spocjournal.com

Hubungan Kakak-Adik (Xiōngdì /兄弟)

Oleh: Henny Irawan

Pendahuluan
Seorang manusia lahir dari orantua ayah dan bunda . Daripada nya awal kehidupan kita . Manusia diciptakan oleh Tian , dilahirkan melalui ayah bunda . Orangtua  merupakan guru yang pertama dalam kehidupan seorang manusia. Tetapi selain orangtua  tidak kalah pentingnya peran kakak adik dalam kehidupan manusia.
Di dalam makalah ini penulis ingin mencoba membahas tentang salah satu dari  lima hubungan Khonghucu yaitu hubungan kakak adik (xiōngdì /兄弟) dengan dasar bakti (xiào /孝),  karena menurut penulis bakti bukan saja hanya ditujukan kepada orangtua , tetapi juga kepada kakak adik .

Masalah
Penulis ingin membahas hubungan kakak adik dengan dasar bakti mengacu pada ayat

  • Tengah Sempurna Bab XII ayat 4 “Jalan Suci seorang Kuncu ada empat yang khawatir belum satu Kulakukan. Apa yang Kuharapkan dari anakKu, belum dapat Kulakukan terhadap orang tuaKu; apa yang Kuharapkan dari menteriKu, belum dapat Kulakukan terhadap rajaKu; apa yang Kuharapkan dari adikKu, belum dapat Kulakukan terhadap kakakKu; dan apa yang Kuharapkan dari temanKu belum dapat Kuberikan lebih dahulu. Di dalam menjalankan Kebajikan Sempurna, di dalam berhati-hati membicarakannya, bila ada kekurangannya Aku tidak berani tidak sekuat tenaga mengusahakannya; dan bila ada yang berkelebihan Aku tidak berani menghamburkannya; maka di dalam berkata-kata selalu ingat akan perbuatan dan di dalam berbuat selalu ingat akan kata-kata. Bukankah demikian ketulusan hati  “
  • Dalam Kitab Sanjak ( Shi Jing ) II,2,8,30  tertulis “ Hormatilah kakakmu , cintailah adikmu, “
  • Dalam Shu Jing V.21.1 “ Berbaktilah ! Berbaktilah ! Dan mengasihi saudara-saudara, ini sudah berarti membantu pemerintah ! Mengapa garus memangku jabatan baru dinamai membantu pemerintah ? “                                           

Bahasan
Darah lebih kental dari air, hubungan persaudaraan merupakan jalinan yang indah , sehingga kakak adik harus rukun, saling membantu, saling menolong dan  saling mendukung.
Dari ayat Tengah sempurna  Bab XII ayat 4 (  apa yang Kuharapkan dari adikKu, belum dapat Kulakukan terhadap kakakKu ) penulis menafsirkan : sangatlah manusiawi bilamana seseorang seringkali mengharapkan apa yang kadangkala diri sendiri belom bsa lakukan terhadap orang lain . Contohnya : Seseorang ingin adiknya menghormati dan berbakti kepadanya tetapi dirinya sendiri tidak melakukan hal tersebut kepada kakaknya .
Dari Kitab Sanjak ( Shi Jing ) II,2,8,30  tertulis “ Hormatilah kakakmu , cintailah adikmu , “ penulis menafsirkan : hormatilah dan berbaktilah pada kakakmu dan cintailah adikmu niscaya adikmu pun akan menghormati dan berbakti padamu.

Dari Shu Jing ( Kitab Dokumen Sejarah Suci Agama Khonghucu ) V.21.1  “ Berbaktilah ! Berbaktilah ! Dan mengasihi saudara-saudara, ini sudah berarti membantu pemerintah ! Mengapa harus memangku jabatan baru dinamai membantu pemerintah ? “  penulis menafsirkan : jikalau kamu berbakti pada kakakmu dan mengasihi saudara-saudara niscaya kehidupan akan damai dan akan tercipta kerukunan yang akan menimbulkan kekuatan yang sangatlah kuat.

Penulis mengambil contoh dari kehidupan pribadi penulis sebagai berikut :  Dikarenakan orang tua sudah bercerai penulis sebagai anak tertua mau tak mau menggantikan fungi seorang mama untuk adik adik walaupun tidak menggantikan 100% fungi seorang mama . Dalam kehidupan sehari-hari adik-adik sangat tergantung pada penulis , penulis mengurusi kebutuhan sehari-hari adik-adik . Dimana bisa dikatakan adik-adik menjadi lebih dekat kepada penulis daripada kepada orangtua . Dengan demikian adik-adik selain berbakti kepada orang tua juga berbakti kepada kakak ( penulis ) . Wujud dari berbakti kepada orangtua dan kepada kakak tidaklah sama .

