spocjournal.com

Dengan Cinta Kasih, Terciptalah Damai Keluarga

Oleh: Soesilawati Hartanto

1. Pendahuluan
Saat ini banyak dijumpai orang tua yang sibuk mengelola suatu urusan bisnis, sehingga anak-anaknya kurang mendapatkan perhatian. Seorang anak yang sudah mennginjak masa remaja sedang mengalami masa transisi. Remaja jaman sekarang cenderung mudah terpengaruh dengan lingkungan. Ketika remaja berada dalam lingkungan yang buruk dan tidak mendapatkan pengawasan dari orang tuanya akan mengakibatkan pemuda tersebut salah pergaulan. Hal tersebut terjadi karena tidak ada hubungan yang harmonis di dalam keluarga.

Keluarga merupakan fondasi primer bagi perkembangan remaja, karena keluarga merupakan tempat remaja untuk meghabiskan sebagian besar waktu dalam kehidupannya. Keluarga juga diartikan sebagai suatu satuan terkecil yang dimiliki manusia sebagai makhluk sosial. Suasana keluarga yang menimbulkan rasa tidak aman dan tidak menyenangkan serta hubungan keluarga yang kurang baik dapat menimbulkan bahaya psikologis bagi setiap usia terutama pada masa remaja. Salah satu faktor penyebab timbulnya kenakalan remaja adalah tidak berfungsinya orang tua sebagai figur tauladan bagi anak. (Mulyasri, 2010)

Definisi remaja menurut Santrock adalah sebagai masa perkembangan transisi antara anak dan dewasa yang mencakup perubahan biologis, kognitif, sosial-emosional. Perubahan biologis merupakan perubahan dalam fisik individu. Perubahan kognitif meliputi perubahan dalam pikiran, intelegensi, dan bahasa tubuh. Sedangkan perubahan sosial-emosional merupakan perubahan antara hubungan individu dengan orang lain baik lingkungan keluarga maupun lingkungan sekitar. Pada masa transisi tersebut kemungkinan dapat menimbulkan kecenderungan munculnya perilaku menyimpang. Pada masa transisi tersebut ketika remaja didukung dengan lingkungan yang kurang kondusif dan kondisi kepribadian yang kurang matang maka akan menjadi pemicu penyimpangan perilaku yang disebut kenakalan remaja. (Mulyasri, 2010)

Di dalam agama Khonghucu, terdapat ajaran mengenai hubungan kemasyarakatan yang mencakup hubungan Raja dengan menteri, orang tua dengan anak, suami dengan istri, kakak dengan adik, dan kawan dengan sahabat. Permasalahan kenakalan remaja yang diakibatkan kurangnya pehatian orang tua memerlukan pemahaman yang lebih jelas mengenai hubungan anak dan orang tua dilandasi dengan kebijaksanaan, cinta kasih, dan kebenaran.

2. Perumusan masalah
Berdasarkan kasus-kasus yang banyak terjadi dapat diketahui bahwa pada jaman sekarang ini anak muda mengalami kemerosotan moral dikarenakan tidak ada atau kurangnya perhatian dari orang tua mereka. Perumusan masalah yang dapat dikemukakan dari fenomena di atas adalah sebagai berikut :

  1. Apakah 5 hubungan kemasyarakat penting dalam menciptakan keluarga yang harmonis?
  2. Apakah zhi (kebijaksanaan), ren (cinta kasih), dan yong (keberanian) dapat menjadi landasan dari 5 hubungan kemasyarakatan?

3. Pembahasan
Dalam keluarga perlu menciptakan kehangatan di antara masing-masing anggota keluarga. Ketika anak mempunyai masalah, maka seharusnya ayah dan ibu bisa menjadi orang-orang yang mendengarkan keluh kesah serta masalah anaknya. Sehingga anak mendapatkan solusinya. Ketika adik mempunyai kesulitan dalam belajar, kakak dapat membantu memecahkannya. Demikian juga apabila suami sedang menghadapi kekesalan dalam menghadapi pekerjaan, sebagai istri harus bisa menghiburnya. Setiap anggota keluarga perlu menempatkan diri sesuai dengan kedudukannya yaitu seorang anak dapat mencintai kedua orang tuanya, seorang istri patuh pada suaminya dan menjalankan tugas kewajiban dalam rumah tangga berdasarkan ketaatan. Seorang suami harus berupaya membahagiakan istri dan anak-anaknya. Demikian pula dengan seorang kakak hendaknya mencintai adiknya, seorang adik menghormati kakaknya.

Hubungan yang harmonis dalam keluarga tidak bisa tercipta bila hanya dilakukan oleh satu pihak, tetapi antara anak dan orang tua perlu mengerti hubungan 5 kemasyarakatan yang berlandaskan dengan Zhi (bijaksana), Ren (cinta kasih), Yong (berani). Sebagai orang tua telah mengetahui akan kemajuan jaman yang amat pesat ini maka harus dapat bersikap bijaksana. Anak diperbolehkan mengikuti perkembangan jaman, namun harus dibekali dengan iman yang kuat agar tidak sampai terbawa arus. Selain itu cinta kasih yang tulus harus secara kontinu diberikan kepada anak, sehingga apabila anak sedang menghadapi masalah tidak akan lari dari orang tuanya.
Disamping bersikap cinta kasih dan bijaksana, orang tua harus berani bersikap tegas dalam mengambil tindakan, sehingga anak tidak meremehkan orang tuanya, ada rasa segan dan hormat pada orang tuanya. Seperti yang tertulis dalam Zong Yong BAB XXIV : 3 yaitu:
Iman itu bukan dimaksudkan selesai dengan menyempurnakan diri sendiri, melainkan menyempurnakan segenap wujud juga. Cinta Kasih itulah penyempurnaan diri dan Bijaksana itulah untuk menyempurnakan segenap wujud. Inilah Kebajikan Watak Sejati dan inilah Keesaan luar dalam dari pada Jalan Suci. Maka setiap saat janganlah dilalaikan.

