spocjournal.com

BAB VI Pembahasan : Ringkasan Penemuan, Impikasi Hasil Penelitian & Keterbatasan Penelitian

Oleh : Dr. Ongky Setio Kuncono, Drs, MM

Ringkasan Penemuan

  1. Etika Confucius berpengaruh signifikan terhadap Kewirausahaan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa P-Value < 0.05, yakni 0.000< 0.05. Artinya bahwa Etika Confucius sebagai way of life pedagang eceran etnis Tionghoa memberikan dampak atau pengaruh positif terhadap Kewirausahaan. Dengan demikian hipotesis yang diajukan telah sesuai dengan hasil penelitian dimana Etika Confucius berpengaruh signifikan terhadap Kewirausahaan.
  2. Etika Confucius baik secara langsung maupun tidak langsung melalui Kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Usaha dan bertanda positif. Hasil penelitian didapatkan angka 0.774 x 0.042 = 0.0325 < 0.05. Artinya Etika Confucius melalui Kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Usaha.
  3. Etika Confucius berpengaruh signifikan terhadap Kemampuan Usaha. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa P-Value < 0.05, yakni 0.000 < 0.05.  Artinya Etika Confucius memberikan dampak atau pengaruh positif terhadap Kemampuan Usaha. Dengan demikian hipotesis yang diajukan telah sesuai dengan hasil penelitian dimana  hubungan Etika Confucius  pengaruh signifikan terhadap Kemampuan Usaha.
  4. Etika Confucius baik secara langsung maupun tidak langsung melalui Kemampuan Usaha tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Usaha. 
  5. Etika Confucius berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Usaha. Hal ini bisa dilihat dari hasil penelitian dimana P-Value < 0.05, yakni 0.042< 0.05.
  6. Kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Usaha. Hal ini bisa dilihat dari hasil penelitian ini dimana P-Value < 0.05, yakni 0.000 < 0.05.
  7. Kemampuan Usaha memiliki hubungan yang  tidak  signifikan  terhadap Kinerja Usaha. Hal ini bisa dilihat dari hasil penelitian ini dimana P-Value > 0.05.       


Impikasi Hasil Penelitian

1. Implikasi Teori         

Hasil penelitian ini mengoreksi Thesis dari Max Weber yang mengatakan bahwa tidak ada hubungan antara Etika Confucius terhadap Kapitalisme. Sebaliknya penelitian ini justru menyanggah Tesis Weber dimana Etika Confucius berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Usaha. Etika Confucius mendorong kewirausahaan dan menciptakan wirausaha yang tangguh, disiplin, bersemangat tinggi dalam menjalankan etika moral untuk mencapai tujuan perusahaan yang lebih kekeluargaan, harmonis, serta tanggap terhadap lingkungan bisnis sesuai dengan nilai-nilai etika dalam mencapai tujuan perusahaan.
Pandangan  Max Weber yang mengganggap ikatan kuat (kekeluargaan) yang diciptakan ajaran Khonghucu (Confucius) tidak lagi menciptakan individu yang diperlukan untuk bahan bakar sistem kapitalistik.

Sistem kekeluargaan memberikan keputusan terpusat secara kolektif sehingga semua anggota dibawahnya tidak boleh bertindak secara pribadi-pribadi. Hal ini menyebabkan tidak adanya kebebasan untuk inovasi dan kreativitas. Semua keputusan harus tunduk pada pimpinan perusahaan atau kepala keluarga. Namun Max Weber lupa bahwa ketika anggota kelompok / keluarga sudah cukup waktu untuk bisnis sendiri, mereka akan memiliki  kekuasan dan kebebasan yang lebih untuk menumbuhkan kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan kapitalisme. Oleh karena itu banyak timbul kapitalisme–kapitalisme baru yang lahir setelah anggota kelompok (keluarga) berdiri sendiri mendirikan perusahaan. Mereka akan menjadi raja baru yang bebas berkreasi dan inovasi dalam menumbuh kembangkan kapitalisme.

Sekarang  pedagang eceran etnis Tionghoa sudah tidak lagi bersifat diktator dalam memimpin perusahaan. Mereka telah memberikan kebebasan untuk kreatif dan inovatif kepada anggota-anggota kelompoknya/keluarganya sehingga mengapa sekarang banyak pedagang eceran etnis Tionghoa yang memiliki jiwa kapitalisme. Mereka telah mampu menggabungkan etika Confucius dengan mengadobsi nilai-nilai Barat untuk memajukan bisnisnya.

