spocjournal.com

Hidup Bahagia Panjang Umur, Dan Hidup Sehat

Oleh: Dr. Drs. Ws. Ongky Setio Kuncono, SH, MM

Ketika setiap memasuki Hari Raya Imlek pasti bertabur ucapan dan ungkapan panjang umur,sehat ,bahagia dan sukses. Kesuksesan hidup itu bukan sekedar materi saja tetapi sukses dalam pendidikan,sukses dalam kesehatan (panjang umur tetapi dalam kondisi sehat), meskipun panjang umur tetapi sepanjang hidupnya sakit,hal tersebut tidak termasuk hitungan. Disamping panjang umur dalam kondisi sehat juga hidup dalam keharmonisan.

Pandangan Khonghucu bahwa hidup harus Harmoni , mereka yang mencapai tingkat ini sudah menyangkut kesuksesan, kebahagiaan dan keselamatan hidup. Banyak orang beranggapan bahwa hidup ini mencari keselamatan, bagi Khonghucu jelas bahwa orang yang selamat belum tentu bahagia dalam hidupnya. Maka kita harus mencari Keharmonisan karena dengan harmoni kita akan selamat dan juga bahagia serta sukses.

Berkaitan dengan seorang yang panjang umur dan sehat, Khonghucu memberikan resepnya. Mereka yang mengikuti anjuran Nabi Kongzi tentunya akan hidup panjang umur dan sehat. Apa yang diajarkan Khonghucu kalau kita ikuti dengan benar pastilah akan hidup sehat,panjang umur dan sukses. Apa yang pernah disabdakan bahwa seorang yang Berkebajikan pasti mendapat berkah dan panjang umur(sukses dan panjang umur). Seorang yang Berkebajikan pasti disukai oleh Tian YME. Oleh karenanya mengapa dalam kitab Yak King disebutkan dengan jelas bahwa Tian sangat mencintai Kebajikan. Kebajikan menjadi ajaran utama dalam agama Khonghucu yang menjadi salam dalam agama Khonghucu yakni Wei De Dong Tian,hanya dengan Kebajikan saja Tian berkenan. Jadi agar supaya kita hidup panjang umur dan bahagia yang pertama kita harus melakukan adalah :

(1) Kebajikan, berbuat Bajik sesuai ajaran agama.

(2) Agar supaya orang bisa Bajik maka harus membiasakan diri menghadap kepada Tian yakni sembah sujud kepada Tian,patuh dan satya menerima Firman. Kebanyakan orang yang panjang umur dan sehat umumnya dekat dengan Tian, sembahyang dan selalu memiliki Iman yang kuat.
Dari hasil wawancara dari orang orang yang panjang umur dan sehat ada yang usianya sampai 160 tahun. Mereka mereka memiliki kebiasaan hidup melakukan sembahyang secara rutin kepada Tian

Data diatas dimana kita temukan usia manusia 256 tahun ? Semua itu memiliki kebiasaan bersyukur dan berdoa kepada Tian, Tuhan Yang Maha Mulia. Seorang yang setiap hari bersyukur dan berdoa tentunya dalam hidupnya selalu memiliki harapan. Mereka memiliki cita-cita dan selalu mengharapkan setiap pagi yang ceria, mengharapkan aktifitas di setiap esok dengan gembira. Kondisi semacam ini secara psikologis akan menjadikan seseorang bahagia dan penuh harapan.

Mengapa Kebajikan diletakkan pada posisi pertama baru kemudian bersujud kepada Tian pada urutan ke 2? Banyak orang yang bersujud kepada Tian tapi secara real di lapangan tidak Bajik. Justru itulah yang dikatakan mereka belum sempurna menjadikan dirinya baik. Sebaliknya mereka yang sudah belajar berbuat bajik kepada sesama, mereka pasti bisa dengan tulus menghadap Tuhan dengan baik pula. Manusia harus bisa Bajik kepada sesamanya dan itu sebagai sarana belajar untuk bisa Bajik kepada Penciptanya. Oleh karena itu urutan yang pertama adalah menata manusia untuk bisa menjadi bajik baru mereka bisa bajik kepada sesamanya,lingkungannya bahkan Tuhan nya (Tian Di Ren ).

(3) Kebiasaan ketiga orang panjang umur dan sehat adalah melakukan aktivitas dipagi hari dengan jalan kaki secara rutin. Jalan kaki adalah olahraga ringan yang setiap orang bisa melakukan. Dengan jalan kaki semua organ tubuh akan bergerak.Terutama jantung kita yang menjadi pusat segalanya, bila jantung kita terpacu maka metabolisme kita juga akan baik dengan demikian pikiran kita juga menjadi sehat. Badan yang sehat itulah yang membawa pikiran kita sehat. Ajaran Khonghucu dengan tegas menjelaskan bagaimana jika pikiran kita gak sehat maka makan minumpun tidak bisa merasakan. Artinya bahwa kesehatan fisik sangat berpengaruh signifikan terhadap kesehatan mental kita atau juga sebaliknya.
Mereka yang terbiasa jalan sehat dipagi hari akan menjadi seorang yang panjang umur dan sehat.Itulah kebiasan yang dilakukan orang orang yang panjang usia itu.