Di dalam Da Xue IX:7 juga terdapat ayat sebagai berikut :
Dalam pergaulan dengan kawan harus dapat dipercaya.,maka akan dicapai damai didunia seperti yang tertulis dalam Kitab Shi Jing ii.2.8.30 Hormati kakakmu,cintailah adikmu. Dengan demikianlah baharu dapat mendidik Negara ( Da Xue IX:7) . Membina diri itulah yang terpenting dalam kita hidup beriman,oleh karena itu kita wajib menjalan kan Wu Lun (Lima Kebajikan) yaitu Ren,Yi, Li, Ti,Xin

4. Kesimpulan
Masing-masing anggota keluarga perlu memahami dan menerapkan 5 hubungan kemasyarakatan terutama hubungan antar anggota keluarga. Dalam menerapkan hubungan 5 kemasyarakatan juga perlu mengerti tentang Zhi (kebijaksanaan), Ren (cinta kasih), Yong (keberanian) sehingga tercipta kedamaian dan keharmonisan di dalam keluarga.

DAFTAR PUSTAKA
Mulyasri, Dian. (2010). Kenakalan Remaja Ditinjau dari Persepsi Remaja terhadap Keharmonisan Keluarga dan Konfrontasi Teman Sebaya. Skripsi Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia. (1982). Susi (Kitab yang Empat) KITAB SUCI AGAMA KHONGHUCU. MATAKIN : Team Penyempurna Terjemahan Su Si

 

 

 

Comments   

 
0 #1 Kamal Tanudjaya 2014-09-13 13:19
seorang ayah harus jadi ayah yg tanggung jawab terhadap keluarganya ( jgn udah banyak duit poligami hehehe )seorang istri harus menjadi istri yg baik serta ibu yg tauladan bagi anak2nya ,seorang anak harus menjadi anak yg baik dan berbakti itu yg saya mengerti dari wejangan yg diberikan penulis terima kasih kepada penulis. :-|
 

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Dokumen Gili Iyang Dan Gili Labak Tour

11-09-2017 Hits:160 Berita Foto

Dokumen Gili Iyang Dan Gili Labak Tour

Perjalanan Tour Jalan Sehat Trawas menuju ke dua Pulau Gili Iyang dan Gili Labak.

Read more

Pertemuan Di Polda jatim

08-09-2017 Hits:171 Berita Foto

Pertemuan Di Polda jatim

Surabaya, 8 September 2017. Silaturahim Kapolda Jatim bersama Forum Kerukunan Umat Beragama dalam Rangka Harkamtibmas.

Read more

Tenaga Pendidik Khonghucu Di Pangkal Pinang

08-09-2017 Hits:101 Berita Foto

Tenaga Pendidik Khonghucu Di Pangkal Pinang

Kegiatan Peningkatan Kualitas Kompetensi Tenaga Pendidik Agama Khonghucu Tahun 2017 yang diadakan di Hotel Puncak Lestari Pangkal Pinang mulai tgl....

Read more

Js. Maria Berpulang

07-09-2017 Hits:643 Berita Foto

Js. Maria Berpulang

Berita berpulangnya Js.Maria Engeline sangat mengejutkan bagi kita semua

Read more

Sembahyang Leluhur: Tradisi Atau Agama?

05-09-2017 Hits:595 Berita Foto

Sembahyang Leluhur: Tradisi Atau Agama?

Talkshow interaktif dengan Nara Sumber Js. Liem Liliany Lontoh; Hotel Aston ruang Asoka Lt. 2; Manado, 01 September 2017.

Read more

Anti Narkoba

28-08-2017 Hits:110 Berita Foto

Anti Narkoba

Surabaya, 28 Agustus 2017 pertemuan BNN (Badan Narkotika Nasional) di Hotel Santika Surabaya yang dihadiri oleh beberapa sukarelawan.

Read more

Pulau Nan Indah

22-08-2017 Hits:190 Berita Foto

Pulau Nan Indah

Kami mengajak para pencinta alam Indonesia untuk berkeliling ke tiga pulau di Wilayah Sumenep-Madura.

Read more

Tokoh Matakin Berpulang

08-08-2017 Hits:1145 Berita Foto

Tokoh Matakin Berpulang

Wu Hu Ai Zai, telah kembali ke Haribaan Huang Tian, Xs Hanom Pramana Buanadjaja (Phwa Tjhiang Han/Pan Chang Han 潘昌汉)...

Read more

Nganjuk Penuh Kedamaian

27-07-2017 Hits:307 Berita Foto

Nganjuk Penuh Kedamaian

Kunjungan FKUB provinsi Jatim hari kedua di FKUB Kabupaten Nganjuk. Kunjungan di Nganjuk diterima di kantor Kesbangpol. Hadir dalam pertemuan...

Read more

FKUB Jatim Turba

26-07-2017 Hits:176 Berita Foto

FKUB Jatim Turba

Rapat koordinasi dan silaturahim FKUB Kabupaten Mojokerto yang dihadiri oleh jajaran pengurus FKUB Kabupaten Mojokerto, Bupati dan para Camat, Bakesbangpol,...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 421-430

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Kegiatan Apa Yang Paling Anda Senangi Ketika Di Tempat Ibadah?

Berdoa / Sembahyang - 100%
Menyanyi / Bermain Musik - 0%
Mendengarkan Kotbah - 0%
Berdiskusi - 0%
Bertemu Teman-Teman - 0%

Total votes: 8
The voting for this poll has ended on: March 9, 2014

Who's Online

We have 42 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com