spocjournal.com

Di Empat Penjuru Lautan Semua Saudara

 Oleh: Js. Liem Liliany Lontoh

Awal perkenalan saya dengan Maximilian Nilsson-Ladner bermula dari email saya yang didapatnya dari Website Matakin. Dari pembicaraan melalui email akhirnya saya mengetahui kalau beliau tertarik dengan ajaran Agama Khonghucu.

Maximilian Nilsson-Ladner adalah seorang pemuda asal Inggris, mahasiswa S2 yang sedang studi di University of Sidney jurusan politik pemerintahan, sementara S1 nya dengan jurusan yang sama diselesaikan di Universitas yang ada di London. Keluarga Max adalah keluarga terpelajar dan sangat memperhatikan pendidikan.

Max sebut saja demikian, sangat tertarik dengan ajaran Agama Khonghucu dan berkeinginan untuk mengikuti kebaktian bersama di Kongmiao maupun di Litang-litang. Akhirnya disepakati untuk mengikuti kebaktian Capgo di Kongmiao TMII ( juga merupakan lokasi Makin Jakarta Timur) pada hari Sabtu 08 Juli 2017. Khotbah atau uraian agama malam itu dibawakan oleh Js. Liem Liliany Lontoh. Saat memberi uraian agama, diperkenalkan dasar-dasar Ajaran Agama Khonghucu, termasuk penjelasan singkat mengenai Ketuhanan dalam Agama Khonghucu bahwa Tuhan itu tidak berwujud dan tidak terlihat namun dapat dirasakan dengan iman. Max mendengarkan khotbah dengan penuh perhatian, maka kita berharap semoga saja Max akan lebih mamapu memahami dasar-dasar Agama Khonghucu, dari mulai tata cara memberi salam serta artinya, juga beberapa pokok2 dasar ajaran Agama Khonghucu yang disampaikan dalam khotbah.

Setelah kebaktian selesai, acara dilanjutkan dengan dialog sambil minum kopi / teh di ruangan basement Kongmiao. Dialog malam itu diikuti pula Dq. Wandi Suwardi selaku ketua Makin Jakarta Timur, Ws. Vekky Lin selaku rohaniwan serta beberapa saudara seiman yang lainnya. Banyak pertanyaan yang diajukan Max, terlebih mengenai perjalanan agama Khonghucu di Indonesia dari awal sampai kini. Bagaimana perkembangan Agama Khonghucu pada jaman Orde Baru dan selanjutnya, juga bagaimana posisi dan perbedaan agama Khonghucu di Indonesia yang dianut umat Makin dengan umat Tridarma di kelenteng serta bagaimana pula bedanya dengan umat agama Buddha. Tak terasa malam mulai larut, walaupun masih asyik untuk dilanjutkan tapi karena waktu sudah menunjukkan pukul 21.30 maka pembicaraan kami itu harus diakhiri. Rupanya Max belum cukup puas, sebelum berpisah Max menanyakan kebaktian yang lainnya, dan kami memberikan alamat Makin Jakarta Barat yang besok paginya akan ada kebaktian lain.

Hari Minggu pagi jam 10 Max mengikuti kebaktian di Makin Jakarta Barat jalan Jembatan Gambang II No. 77 Jakarta, dan seperti kemarinnya, selesai kebaktian dilanjutkan dengan dialog dengan umat Makin Jakarta Barat yang dipimpin oleh oleh Bpk. Peter Lesmana selaku ketua Makin merangkap Sekum Matakin. Pertemuan merekapun dilengkapi dengan foto bersama dengan para umat Makin yang hadir.

Max sangat terkesan dengan dua kali pertemuan itu dan sangat berterima kasih kepada saya melalui email. Sayapun menawarkan untuk ikut kebaktian di daerah pada minggu berikutnya apabila beliau masih di Jakarta. Gayungpun bersambut, hari ini Minggu pagi tanggal 16 Juli 2017 Max dan saya dengan ditemani Dq. Wandi Suwardi dan Dq. Subagyo menuju ke Makin Segar dan Makin Cibinong.

Di Makin Segar Cilodong kami disambut dengan ramah dan hangat oleh pimpinan Makin seperti Ws. Setianda Tirtarasa, Ws. Chandra Kurniawan dan jajaran pengurus lainnya serta juga Xs. Eka Widjaja dari Makin Depok yang pagi itu hadir memberikan khotbah dalam kebaktian itu. Xs Eka Widjaya dalam khotbahnya mengulas ayat yang sangat penting dalam kitab keimanan agama Khonghucu yakni kitab Zhongyong terkhususnya bab Utama ayat I.

Dari Makin Segar kami lanjutkan kunjungan ke Makin Cibinong. Kebahagiaan memancar di wajah Max yang terlihat sangat terkesan dengan sambutan yang juga sangat hangat dari para rohaniwan dan pimpinan Makin seperti Js. Sunarta Hidayat, Dq. Dede Hassan Senjaya. Demikian juga para umat Makin Cibinong yang begitu ramah dan antusias bertemu dan berpose dengan Max.

Pada kehadirannya di dua Makin itu Max juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan kata sambutan. Intinya, Max sangat berterima kasih atas penyambutan yang luar biasa dari para rohaniwan,pengurus dan para umat. Setelah mengikuti beberapa kali kebaktian di Litang yang berbeda, Max semakin yakin bahwa kebanyakan penulis Barat yang menilai Khonghucu bukanlah Agama adalah karena kurangnya pemahaman yang mendalam para penulis itu dan karena belum melihat langsung fakta keberadaan agama Khonghucu di lapangan.

