spocjournal.com

Kesibukan Tetap Menyempatkan Keluarga

Oleh: Dr. Drs. Ws. Ongky Setio Kuncono, SH, MM

Khonghucu mengajarkan keteraturan rumah tangga sangat penting dalam menuju keteraturan negara bahkan dunia. Masalah keluarga menjadi hal penting untuk diperhatikan.Jangan sampai kebutuhan dan keharmonisan rumah tangga diabaikan meskipun Nabi Kongzi juga menyarankan agar kepentingan umum diutamakan ketimbang kepentingan pribadi maupun golongan. Kondisi inilah yang menjadikan kita semua untuk tetap menjalankan kewajiban disamping kita juga membutuhkan hak hak nya.

Setelah beberapa hari tugas berat menjalankan kewajiban organisasi, maka saatnya harus berlibur bersama keluarga. Bersama dengan istri dan anak anak kami berlibur ke Lombok Praya.

Pagi ini Hengky memesan agar adiknya Billy membawakan korek api, rupanya Billy lupa memasukkan korek api dalam tas nya sehingga ketika sampai di Starbucks Hengky gelisah karena tidak bisa merokok. Jiwanya menjadi gelisah, tak diduga dalam ruangan itu ada orang yang kebetulan merokok, maka Henggky bisa meminta api untuk merokok.

Secara jujur, saya sendiri sebenarnya perokok berat. 14 tahun lalu saya bisa menghabiskan 2 pak rokok sehari hingga bibir seolah terbakar. Berhenti merokok bukan hal yang mudah sebab saya pernah berhenti selama 7 bulan. Entah kenapa ketika saya jumpa dengan kawan lama dan disodorkan sebuah rokok sebagai bagian dari persahabatan, maka sejak itulah aku merokok kembali.

Berhenti merokok adalah bentuk perang melawan diri sendiri. Bagaimana kita bisa memenangkan peperangan melawan keinginan kita. Dalam agama Khonghucu terkenal dengan istilah berpantang yakni berpantang terhadap apa yang kita sukai. Jika kita bisa memenangkan diri kita sendiri maka kita akan bisa berhenti merokok. Hal inilah dibutuhkan tekat yang kuat, keniatan untuk berhenti.

Sebuah artikel menarik yang pernah saya baca. Seorang Papa seketika bisa menghentikan kebiasaan merokok ketika anak gadisnya yang berusia 8 tahun berteriak " Papa!, aku tidak ingin Papa tidak hadir dalam pernikahan ku kelak karena Papa terlalu banyak merokok". Ucapan cerdas gadisnya mengingatkan bahwa usia panjang penting agar bisa menghadiri pesta pernikahan anaknya.;Usia panjang hanya bisa ditempuh dengan cara berhenti merokok. Teringat artikel yang menarik itulah akhirnya saya sudah 14 tahun berhenti merokok .

Ketika saya periksa di RS Mounth Elizabeth Singapore hasil photo paru paru saya, ternyata bekas dari nikotin masih melekat dan berwarna kecoklat coklatan. Pemeriksaan paru paru setelah berhenti merokokpun masih nampak. Bayangkan ketika kita aktif merokok maka flek dalam paru paru berwarna hitam. Sungguh sangat mengerikan !

Syukurlah bahwa sekarang saya sudah tidak merokok lagi. Hasilnya adalah ketika bangun tidur nafas terasa plong, tenggorokan terasa lega, berjalan terasa ringan dan lebih penting lagi jarang sakit tenggorokan.
Semoga Hengky bisa mencontoh tauladan Papa nya dan lebih penting lagi para pembaca mendapatkan inspirasi dari pengalaman ini.