(4) Mereka yang panjang umur dan sehat biasanya suka makan tomat mentah. Bayangkan bahwa tomat itu adalah buah sekaligus sayur yang setiap hari kita pakai untuk sambal,untuk sayur atau untuk saos dll. Ternyata tomat bisa kita makan langsung bagai buah setiap hari hal ini sangat baik disamping tomat kaya vitamin juga kaya anti oksidan.

(5) Kebiasaan ke lima adalah makan atau komsumsi sayuran dan buah buahan, mengurangi makan daging atau hewan berkaki empat. Konsep ini juga pernah disabdakan oleh Nabi Kongzi bahwa makan lauk tidak boleh melebihi dari nasinya.Banyak orang yang makan daging berlebihan sehingga akan membawa pada kolestrol yang bisa membuat fatal manusia. Mana Nabi Kongzi menyarankan agar jangan banyak banyak makan lauknya daripada nasinya.

(6) Sering konsumsi ikan laut. Ikan laut disamping banyak anti oksidan tidak akan membuat kolestrol. Upayakan makan Ikan laut yang tinggal dikedalaman disitulah banyak gizi dan antioksidan.
Soal makanan Nabi Kongzi mengajarkan kita untuk memilih milih, makanan yang sudah basi jangan dimakan, makanan yang salah potongpun jangan dimakan.Makanan harus fresh dan ketika waktunya makan juga harus makan.Semua itu membuat orang panjang umur dan sehat.

(7) Kebiasaan yang lain adalah makan tidak terlalu kenyang atau banyak-banyak. Dalam hal ini Nabi Kongzi bersabda, makan tidak boleh kenyang kenyang melainkan secukupnya.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh seekor tikus bahwa tikus tikus yang diberi makan banyak justru yang membuat gampang mati.Sebaliknya tikus yang diberi makan secukupnya akan lebih panjang usia. Hal itu juga berlaku bagi manusia,mereka yang makannya terlalu kenyang juga tidak baik buat pencernakan sekaligus akan membuat badan gak sehat

(8) Kebiasaan ke delapan orang panjang umur dan sehat adalah suka memberi ,suka berderma, suka beramal. Mereka lebih suka memberi daripada menerima sehingga kebiasan itu membuat mereka senang hati.

(9) Kebiasaan kesembilan adalah positif thinking. Berpikir positif banyak teorinya, tetapi yang paling pokok adalah kita harus melihat segala sesuatu dari segi positifnya.
Dalam Kitan Si Shu jelas disebutkan kita harus berpikir benar. Orang yang berpikir benar tentu akan berhasil. Berpikir benar itu ya positive thinking,selalu memiliki pandangan positif dalam melangkah.

(10) Kebiasaan kesepuluh adalah suka membaca.Dalam agama Khonghucu setiap Junzi wajib meneliti hakekat tiap perkara yakni mengkaji hukum sedalam dalamnya. Suka belajar tiada pernah berhenti. Seorang yang belajar dan suka membaca tidak mudah pikun sehingga akan menjadikan otaknya bekerja

(11) Berdikari, mereka yang panjang umur dan sehat hidupnya tidak tergantung pada orang lain,melainkan mandiri .Melakukan kegiatan rutin bersih bersih rumah, menyapu halaman atau menanam tanaman dan bunga bunga.Kebiasaan tidak tergantung orang lain membuat puas diri.

Kesebelas kebiasaan itu merupakan ajaran Nabi Kongzi yang semuanya tercantum dalam 8 pengakuan Iman. Apabila kita menjalankan agama Khonghucu dengan benar maka kita akan menjadi seorang yang panjang umur dan sehat.Lakukan mulai saat sekarang ,Anda tidak terlambat. Lakukan sebelum penyakit menyerang Anda, lebih baik sedia payung sebelum hujan. Seorang Junzi harus memikirkan kejadian yang bakal terjadi jauh sebelumnya. Maka lakukan yang terbaik buat diri Anda, pastilah Anda bahagia selalu.

 

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Berita Kebaktian Chee It / Chuyi di Kongmiao TMII

17-07-2018 Hits:57 Berita Foto

Berita Kebaktian Chee It / Chuyi di Kongmiao TMII

Kebaktian Chee It / Chuyi di Kongmiao Jumat 13 Juli 2018 kali ini diisi dengan khotbah bertema menarik, yaitu "Rahasia...