Di penghujung perjalanan hari itu kami mengadakan kunjungan ke Qilin Shop yang trrletak di Mangga Dua Square Lt. UG blok C no. 12 - 12a -13A Jakarta Utara. Max agak terkesima melihat begitu banyak alat dan bahan sembahyang khas Konfusian yang dijual, beliaupun tertarik untuk membeli sebuah arca Nabi Kongzi untuk dibawa pulang. Bukan hanya Arca, baju bermotif Qilin juga dibeli untuk persiapan hadir pada acara kongres Agama Khonghucu Internasional dan acara Islam-Confucian Summit yang akan diadakan Matakin pada bulan Oktober 2017 mendatang. Di Qilin shop Max bertemu dengan Ws. Lie Supriyadi sebagai pengelola shop.

Harapan kami dengan kunjungan dan pertemuan itu, Max dapat menulis banyak buku mengenai Ajaran Agama Khonghucu dan dapat memperkenalkan kepada masyarakat dan pemerintah negara Inggris maupun Australia sehingga agama Khonghucu akan dapat lebih meluas dikenal ke banyak negara di dunia, terutama di dua negara Max itu.

Shanzai.

 

You have no rights to post comments

Berita Foto

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Silaturahmi Pengurus Matakin Di Hari Idul Fitri 1439 H Selama Tiga Hari

19-06-2018 Hits:25 Berita Foto

Silaturahmi Pengurus Matakin Di Hari Idul Fitri 1439 H Selama Tiga Hari

Bagi umat Islam, hari raya Idul Fitri adalah merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah puasa. Idul Fitri memiliki arti yang berkaitan...

Read more

Matakin Prov. DKI melaksanakan sembahyang Duan Yang di Kelenteng Kongmiao TMII

19-06-2018 Hits:104 Berita Foto

Matakin Prov. DKI melaksanakan sembahyang Duan Yang di Kelenteng Kongmiao TMII

Tanggal 5 bulan 5 Yinli (Kongzili) tahun ini jatuh pada tanggal 18 Juni 2018. Umat Khonghucu dari wilayah prov. DKI...

Read more

Perlunya Jeda

21-05-2018 Hits:215 Berita Foto

Perlunya Jeda

Pagi hari ini, kami sengaja berjalan di persawahan Ubud. Tidak sengaja kami berkenalan dengan peternak bebek yang sangat ramah.

Read more

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

12-05-2018 Hits:294 Berita Foto

Jalan Santai Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 211 Gereja Keuskupan Agung Jakarta

Tanggal 08 Mei 2018 Gereja Keuskupan Agung Jakarta memperingati Hari Ulang Tahun yang ke 211 (08 Mei 1807 – 08...

Read more

Kebaktian Akbar Depok

30-04-2018 Hits:354 Berita Foto

Kebaktian Akbar Depok

Kebaktian spektakuler di Depok Jabar yang dihadiri 1000 umat lebih dengan pembicara Ws. Ir Budi ST, MM dan Ws. HT....

Read more

Tokyo Ke Jakarta

13-04-2018 Hits:295 Berita Foto

Tokyo Ke Jakarta

Perjalanan pulang dari airport Haneda Tokyo. Tidak terasa 1 minggu perjalanan di negara Sakura. Kenangan indah untuk dilupakan.

Read more

Menuju Ke Tokyo

12-04-2018 Hits:167 Berita Foto

Menuju Ke Tokyo

Setelah sarapan pagi di hotel Marusansou, kami menuju ke Karuizawa Factory Outlet yang merupakan factory outlet terbesar. 

Read more

Gasho Village

11-04-2018 Hits:135 Berita Foto

Gasho Village

Setelah semalam mandi onsen, tidur bisa nyenyak sekali sehingga badan menjadi segar. Pagi ini harus bangun pagi untuk siap siap...

Read more

Dari Kobe Menuju Nara

10-04-2018 Hits:152 Berita Foto

Dari Kobe Menuju Nara

Perjalanan dari Kobe munuju Nara. Ada tempat berbelanja di Naramachi. Sebelumnya rombongan menyempatkan diri ke Todaiji Temple sebuah kuil dibangun...

Read more

Negara Sakura

09-04-2018 Hits:169 Berita Foto

Negara Sakura

Tiba di Kanzai-Osaka pagi tanggal 7 April 2018. Udara waktu itu 11 derajat celcius. Sesampainya di airport langsung menuju Osaka...

Read more

Harmoni Hidup & Keseimbangan Bisnis, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

 

Bisnis Yang Beriman & Beretika, karya dari  DR. Drs. Ongky Setio Kuncono, SH, MM, MBA

Gallery Download

Download Cahaya Setia 471-480

Silahkan Download Puisi ber-Gambar yang dapat dipakai untuk Profile Picture, Avatar, dll

Infografis & Slide

Foto Bersama di Khongcu Bio Denpasar

---------------------------

Foto Bersama Dispenkasi XXVII Bogor

 

Polling

Menurut Anda apa yang paling penting dilakukan saat Imlek ?

Bersembahyang leluhur - 0%
Menerima Angpao - 0%
Membeli baju baru - 0%
Sembahyang di Kelenteng - 0%
Berkunjung ke sanak-saudara - 0%

Total votes: 0
The voting for this poll has ended on: March 30, 2018

Who's Online

We have 60 guests and no members online

Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia
Hak Cipta Spoc Study Park Of Confucius No. 064687, Tanggal 25 Maret 2013

web development by harmonydesain.com