spocjournal.com

Mas Danang Melestarikan Kearifan Lokal

Meskipun mas Danang baru saja bergabung dalam groub WA Medissa namun sudah kelihatan bakat serta semangat hidupnya dalam mengembangkan kearifan lokal khususnya seni dan budaya.

Danang Sulistiono, lahir di Jombang 30 mei 1981, adalah lulusan SMP 1 PLOSO tahun 1996.

Salah satu reog saat menjelang arak-arakan di sekitar desanya.

Reok menjadi budaya asli Indonesia khususnya kita banyak mengenal dengan nama reok Ponorogo. Namun reok mas Danang nampaknya ada beda sedikit dari bentuknya.

Kata mas Danang, "Menurut beberapa sumber sebagian kepala reog yang berasal dari Ponorogo terbuat dari kulit harimau asli, sedangkan didaerah lain umumnya sudah dimodifikasi oleh para pengkrajin reog sendiri baik bentuk maupun ukurannya, sehingga ada yang kecil, sebagian lagi sedang dan besar.

Bersama aktor kawakan Erwin Sutan Bagindo,saat acara di TMII Jakarta.

Reok yang menjadi budaya asli Indonesia pernah diakui milik Malaysia sehingga terjadi perdebatan yang sengit beberapa tahun lalu. Hal ini menunjukkan kepada kita bahwa generasi kita tidak mau merawat sehingga negara lain mengambil alih. Namun demikian menurut mas Danang justru berbeda.

Bakti sosial bersama bintang tamu Gus Im al Fathoni dari Solo, guru besar padepokan santri jalanan.

Kata mas Danang "Insha allah, kalau kita mau melestarikan dengan serius, saya yakin budaya kita akan bertahan dengan baik".

Saat sekarang masih banyak sebetulnya generasi muda yang masih perduli dan mau belajar tentang budaya kita. Sebagai contoh di paguyuban kita saja, banyak sekali yang ikut untuk belajar. Hanya saja adanya kendala dengan keterbatasan alat sehingga tidak bisa mengakomodir lebih banyak lagi generasi kita.

Penampilan kuda lumping extra sekolah dimana semua penari adalah siswa SMP daerah Ploso.

Dalam upaya melestarikan budaya Indoneisa mas Danang banyak melakukan terobosan misalnya memasukkan kegiatan seni dalam ekstrakurikuler baik seni budaya, misal tari, krawitan, pencak silat. Juga diadakan seminar dan sarasehan tentang budaya kepada generasi muda kita.

Ketika dikepramukan juga kami sering menampilkan kesenian misalnya ketika saat api unggun. Dengan demikian akan mendorong anggota pramuka akan ikut andil dalam melestarikan budaya kita.

Bersama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang saat HUT Pramuka 14 Agustus 2018.

Teringat juga pada tahun 1981 ketika anak -anak Medissa dibawah bimbingan bapak Sudarto main krawitan. Ada mbak Erawati, mas Gigik, mbak Wiwik Pardiah dll. Krawitan pernah juga kami tampilkan dalam perpisahan kelulusan SMPN Ploso angkatan pertama, kebetulan saya menjadi ketua Panitianya.

Mas Danang sejak tahun 2006 sudah mengajar di SDN Kedungrejo, Megaluh, Jombang. Beliau aktif menjadi instruktur Pramuka Saka Bhayangkara Polsek Ploso bersama sang adik yang bernama Basuki Purna Sungkawa. Dari situlah akhirnya mas Danang mendirikan paguyuban seni budaya Turonggo New Putra Bhayangkara.

Mas Danang juga aktif di FKPPAI~Forum Keluarga Paranormal dan Penyembuh Alternatif Indonesia, DPC Kab.Jombang dan dipercaya sebagai penasehat. Kesibukan lainnya mengajar yaitu sebagai terapis bekam, herbalis, hypnotherapy, konsultan spiritual dll.(No hp.085646107710)

Apa yang dilakukan mas Danang semoga memberikan inspirasi bagi kita semua bahwa pelestarian budaya bangsa menjadi tanggungjawab kita bersama. Kita tidak boleh meninggalkan budaya, disanalah nilai kehidupan dan karakter bangsa berada. Dari sanalah kita akan menjadi bangsa yang mencintai tanah air sekaligus berkesadaran bahwa melindungi budaya bagian dari pelestarikan nilai leluhur bangsa.