Read more

Mengikuti Wisata Rohani Berziarah Ke Makam Nabi Kongzi Di Kota Qufu, 17-25 Juni 2018

06-07-2018 Hits:193 Berita Foto

Mengikuti Wisata Rohani Berziarah Ke Makam Nabi Kongzi Di Kota Qufu, 17-25 Juni 2018

Untuk yang ketiga kalinya penulis berkesempatan untuk berziarah dan mengunjungi makam nabi Kongzi di kota Qufu, pada perjalanan kali ini...

Read more

Kegiatan Jambore Penyuluh Agama Islam-Lintas Agama & Halal Bihalal 1439H

05-07-2018 Hits:180 Berita Foto

Kegiatan Jambore Penyuluh Agama Islam-Lintas Agama & Halal Bihalal 1439H

Kegiatan Jambore Penyuluh Agama Islam-Lintas Agama & Halal Bihalal 1439H di Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur bersama Menteri Agama.

Read more

Ketua MATAKIN DKI Jakarta Memimpin Doa Pada Acara Halal Bihalal 1439 H Dan HUT Ke 19 WKPUB DKI Jakar…

02-07-2018 Hits:178 Berita Foto

Ketua MATAKIN DKI Jakarta Memimpin Doa Pada Acara Halal Bihalal 1439 H Dan HUT Ke 19 WKPUB DKI Jakarta

Sabtu, 30 Juni 2018, Wadah Komunikasi & Pelayanan Umat Beragama (WKPUB) mengadakan acara Halal Bihalal 1439 H dan Hari Ulang...

Read more

Kebaktian Kelenteng "Kong Miao" Taman Mini Indonesia Indah

29-06-2018 Hits:121 Berita Foto

Kebaktian Kelenteng "Kong Miao" Taman Mini Indonesia Indah

Kelenteng Kong Miao Taman Mini Indonesia Indah yang terletak di kawasan Taman Mini Indonesia Indah setiap Chuyi (Chee It) dan...

Read more

Matakin Provinsi DKI Memperingati 3 Tahun Berpulangnya Xs. Tjandra Rahardja Muljadi Dan Ibu Oey Lauw…

25-06-2018 Hits:165 Berita Foto

Matakin Provinsi DKI Memperingati 3 Tahun Berpulangnya Xs. Tjandra Rahardja Muljadi Dan Ibu Oey Lauw Nio, Di Makin Jakarta Pusat

Hari Minggu tanggal 24 Juni 2018, bertempat di Litang Makin Jakarta Pusat Jalan Mangga Besar XIII Jakarta Pusat, Matakin Prov....

Read more

Bromo Saat Sekarang

20-06-2018 Hits:102 Berita Foto

Bromo Saat Sekarang

Liburan lebaran menjadikan gunung Bromo semakin ramai pengunjung. Sekitar 1000 kendaraan naik ke penanjakan, tentu saja membuat jalan macet.

Read more

INTI Menyatukan Suku Dan Agama Lewat Sahur Bersama Di Kalijodo

20-06-2018 Hits:87 Berita Foto

INTI Menyatukan Suku Dan Agama Lewat Sahur Bersama Di  Kalijodo

Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) melaksanakan Sahur Bersama Dra.Shinta Nuriyah Wahid M. Hum di RPTRA Kalijodo,

Read more

Silaturahmi Pengurus Matakin Di Hari Idul Fitri 1439 H Selama Tiga Hari

19-06-2018 Hits:59 Berita Foto

Silaturahmi Pengurus Matakin Di Hari Idul Fitri 1439 H Selama Tiga Hari

Bagi umat Islam, hari raya Idul Fitri adalah merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah puasa. Idul Fitri memiliki arti yang berkaitan...

Read more

Matakin Prov. DKI melaksanakan sembahyang Duan Yang di Kelenteng Kongmiao TMII

19-06-2018 Hits:157 Berita Foto

Matakin Prov. DKI melaksanakan sembahyang Duan Yang di Kelenteng Kongmiao TMII

Tanggal 5 bulan 5 Yinli (Kongzili) tahun ini jatuh pada tanggal 18 Juni 2018. Umat Khonghucu dari wilayah prov. DKI...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 471-480

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Menurut Anda apa yang paling penting dilakukan saat Imlek ?

Bersembahyang leluhur - 0%
Menerima Angpao - 0%
Membeli baju baru - 0%
Sembahyang di Kelenteng - 0%
Berkunjung ke sanak-saudara - 0%

Total votes: 0
The voting for this poll has ended on: March 30, 2018

Who's Online

We have 44 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com