Kesimpulan
Bakti tidak saja ditujukan kepada orangtua , tetapi bakti juga harus diterapkan dalam hubungan kakak-adik,seperti mana tertulis dalam Shu Jing dengan berbakti sudah berarti membantu pemerintah . Dan di dalam Shi Jing tertulis kita juga harus menghormati kakak dan mencintai adik . Bakti kepada kakak tidaklah sama dengan bakti kepada orangtua. Bakti dengan kakak bisa diwujudkan dengan kasih sayang .

 

 

 

Comments   

 
+1 #1 Kamal Tanudjaya 2014-09-13 13:02
Intinya adalah saudara harus saling melindungi....t api zaman sekarang berbeda :yg punya duit lebih dihormati..yg miskin lebih di cuekin.kalau berkumpul lebih dianggap sebagai pelayan.. terima kasih kepada penulis agar kami lebih memahami arti saudara.
 

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Dokumen Gili Iyang Dan Gili Labak Tour

11-09-2017 Hits:160 Berita Foto

Dokumen Gili Iyang Dan Gili Labak Tour

Perjalanan Tour Jalan Sehat Trawas menuju ke dua Pulau Gili Iyang dan Gili Labak.

Read more

Pertemuan Di Polda jatim

08-09-2017 Hits:171 Berita Foto

Pertemuan Di Polda jatim

Surabaya, 8 September 2017. Silaturahim Kapolda Jatim bersama Forum Kerukunan Umat Beragama dalam Rangka Harkamtibmas.

Read more

Tenaga Pendidik Khonghucu Di Pangkal Pinang

08-09-2017 Hits:101 Berita Foto

Tenaga Pendidik Khonghucu Di Pangkal Pinang

Kegiatan Peningkatan Kualitas Kompetensi Tenaga Pendidik Agama Khonghucu Tahun 2017 yang diadakan di Hotel Puncak Lestari Pangkal Pinang mulai tgl....

Read more

Js. Maria Berpulang

07-09-2017 Hits:643 Berita Foto

Js. Maria Berpulang

Berita berpulangnya Js.Maria Engeline sangat mengejutkan bagi kita semua

Read more

Sembahyang Leluhur: Tradisi Atau Agama?

05-09-2017 Hits:595 Berita Foto

Sembahyang Leluhur: Tradisi Atau Agama?

Talkshow interaktif dengan Nara Sumber Js. Liem Liliany Lontoh; Hotel Aston ruang Asoka Lt. 2; Manado, 01 September 2017.

Read more

Anti Narkoba

28-08-2017 Hits:110 Berita Foto

Anti Narkoba

Surabaya, 28 Agustus 2017 pertemuan BNN (Badan Narkotika Nasional) di Hotel Santika Surabaya yang dihadiri oleh beberapa sukarelawan.

Read more

Pulau Nan Indah

22-08-2017 Hits:190 Berita Foto

Pulau Nan Indah

Kami mengajak para pencinta alam Indonesia untuk berkeliling ke tiga pulau di Wilayah Sumenep-Madura.

Read more

Tokoh Matakin Berpulang

08-08-2017 Hits:1145 Berita Foto

Tokoh Matakin Berpulang

Wu Hu Ai Zai, telah kembali ke Haribaan Huang Tian, Xs Hanom Pramana Buanadjaja (Phwa Tjhiang Han/Pan Chang Han 潘昌汉)...

Read more

Nganjuk Penuh Kedamaian

27-07-2017 Hits:307 Berita Foto

Nganjuk Penuh Kedamaian

Kunjungan FKUB provinsi Jatim hari kedua di FKUB Kabupaten Nganjuk. Kunjungan di Nganjuk diterima di kantor Kesbangpol. Hadir dalam pertemuan...

Read more

FKUB Jatim Turba

26-07-2017 Hits:176 Berita Foto

FKUB Jatim Turba

Rapat koordinasi dan silaturahim FKUB Kabupaten Mojokerto yang dihadiri oleh jajaran pengurus FKUB Kabupaten Mojokerto, Bupati dan para Camat, Bakesbangpol,...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 421-430

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Kegiatan Apa Yang Paling Anda Senangi Ketika Di Tempat Ibadah?

Berdoa / Sembahyang - 100%
Menyanyi / Bermain Musik - 0%
Mendengarkan Kotbah - 0%
Berdiskusi - 0%
Bertemu Teman-Teman - 0%

Total votes: 8
The voting for this poll has ended on: March 9, 2014

Who's Online

We have 43 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com