Ditinjau dari perspektif pengembangan teori, penelitian ini dapat dianggap sebagai pengembangan teori Kewirausahaan, khususnya teori tentang berani mengambil resiko, mudah beradaptasi, memiliki motivasi yang kuat, memiliki kemampuan untuk berinovasi dan berkreatifitas (new thingking and new doing) dapat membaca peluang, memiliki visi kedepan dimana semua itu juga dimiliki oleh pedagang eceran etnis Tionghoa dengan etika Confucius (Ren, Yi, Li, Yong, Xin, Zhi, Guanxi dan Yin Yang).
Temuan ini membawa implikasi secara teoritik bahwa Etika Confucius memiliki pengaruh terhadap Kewirausahaan pedagang eceran etnis Tionghoa di Surabaya yang berdampak akan meningkatkan Kemampuan usaha dan Kinerja Usaha.

Etika Confucius terbukti telah bertahun-tahun melekat pada masyarakat Tionghoa dan mempengaruhi pandangan serta pola pikir dalam pengaruhnya terhadap manajerial pimpinan perusahaan yang mempengaruhi budaya perusahaan dalam bertingkah laku tekun, rajin, disiplin, dan tahan bantingan. Dengan menerapkan Ren (Cinta Kasih) dalam dunia bisnis, akan tercipta wirausahawan yang tidak sekedar mengejar keuntungan, melainkan tercipta wirausahawan yang tanggap terhadap lingkungan, yang memperhatikan tanggunjawab sosialnya kepada masyarakat, yang memiliki peran aktif dalam kemanusiaan. Wirausahawan yang Ren, mengganggap bisnis bukan mematikan pesaing, melainkan menjadikan pesaing sebagai mitra kerja. Oleh karena itu bisnis yang berdasarkan Ren akan tumbuh dan berkembang melalui pertambahan pelanggan, terciptanya hubungan harmonis antara pemasok, pelanggan maupun karyawannya.

Wirausahawan yang berjiwa Yi (kebenaran) melakukan bisnis berdasarkan pada jalur yang benar sesuai dengan aturan atau kaidah moralitas. Wirausahawan yang Yi, akan meletakan aturan main yang positif dalam mengembangkan usahanya. Mereka akan membayar pajak, mereka berbisnis secara cantik, mereka meletakkan dasar-dasar rasio dalam setiap keputusannya.
Wirausahawan yang Xin (dapat dipercaya) melakukan bisnis secara profesional dan mendapatkan reputasi baik dari berbagai pihak. Mereka yang menerapkan Xin akan mendapatkan nama baik serta memungkinkan memiliki pelanggan yang loyal dan berdampak pada keuntungan perusahaan, baik jangka pendek maupun jangka panjang.
Wirausahawan yang menerapkan Guanxi akan lebih memiliki informasi penting dalam bisnis, menghemat biaya transaksi dan selalu memiliki hubungan bisnis yang baik. Disamping itu juga akan memperkuat posisinya dalam lingkungan bisnisnya. Sementara wirausahawan yang menerapkan Yin Yang akan menjadi pengusaha yang selalu mengikuti kemajuan jaman, yang adaptasi dalam berbisnis serta berksinambungan.


2. Implikasi Praktis

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dirumuskan bahwa Etika Confucius berpengaruh secara signifikan Kewirausahan dan Kemampuan Usaha serta Kinerja Usaha. Untuk itulah meningkatkan spirit Kewirausahaan harus juga mempertimbangkan Etika Confucius. Etika Confucius yang diterapkan adalah bisnis hendaknya dilandasi dengan nilai-nilai Ren, Yi, Li, Ti, Xin, Zhi, Guanxi dan Yin Yang untuk mencapai kesuksesan. Confucius mengatakan bahwa bisnis hendaknya berdasarkan Yi menuju Li’ berdasarkan Yi (kebenaran) dalam mencapai Li’ (keuntungan). Bisnis yang dilandasi dengan kebajikan yang benar akan membawa kepercayaan (Xin) dan akhirnya akan sukses dalam jangka panjang. 


Keterbatasan Penelitian

Penelitian ini telah mengantarkan hubungan antara etika Confucius terhadap Kewirausahaan, Kemampuan Usaha serta Kinerja Usaha. Namun demikian penelitian ini masih banyak kekurangan yang harus dikaji ulang mengingat keterbatasan landasan teori yang mendukung penelitian tersebut.    