Medissa dengan berbagai sepak terjangnya harus menjadi pelopor terdepan dalam mengawal kearifan lokal. Semoga mas Danang menjadi tauladan yang hidup dan selalu memberi inspirasi yang hidup pula.

 

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Papa Dan Mama Mertuaku Pergi Selamanya

21-03-2019 Hits:111 Berita Foto

Papa Dan Mama Mertuaku Pergi Selamanya

Pagi itu seperti biasa, saya datang ke rumah papa dan membawa mie pangsit.

Read more

Sarasehan Kerukunan

21-02-2019 Hits:102 Berita Foto

Sarasehan Kerukunan

Sarasehan kerukunan antar umat beragama se Jawa Timur tahun 2019 di Harris Hotel & Conventions, Kota Malang berlangsung dari tanggal...

Read more

Imlek Hari Raya Khonghucu

10-02-2019 Hits:450 Berita Foto

Imlek Hari Raya Khonghucu

Dihadapan kaca mata pemerintah bahwa Imlek adalah Hari Raya Keagamaan yakni Hari Raya Khonghucu meski didalam masyarakat Tionghoa ada yang...

Read more

Marina Bay Sands

04-02-2019 Hits:120 Berita Foto

Marina Bay Sands

Malam kedua, pindah hotel dari Hard Rock Sentosa Island menuju Marina Bay Sands. Hotel Marina Bay Sands lebih mewah dari...

Read more

Embun Pagi Hard Rock Hotel Dan Begadang Di Clarke Quay

03-02-2019 Hits:60 Berita Foto

Embun Pagi Hard Rock Hotel Dan Begadang Di Clarke Quay

Photo didepan hotel Hard Rock, Sentosa Island. Udara cukup sejuk meski siang hari terasa panas. Nampak pantai-pantai buatan yang dirancang...

Read more

Dari Sentosa Island Dan Bendera

03-02-2019 Hits:63 Medissa

Dari Sentosa Island Dan Bendera

Bertemu dengan kawan lama bila direncanakan biasanya malah sulit. Nanum sebaliknya bila dilakukan dengan spontanitas justru bisa berjumpa. Seperti apa...

Read more

Mas Danang Melestarikan Kearifan Lokal

02-02-2019 Hits:135 Medissa

Mas Danang Melestarikan Kearifan Lokal

Meskipun mas Danang baru saja bergabung dalam groub WA Medissa namun sudah kelihatan bakat serta semangat hidupnya dalam mengembangkan kearifan...

Read more

Warung Ndiko Dan Reuni Kecil

02-02-2019 Hits:97 Medissa

Warung Ndiko Dan Reuni Kecil

Bertemu dengan kawan lama bila direncanakan biasanya malah sulit. Nanum sebaliknya bila dilakukan dengan spontanitas justru bisa berjumpa. Seperti apa...

Read more

Amora Lagoon Srilanka

27-01-2019 Hits:48 Berita Foto

Amora Lagoon Srilanka

Sebelum meninggalkan South Point Villas berpoto bersama didepan Villa. Photo bersama dan selanjutnya rombongan menuju Pagoda.

Read more

Ishq Villas

26-01-2019 Hits:72 Berita Foto

Ishq Villas

Prosesi pernikahan sekaligus jamuan makan malam di Ishq Villas. Mulai jam 15 prosesi upacara secara Srilanka yang kental dengan Hinduisme...

Read more

Jurnal Penelitian Pengaruh Etika Confucius Terhadap Kewirausahaan, Kemampuan Usaha Dan Kinerja Usaha Pedagang Eceran Etnis Tionghoa Di Surabaya.,
karya dari DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA


Wei De Dong Tian, Jalan Menuju Tuhan, Sebuah Kumpulan Khotbah Minggu
karya dari DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Untuk informasi lebih lanjut Contact Us

Gallery Download

Download Cahaya Setia 471-480

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Menurut Anda apa yang paling penting dilakukan saat Imlek ?

Bersembahyang leluhur - 0%
Menerima Angpao - 0%
Membeli baju baru - 0%
Sembahyang di Kelenteng - 0%
Berkunjung ke sanak-saudara - 0%

Total votes: 0
The voting for this poll has ended on: March 30, 2018

Who's Online

We have 16 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com