Tak terasa sampailah di airport Internasional Lombok. Berlibur dengan keluarga akan sangat menyenangkan ketika kita bisa berbagi pengalaman ini khususnya kita harus berhenti merokok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir 70 pemimpin dunia bisa melakukan change (perubahan) ketika kita melakukan pendekatan dengan hati bukan dengan akal. Kadang nasehat rasional bahwa merokok bisa menjadikan penyakit kangker dan sakit jantung tidak pernah efektif. Namun kita bisa secara tiba tiba berhenti merokok ketika hati kita terketuk karena janji setelah punya anak laki laki kedua. Sejak lahir Billy 14 tahun lalu saya telah berjanji tidak merokok. Janji itulah yang harus kita tepati dengan sungguh sungguh. Saya telah menghitung dengan teliti bahwa ternyata hampir Rp.201.600.000 uang yang saya hemat selama 14 tahun tidak merokok. Apa Anda semua bisa ?

The Santosa Village and Resort Lombok, 22 November 2017

 

Ayam Taliwang yang sedap dan pedas membuat nikmatnya makan siang. Keringat meluncur deras disiang hari ini

 

 

 

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Perlunya Jeda

21-05-2018 Hits:55 Berita Foto

Perlunya Jeda

Pagi hari ini, kami sengaja berjalan di persawahan Ubud. Tidak sengaja kami berkenalan dengan peternak bebek yang sangat ramah.

Read more

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

12-05-2018 Hits:224 Berita Foto

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

Tanggal 08 Mei 2018 Gereja Keuskupan Agung Jakarta memperingati Hari Ulang Tahun yang ke 211 (08 Mei 1807 – 08...

Read more

Kebaktian Akbar Depok

30-04-2018 Hits:310 Berita Foto

Kebaktian Akbar Depok

Kebaktian spektakuler di Depok Jabar yang dihadiri 1000 umat lebih dengan pembicara Ws. Ir Budi ST, MM dan Ws. HT....

Read more

Tokyo Ke Jakarta

13-04-2018 Hits:248 Berita Foto

Tokyo Ke Jakarta

Perjalanan pulang dari airport Haneda Tokyo. Tidak terasa 1 minggu perjalanan di negara Sakura. Kenangan indah untuk dilupakan.

Read more

Menuju Ke Tokyo

12-04-2018 Hits:122 Berita Foto

Menuju Ke Tokyo

Setelah sarapan pagi di hotel Marusansou, kami menuju ke Karuizawa Factory Outlet yang merupakan factory outlet terbesar. 

Read more

Gasho Village

11-04-2018 Hits:90 Berita Foto

Gasho Village

Setelah semalam mandi onsen, tidur bisa nyenyak sekali sehingga badan menjadi segar. Pagi ini harus bangun pagi untuk siap siap...

Read more

Dari Kobe Menuju Nara

10-04-2018 Hits:110 Berita Foto

Dari Kobe Menuju Nara

Perjalanan dari Kobe munuju Nara. Ada tempat berbelanja di Naramachi. Sebelumnya rombongan menyempatkan diri ke Todaiji Temple sebuah kuil dibangun...

Read more

Negara Sakura

09-04-2018 Hits:129 Berita Foto

Negara Sakura

Tiba di Kanzai-Osaka pagi tanggal 7 April 2018. Udara waktu itu 11 derajat celcius. Sesampainya di airport langsung menuju Osaka...

Read more

Bersama Setiadi Joyosentoso

04-03-2018 Hits:543 Berita Foto

Bersama Setiadi Joyosentoso

Setiadi Joyosetoso bos PT. Surya Putra Barutama yang beralamat di jalan Kedurus 23 adalah sosok seorang bisnisman yang merangkak dari...

Read more

Pasar Turi Tradisionil Singkawang

03-03-2018 Hits:255 Berita Foto

Pasar Turi Tradisionil Singkawang

Pagi ini rombongan menuju pasar tradisionil. Pasar tersebut tidak seperti pasar lainnya yang kelihatan jorok. Di dekat pasar ada bubur...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 471-480

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Menurut Anda apa yang paling penting dilakukan saat Imlek ?

Bersembahyang leluhur - 0%
Menerima Angpao - 0%
Membeli baju baru - 0%
Sembahyang di Kelenteng - 0%
Berkunjung ke sanak-saudara - 0%

Total votes: 0
The voting for this poll has ended on: March 30, 2018

Who's Online

We have 28 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com