengusaha dan juga karyawan bukan keturunan Etnis Tionghoa. Bisa diaplikasikan dalam dunia bisnis oleh rakyat dan bangsa Indonesia secara keseluruhan.   


Sumber dari : disertasi Dr. Ongky Setio Kuncono, Drs, MM Pengaruh Etika Confucius Terhadap Kewirausahaan, Kemampuan Usaha dan Kinerja Usaha Pedagang  Eceran Etnis Tionghoa di Surabaya

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

DAK 25 Jam Jatim, Jateng, DIY 25 - 27 Desember

14-11-2017 Hits:162 Berita Foto

DAK 25 Jam Jatim, Jateng, DIY 25 - 27 Desember

DAK (Diklat Agama Khonghucu) bukan sekedar pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan rohaniwan saja

Read more

Pemuda Khonghucu Dari Berbagai Daerah Ikrar Di Hari Sumpah Pemuda.

28-10-2017 Hits:873 Berita Foto

Pemuda Khonghucu Dari Berbagai Daerah Ikrar Di Hari Sumpah Pemuda.

Bogor, 28 Oktober 2017, Ketua Panitia acara Js.Kuh Sambih dalam undangannya mengatakan bahwa kami pemuda Khonghucu pun harus mampu bergerak...

Read more

Gili Trawangan

25-10-2017 Hits:113 Berita Foto

Gili Trawangan

Pagi ini kami harus bangun pagi untuk menyeberang pulau kecil yakni Gili Trawangan.

Read more

Delapan Pesan Dari Jakarta Dalam Kongres Khonghucu Dunia

21-10-2017 Hits:234 Berita Foto

Delapan Pesan Dari Jakarta Dalam Kongres Khonghucu Dunia

"Membangun Harmoni dan Jalan Tengah untuk Mewujudkan Kesejahteraan dan Perdamaian Dunia" dihasilkan butir-butir pemikiran sbb :

Read more

Srikandi Gunung Sindur Berjoget

16-10-2017 Hits:129 Berita Foto

Srikandi Gunung Sindur Berjoget

Kebaktian di Makin Gunung Sindur minggu 15 Oktober 2017 dipenuhi umat di berbagai daerah di sekitarnya.

Read more

Mengajar Dan Kunjungan

25-09-2017 Hits:400 Berita Foto

Mengajar Dan Kunjungan

Pada tanggal 23 September 2017 saya mengajar S2 program M.Ag di UIN Syarif Hidayahtullah Jl.Cempaka Putih Tangerang Selatan Banten.

Read more

Dokumen Gili Iyang Dan Gili Labak Tour

11-09-2017 Hits:294 Berita Foto

Dokumen Gili Iyang Dan Gili Labak Tour

Perjalanan Tour Jalan Sehat Trawas menuju ke dua Pulau Gili Iyang dan Gili Labak.

Read more

Pertemuan Di Polda jatim

08-09-2017 Hits:228 Berita Foto

Pertemuan Di Polda jatim

Surabaya, 8 September 2017. Silaturahim Kapolda Jatim bersama Forum Kerukunan Umat Beragama dalam Rangka Harkamtibmas.

Read more

Tenaga Pendidik Khonghucu Di Pangkal Pinang

08-09-2017 Hits:171 Berita Foto

Tenaga Pendidik Khonghucu Di Pangkal Pinang

Kegiatan Peningkatan Kualitas Kompetensi Tenaga Pendidik Agama Khonghucu Tahun 2017 yang diadakan di Hotel Puncak Lestari Pangkal Pinang mulai tgl....

Read more

Js. Maria Berpulang

07-09-2017 Hits:714 Berita Foto

Js. Maria Berpulang

Berita berpulangnya Js.Maria Engeline sangat mengejutkan bagi kita semua

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 421-430

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Kegiatan Apa Yang Paling Anda Senangi Ketika Di Tempat Ibadah?

Berdoa / Sembahyang - 100%
Menyanyi / Bermain Musik - 0%
Mendengarkan Kotbah - 0%
Berdiskusi - 0%
Bertemu Teman-Teman - 0%

Total votes: 8
The voting for this poll has ended on: March 9, 2014

Who's Online

We have 91 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com