Penelitian ini belum membahas hubungan antara Etika Confucius terhadap Kepemimpinan yang pada akhirnya mempengaruhi Kewirausahaan dan Kemampuan Usaha serta Kinerja Usaha. Untuk itu disarankan agar penelitian yang akan datang membahas lebih mendalam hubungan Etika Confucius terhadap Kepemimpinan yang dapat digunakan untuk menjelaskan Kewirausahaan dan Kemampuan Usaha serta Kinerja Usaha.
Penelitian ini juga tidak membahas hubungan antara Kemampuan Usaha dengan Kewirausahaan. Dimungkinkan Etika Confucius berpengaruh positif terhadap Kinerja melalui Kemampuan Usaha dan Kewirausahaan. Oleh sebab itu dikemudian hari disarankan agar hubungan Etika Confucius terhadap Kemampuan Usaha melalui hubungan Kemampuan Usaha terhadap Kewirausahaan dapat diteliti. 

Sumber dari : disertasi Dr. Ongky Setio Kuncono, Drs, MM Pengaruh Etika Confucius Terhadap Kewirausahaan, Kemampuan Usaha dan Kinerja Usaha Pedagang  Eceran Etnis Tionghoa di Surabaya

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Silaturahmi Pengurus Matakin Di Hari Idul Fitri 1439 H Selama Tiga Hari

19-06-2018 Hits:25 Berita Foto

Silaturahmi Pengurus Matakin Di Hari Idul Fitri 1439 H Selama Tiga Hari

Bagi umat Islam, hari raya Idul Fitri adalah merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah puasa. Idul Fitri memiliki arti yang berkaitan...

Read more

Matakin Prov. DKI melaksanakan sembahyang Duan Yang di Kelenteng Kongmiao TMII

19-06-2018 Hits:104 Berita Foto

Matakin Prov. DKI melaksanakan sembahyang Duan Yang di Kelenteng Kongmiao TMII

Tanggal 5 bulan 5 Yinli (Kongzili) tahun ini jatuh pada tanggal 18 Juni 2018. Umat Khonghucu dari wilayah prov. DKI...

Read more

Perlunya Jeda

21-05-2018 Hits:214 Berita Foto

Perlunya Jeda

Pagi hari ini, kami sengaja berjalan di persawahan Ubud. Tidak sengaja kami berkenalan dengan peternak bebek yang sangat ramah.

Read more

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

12-05-2018 Hits:293 Berita Foto

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

Tanggal 08 Mei 2018 Gereja Keuskupan Agung Jakarta memperingati Hari Ulang Tahun yang ke 211 (08 Mei 1807 – 08...

Read more

Kebaktian Akbar Depok

30-04-2018 Hits:353 Berita Foto

Kebaktian Akbar Depok

Kebaktian spektakuler di Depok Jabar yang dihadiri 1000 umat lebih dengan pembicara Ws. Ir Budi ST, MM dan Ws. HT....

Read more

Tokyo Ke Jakarta

13-04-2018 Hits:295 Berita Foto

Tokyo Ke Jakarta

Perjalanan pulang dari airport Haneda Tokyo. Tidak terasa 1 minggu perjalanan di negara Sakura. Kenangan indah untuk dilupakan.

Read more

Menuju Ke Tokyo

12-04-2018 Hits:167 Berita Foto

Menuju Ke Tokyo

Setelah sarapan pagi di hotel Marusansou, kami menuju ke Karuizawa Factory Outlet yang merupakan factory outlet terbesar. 

Read more

Gasho Village

11-04-2018 Hits:135 Berita Foto

Gasho Village

Setelah semalam mandi onsen, tidur bisa nyenyak sekali sehingga badan menjadi segar. Pagi ini harus bangun pagi untuk siap siap...

Read more

Dari Kobe Menuju Nara

10-04-2018 Hits:151 Berita Foto

Dari Kobe Menuju Nara

Perjalanan dari Kobe munuju Nara. Ada tempat berbelanja di Naramachi. Sebelumnya rombongan menyempatkan diri ke Todaiji Temple sebuah kuil dibangun...

Read more

Negara Sakura

09-04-2018 Hits:169 Berita Foto

Negara Sakura

Tiba di Kanzai-Osaka pagi tanggal 7 April 2018. Udara waktu itu 11 derajat celcius. Sesampainya di airport langsung menuju Osaka...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 471-480

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Menurut Anda apa yang paling penting dilakukan saat Imlek ?

Bersembahyang leluhur - 0%
Menerima Angpao - 0%
Membeli baju baru - 0%
Sembahyang di Kelenteng - 0%
Berkunjung ke sanak-saudara - 0%

Total votes: 0
The voting for this poll has ended on: March 30, 2018

Who's Online

We have 38 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com